... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Khutbah Jumat: Jalan Takwa dalam Ibadah Qurban

Foto: Kambing (Ma'iz)

Khutbah Jumat: Jalan Takwa dalam Ibadah Qurban

Khutbah Pertama: 

لحمد لله الذي شرع لعباده التقرب إليه بذبح القربان وقرن النحر بالصلاة في محكم القرآن ، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له ذو الفضل والامتنان ، وأشهد أن محمدا عبده وسوله أفضل من قام بشرائع الإسلام وحقق الإيمان صلى الله عليه وعلى آله وأصحابه ومن تبعهم بإحسان وسلم تسليما .

أما بعد أيها الناس : اتقوا ربكم واشكروه على ما أنعم به عليكم.
﴿ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اتَّقُواْ اللّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ ﴾ [آل عمران: 102] ﴿ يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُواْ رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيرًا وَنِسَاء وَاتَّقُواْ اللّهَ الَّذِي تَسَاءلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا ﴾ [النساء: 1] ﴿ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا * يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَن يُطِعْ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا ﴾ [الأحزاب: 70-71]

Jamaah Jumat yang dirahmati Allah,

Berkurban, atau udzhiyah adalah salah satu syariat Allah yang patut kita syukuri. Karena berkurban merupakan salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan cara menginfakkan harta di jalan yang benar.

Ketika seseorang memiliki banyak uang, biasanya keinginannya bertambah dan kadang cenderung aneh-aneh. Bisa kita katakan, sebagian besar keinginan itu dikendalikan oleh nafsu dan bisikan setan, Kita berlindung kepada Allah.

Dengan syariat Qurban ini, maka ada penyaluran yang baik—meskipun bukan satu-satunya. Qurban akan membawa kebahagiaan rohani dan jasmani seseorang. Sekaligus mempererat hubungan sosial antar sesama manusia.

Bukan hanya antara yang kaya dan yang miskin; yang tiap hari kenyang makan daging dan yang hanya setahun sekali. Melainkan juga orang kaya dengan yang kaya lainnya. Sebab, daging kurban boleh dihadiahkan kepada orang kaya, kenalan, atau siapa pun. Selain disedekahkan kepada fakir miskin.

Jamaah Jumat yang dirahmati Allah,

Uzhiyah adalah sunah bapak kita Nabi Ibrahim عليه السلام dan dilanjutkan oleh nabi kita Muhammadﷺ. Bila qurban kita diterima, bukan hanya dagingnya, melainkan setiap tanduk, kuku, dan bulu hewan yang kita sembelih menjadi pahala yang akan menemani kita pada hari kiamat.

Rasulullah bersabda:

مَا عَمِلَ ابْنُ آدَمَ يَوْمَ النَّحْرِ عَمَلًا أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ هِرَاقَةِ دَمٍ وَإِنَّهُ لَيَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَظْلَافِهَا وَأَشْعَارِهَا وَإِنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنْ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ عَلَى الْأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا

“Tidak ada amalan yang dikerjakan anak keturunan Adam ketika hari (raya) kurban yang lebih dicintai oleh Allah Azza Wa Jalla daripada mengalirkan darah, sesungguhnya pada hari kiamat ia akan datang dengan tanduk, kuku, dan bulu-bulunya. Dan sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada Allah Azza Wa Jalla sebelum jatuh ke tanah, maka perbaguslah jiwa kalian dengannya.” [HR. Ibnu Majah)

BACA JUGA  Akhir Hayat Idris dalam Pelukan Bendera Tauhid

Jamaah Jumat yang dirahmati Allah,

Satu hal yang perlu dicatat baik-baik sebelum berkurban, Allah berfirman:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

“Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah.” (Al-Kautsar: 2)

Maka berkurban itu manasik dan ibadah yang khusus ditujukan untuk Allah. Di ayat lain, Allah berfirman:

قل إنَّ صلاتي ونُسكي ومحياي ومماتي لله رب العالمين

“Katakanlah: Sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.” (Al-An’am: 162)

Rasulullahﷺ dan para sahabat beliau telah memberikan contoh dan teladan dalam ibadah ini. Berkurban menjadi sunah yang sangat dianjurkan (sunnah muakad) bagi orang yang telah memenuhi syarat-syaratnya.

Pertama: Harus dari golongan binatang ternak, yaitu unta, sapi dan kambing, baik domba, biri-biri, atau yang lainnya, berdasarkan firman Allah:

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنسَكًا لِّيَذْكُرُواْ اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِّن بَهِيمَةِ الْاَنْعَامِ

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka”. (Al-Hajj: 67)

Binatang ternak adalah unta, sapi dan kambing, ini yang sudah tidak asing lagi bagi orang arab. Demikian pernyataan Al Hasan, Qatadah, dan yang lainnya.

Kedua:
Hewan tersebut mencapai usia tertentu yang telah disyariatkan. Secara umum, kambing telah berusia 1 tahun, sapi, 2 tahun, unta 5 tahun.

Ketiga:
Hewan yang hendak disembelih tidak cacat, di antaranya buta mata sebelah, pincang, sakit yang tampak jelas, sangat kurus.

Keempat:
Hewan tersebut milik sendiri sepenuhnya atau telah mendapatkan izin untuk berkurban.

Kelima: Hewan tersebut tidak berkaitan dengan hak orang lain, dan tidak sah berkurban dengan harta yang digadaikan.

Keenam: Hewan kurban disembelih pada waktu yang telah ditentukan oleh syari’at, yaitu mulai setelah shalat Idul Adha sampai terbenamnya matahari pada tanggal 13 Dzul Hijjah (akhir hari tasyrik).

Dengan demikian, masa sembelihan adalah 4 hari. Barang siapa menyembelih sebelum shalat Id atau setelah terbenamnya matahari pada tanggal 13 Dzul Hijjah, maka kurbannya menjadi tidak sah, berdasarkan hadits Bukhari dari al Barra’ bin ‘Azib bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

من ذبح قبل الصلاة فإنما هو لحم قدمه لأهله وليس من النسك في شيء

“Barang siapa yang berkurban sebelum shalat, maka sembelihannya menjadi makanan untuk keluarganya dan bukan ibadah (kurban) sama sekali”.

Mudah-mudahan, dengan mengetahui semua syaratnya, kita dimudahkan oleh Allah untuk mampu berkurban dan sembelihan kita diterima semuanya menjadi pahala dan menyuci jiwa.

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ. فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Khutbah Kedua: 

إِنَّ الحَمْدَ للهِ نَحمَدُهُ ونَستَعِينُهُ ونَستَهْدِيهِ ونَشْكُرُهُ، ونَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنا وَسَيِّئاتِ أَعْمالِنا، مَن يَهْدِ اللهُ فَلا مُضِلَّ لَهُ وَمَن يُضْلِلْ فَلا هادِيَ لَهُ، وَالصَّلاةُ وَالسَّلامُ على سَيِّدِنا محمّدٍ الصادِقِ الوَعْدِ الأَمِينِ وعَلى إِخْوانِهِ النَّبِيِّينَ والْمُرْسَلِين. وَرَضِيَ اللهُ عَنْ أُمَّهاتِ الْمُؤْمِنينَ وَءالِ البَيْتِ الطَّاهِرينَ وَعَنِ الخُلَفاءِ الرَّاشِدِينَ أَبي بَكْرٍ وعُمَرَ وَعُثْمانَ وَعَلِيٍّ وَعَنِ الأَئِمَّةِ الْمُهْتَدِينَ أَبي حَنِيفَةَ ومالِكٍ والشافِعِيِّ وأَحْمَدَ وَعَنِ الأَوْلِيَاءِ والصَّالِحِينَ أَمَّا بَعْدُ

BACA JUGA  Menyudutkan Islam atas Nama Toleransi

Bila kita telah memahami hewan yang akan kita kurbankan, bagaimana dengan kita yang berkurban? Disunahkan bagi muslim yang hendak berkurban untuk tidak memotong kuku dan rambutnya mulai 1 Dzul Hijjah sampai penyembelihan. Ini berdasarkan hadits dari Ummu Salamah dari Nabiﷺ:

مَن كانَ لَهُ ذِبحٌ يَذبَـحُه فَإِذَا أَهَلَّ هِلاَلُ ذِى الْحِجَّةِ فَلاَ يَأْخُذَنَّ مِنْ شَعْرِهِ وَلاَ مِنْ أَظْفَارِهِ شَيْئًا حَتَّى يُضَحِّىَ

”Barangsiapa yang telah memiliki hewan yang hendak diqurbankan, apabila telah masuk tanggal 1 Dzulhijjah, maka janganlah dia memotong sedikitpun bagian dari rambut dan kukunya hingga dia selesai menyembelih.” (HR. Muslim 5236, Abu Daud 2793, dan yang lainnya).
Jamaah Jumat yang dirahmati Allah,

Itulah beberapa perkara penting dalam ibadah uzhiyah, semoga dengan upaya yang maksimal akan mendapatkan pahala maksimal pula. Dari Jumat ini, masih ada waktu yang cukup untuk mencari hewan kurban yang terbaik, menurut syariat. Berusahalah karena Allah berfirman:

ذَلِكَ وَمَنْ يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوبِ

“Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syi’ar-syi’ar Allah maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.” (Al-Hajj: 32)

لَن يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلاَ دِمَاؤُهَا وَلَكِن يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنكُمْ

“Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu.” (Al-Hajj: 37)

Upaya mengikuti tuntutan syariat dengan sebaik-baiknya adalah bentuk pengagungan terhadap syiar-syiar Allah. Dan itulah jalan ketakwaan!!

﴿إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ على النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا﴾

اَللَّهُمَّ صَلِّ على سَيِّدِنا محمدٍ وعلى ءالِ سَيِّدِنا محمدٍ كَمَا صَلَّيْتَ على سيدِنا إبراهيمَ وعلى ءالِ سيدِنا إبراهيمَ وبارِكْ على سيدِنا محمدٍ وعلى ءالِ سيدِنا محمدٍ كَمَا بارَكْتَ على سيدِنا إِبراهيمَ وعلى ءالِ سيدِنا إبراهيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ،

اَللَّهُمَّ إِنَّا دَعَوْناكَ فَٱسْتَجِبْ لَنَا دُعاءَنَا فَٱغْفِرِ اللَّهُمَّ لَنا ذُنوبَنَا وَإِسْرافَنا في أَمْرِنا

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنينَ وَالْمُؤْمِناتِ الأَحْياءِ مِنْهُمْ وَالأَمْواتِ

رَبَّنا ءاتِنا في الدُّنْيا حَسَنَةً وَفي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذابَ النَّارِ

اللَّهُمَّ تَوَفَّنا وأَنْتَ راضٍ عَنّا

اللَّهُمَّ وأَلْهِمْنا عَمَلَ الخَيْرِ ووَفِّقْنا إِلَيْهِ وكَرِّهْ إِلَيْنا الشُّرُورَ وٱعْصِمْنا مِنْ مُقارَفَتِها

اللَّهُمَّ اجْعَلْنَا هُداةً مُهْتَدِينَ غَيْرَ ضالِّينَ وَلا مُضِلِّينَ

اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْراتِنا وَءَامِنْ رَوْعاتِنا وَٱكْفِنا ما أَهَمَّنا وَقِنَا شَرَّ ما نَتَخَوَّفُ وٱرْزُقْنا حَجًّا مَبْرُورًا مُتَقَبَّلاً،

عِبادَ اللهِ إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالعَدْلِ وَالإِحْسانِ وَإِيتَاءِ ذي القُرْبَى وَيَنْهى عَنِ الفَحْشاءِ وَالمُنْكَرِ وَالبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ.

اُذْكُرُوا اللهَ العَظِيمَ يُثِبْكُمْ وَٱشْكُرُوهُ يَزِدْكُمْ، وَٱسْتَغْفِرُوهُ يَغْفِرْ لَكُمْ وَٱتَّقُوهُ يَجْعَلْ لَكُمْ مِنَ أَمْرِكُمْ مَخْرَجًا،

وَأَقِمِ الصَّلاةَ.

 

Naskah: Salem

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Fasilitas Pendidikan di Kamp Pengungsi Suriah di Yordania Ditutup

Menurut aktivis jumlah sekolah di kamp Za’tari mencapai 29 sekolah dari mulai taman kanak-kanak, sekolah dasar hingga menengah. Sementara jumlah guru sebanyak 450 dari warga Suriah dan 697 warga Yordania.

Rabu, 25/07/2018 14:30 0

Amerika

Trump Kembali Kampanyekan “Terorisme Islam Radikal” Sebagai Musuh

Pernyataan serupa pernah disampaikan Trump ketika pidato pelantikan dirinya pada 2017 silam. Pidato tersebut menuai kritikan tajam dari jurnalis Inggris Laura Penny yang menyebut pernyataan itu menyeramkan.

Rabu, 25/07/2018 13:32 0

Malaysia

Sahkan UU Negara Yahudi, Israel Rampas Hak Rakyat Palestina

Bangsa Yahudi akan dapat menentukan aturan dan nasibnya sendiri di negara Israel yang notabene milik bangsa Palestina.

Rabu, 25/07/2018 12:10 0

Yaman

Koalisi Arab Paksa Pesawat Palang Merah Mendarat

Menurut Maliki, langkah ini dilakukan untuk melindungi keselamatan pesawat kemanusiaan yang diawaki empat relawan itu.

Rabu, 25/07/2018 11:29 0

Indonesia

FPI Tegaskan Kapitra Bukan Pengacara Resmi Habib Rizieq

Petinggi Front Pembela Islam (FPI) Habib Muchsin bin Zeid Alatas menegaskan bahwa Kapitra Ampera bukan pengacara resmi Habib Rizieq Shihab (HRS).

Rabu, 25/07/2018 10:30 0

Artikel

Pabrik Akun Twitter Palsu dalam Kontestasi Politik Indonesia

Tim buzzer mulai muncul dan berkembang sebagai bagian dari kontestasi politik. Tak pelak, fenomena ini mendorong polarisasi di masyarakat yang menjurus kepada perpecahan berdasarkan agama dan ras/etnis.

Rabu, 25/07/2018 10:14 0

Qatar

Qatar Resmikan Proyek Pelebaran Pangkalan AS

Pangakalan Al-Udeid sekarang menjadi tuan rumah bagi lebih dari 10.000 pasukan koalisi internasional dan AS. Ini merupakan pangkalan AS terbesar di Timur Tengah.

Rabu, 25/07/2018 09:43 0

Suriah

Anggota Dewan Syariat HTS Tanggapi “Buku Putih” Turki

HTS tak akan bergeser dari tujuan menegakkan Syariat Allah dan meninggikan kalimat-Nya, melindungi Ahlussunnah di Syam dan jihad serta senjata sebagai wasilah untuk mencapai tujuan.  

Rabu, 25/07/2018 08:40 0

Afghanistan

Dua Distrik di Dekat Perbatasan Pakistan Jatuh ke Tangan Taliban

"Setelah hampir dua hari pertempuran sengit, Taliban merebut pusat pemerintahan dua distrik tersebut," kata Fazlur Rahman Katawazi, anggota dewan provinsi seraya menambahkan bahwa tiga anggota pasukan keamanan tewas dan beberapa orang terluka.

Rabu, 25/07/2018 07:29 0

Indonesia

MUI Sumbar: Ranah Minang Tidak Membutuhkan Islam Nusantara

Majelis Ulama Indonesia Sumatera Barat menegaskan bahwa Ranah Minang tidak membutuhkan istilah "Islam Nusantara"

Rabu, 25/07/2018 07:03 1

Close