... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sah! MK Tolak Gugatan Ahmadiyah Terhadap UU Penodaan Agama

Foto: Sidang Mahkamah Konstitusi (MK) dalam perkara gugatan Ahmadiyah terhadap UU Penodaan Agama

KIBLAT.NET, Jakarta – Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak secara keseluruhan gugatan uji materi yang diajukan komunitas Ahmadiyah terhadap Undang-undang PNPS Nomor 1 tahun 1965 tentang penistaan dan penodaan agama.

“Mengadili menolak permohonan para pemohon untuk seluruhnya. Demikian diputus dalam Rapat Permusyawaratan Hakim oleh delapan hakim Konstitusi yaitu Anwar Usman selaku ketua merangkap anggota, Aswanto, Wahidudin Adams, I Dewa Gede Palguna, Arief Hidayat, Maria Farida Indrati, Saldi Isra, dan Suhartoyo,” ungkap Anwar Usman di ruang sidang Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat, Senin (23/07/2018).

Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman membacakan putusan tersebut setelah sebelumnya persidangan dilakukan selama 13 kali. Sidang pertama digelar pada tanggal 25 Agustus 2017.

Komunitas Ahmadiyah mengajukan Uji Materi atas UU No. 1/PNPS/1965 atau biasa disebut sebagai UU tentang pencegahan dan atau penyalahgunaan dan penodaan agama, khususnya terkait pasal 1, pasal 2 dan pasal 3. Mereka menganggap pasal-pasal itu memiliki penafsiran beragam sehingga mengandung ketidakpastian hukum, menyalahi konstitusi dan hak sebagai warga negara.

Pasal 1 UU UU No. 1/PNPS/1965 berbunyi, Setiap orang dilarang dengan sengaja di muka umum menceritakan, menganjurkan atau mengusahakan dukungan umum, untuk melakukan penafsiran tentang sesuatu agama yang dianut di Indonesia atau melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan yang menyerupai kegiatan-kegiatan keagamaan dari agama itu, penafsiran dan kegiatan mana menyimpang dari pokok-pokok ajaran agama itu.

BACA JUGA  KSHUMI Nilai Ceramah Salib Ustadz Abdul Somad Tak Bisa Dipidana

Pasal 2 ayat (1) menyebut Barang siapa melanggar ketentuan tersebut dalam pasal 1 diberi perintah dan peringatan keras untuk menghentikan perbuatannya itu di dalam suatu keputusan bersama Menteri Agama, Menteri/Jaksa Agung dan Menteri Dalam Negeri. Sementara ayat (2) berbunyi Apabila pelanggaran tersebut dalam ayat (1) dilakukan oleh Organisasi atau sesuatu aliran kepercayaan, maka Presiden Republik Indonesia dapat membubarkan Organisasi itu dan menyatakan Organisasi atau aliran tersebut sebagai Organisasi/ aliran terlarang, satu dan lain setelah Presiden mendapat pertimbangan dari Menteri Agama, Menteri/Jaksa Agung dan Menteri Dalam Negeri.

Dalam Pasal 3 disebutkan, Apabila, setelah dilakukan tindakan oleh Menteri Agama bersama-sama Menteri/Jaksa Agung dan Menteri Dalam Negeri atau oleh Presiden Republik Indonesia menurut ketentuan dalam pasal 2 terhadap orang, Organisasi atau aliran kepercayaan, mereka masih terus melanggar ketentuan dalam pasal 1, maka orang, penganut, anggota dan/atau anggota Pengurus Organisasi yang bersangkutan dari aliran itu dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya lima tahun.

Selama bersidang, komunitas Ahmadiyah telah mengajukan enam orang saksi ke depan sidang yang disebut-sebut sebagai korban yang mengalami langsung dan atau melihat langsung sejumlah perlakuan kekerasan dan intimidasi oleh masyarakat terhadap komunitas Ahmadiyah yang terjadi di berbagai daerah. Komunitas Ahamdiyah juga mengajukan enam orang Ahli, diantaranya dari Komnas HAM, Komnas Perempuan dan YLBHI.\

Sedangkan Dewan Da’wah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam sidang ini sebagai Pihak Terkait dalam hal ini juga telah mengajukan sejumlah saksi. Hadir mendengarkan putusan ini dari Dewan Da’wah adalah Sekretaris Umum Drs. Avid Solihin, MM, Humas Dewan Da’wah Yuddy Ardhi dan Dadi Nurjaman, didampingi Kuasa Hukum antara lain Ahmad Leksono, SH dan Sani Alamsyah, SH.

BACA JUGA  Khutbah Idul Adha 1440 H: Teladan Ibrahim, Sunnatullah dalam Mendakwahkan Islam

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

Dua Ilmuwan Palestina Meninggal Secara Misterius di Aljazair

Kedutaan Palestina di Aljazair mengumumkan bahwa Suleiman Mohammed al-Farra (34 th) dan seorang dokter Mohammed al-Banna (35 th) ditemukan tak bernyawa pada Ahad (22/07/2018).

Senin, 23/07/2018 12:03 0

Palestina

1.336 Pemukim Yahudi Serbu Al-Aqsha, Pejuang Seru Mobilisasi Pasukan

Para pemukim Yahudi itu menggelar ritual Talmud di gerbang dan sekitar masjid. Mereka juga menyerang para pedagang Palestina yang berujualan souvenir.

Senin, 23/07/2018 10:27 0

Khazanah

Begini Kisah Imam Ahmad Pingsan Saat Menuntut Ilmu

KIBLAT.NET - Semangat para ulama salaf dalam menuntut ilmu memang sulit tertandingi. Demi ilmu mereka rela mengorbankan apapun yang mereka miliki.  Semangat mereka dalam belajar benar-benar menakjubkan. Mengalahkan segalanya bahkan terhadap kondisi kesehatannya sekalipun. Imam Ahmad salah satu contohnya, demi mendapatkan beberapa riwayat hadis dari gurunya, beliau rela duduk berdesak-desakan di dalam majlis hingga beliau jatuh pingsan.

Senin, 23/07/2018 10:21 0

Afghanistan

Pulang dari “Pengasingan”, Wapres Afghanistan Disambut Bom

ISIS Bertanggung jawab atas serangan ini

Senin, 23/07/2018 08:54 0

Yaman

Orang Tak Dikenal Bunuh Imam Masjid Abdullah Azzam di Aden, Yaman

Menurut keterangan saksi mata yang dihimpun kantor berita Anadolu Agency dan dilansir Al-Jazeera pada Ahad (22/07), pelaku berjumlah lebih dari satu orang mengendari mobil dan menembaki Syaikh Barza’ah di halaman masjid. Ia meninggal di tempat dengan empat luka tembak di kepala

Senin, 23/07/2018 07:51 0

Afghanistan

Bantah Data PBB, Taliban: AS Sumbang 82 Persen Korban Sipil Afghanistan

Serangan itu mengakibatkan 904 orang tewas dan 1.027 orang terluka. Korban tewas terdiri dari 731 pria, 97 wanita dan 76 dari anak-anak.

Ahad, 22/07/2018 13:32 0

Suara Pembaca

Nasib Malang Nenek Rumsiah, Kanker Kulit Bersarang di Mata

Rumsiah (73). Di usia senja, ia justru menderita penyakit kanker kulit yang menggerogoti area di sekitar mata kanannya.

Ahad, 22/07/2018 12:57 0

Arab Saudi

Hadia Daeng Saming, Jemaah Kedua Asal Indonesia Wafat di Tanah Suci

Hadia menjadi jemaah asal Indonesia kedua yang meninggal di Tanah Suci setelah Sukardi Ratmo Diharjo (59)

Ahad, 22/07/2018 12:25 0

Video Kajian

Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur, Ini Rahasianya!

Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur, Ini Rahasianya! Anda mungkin sudah sering kali mendengar ungkapan ini! Di manakah itu dan apa rahasianya? Simak ya

Ahad, 22/07/2018 11:22 0

Palestina

Pengamat: Gencatan Senjata Israel-Hamas Takkan Berlangsung Lama

"Saya tidak berpikir gencatan senjata ini akan berlangsung untuk waktu yang lama. Ini sangat rapuh," katanya kepada Al-Jazeera.

Ahad, 22/07/2018 10:47 0

Close