... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pulang dari “Pengasingan”, Wapres Afghanistan Disambut Bom

Foto: Abdul Rasyid Dostum dikelilingin para pengawalnya [Reuters]

KIBLAT.NET, Kabul – Secara mengejutkan, Wakil Presiden Afganistan Abdul Rashid Dostum selamat dari serangan bom “bunuh diri” di bandara Kabul di hari kepulangannya pada Ahad (22/07). Dostum meninggalkan Afghanistan setahun lalu menyusul dugaan penyiksaan dan pelanggaran terhadap lawan politiknya.

Dostum keluar dari bandara dengan berkonvoi beberapa menit sebelum bom meledak. Menurut keterangan kepolisian, sedikitnya 14 tewas dan lebih dari 50 orang luka-luka akibat serangan itu.

Ia tidak mengalami luka sedikitnya akibat ledakan yang diakui media ‘Amaq itu serangan Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS). Hal itu terlihat saat ia menemui para pendukungnya yang sudah menunggu berjam-jam di kantor dinasnya.

Namun serangan itu kembali menyoroti iklim politik yang bergejolak di Kabul menjelang pemilu parlemen Oktober mendatang, yang dianggap sebagai ujian pemilihan presiden paling penting yang dijadwalkan tahun depan.

Dostum mendukung seruan pembicaraan damai dengan Taliban dan berterima kasih kepada sekutu internasional Afghanistan atas dukungan mereka terhadap negosiasi itu. Ia menyeru warga Afghanistan untuk berpartisipasi dalam pemilihan.

“Manipulasi pemilu akan menyebabkan krisis serius dan bahaya di negara ini,” kata Dostum.

Wakil presiden yang memiliki banyak pengikut setia itu berasal dari etnis Uzbek. Ia merupakan politisi veteran yang telah memainkan peran dalam politik Afghanistan selama beberapa dekade.

Negara-negara donor Afghanistan, termasuk AS, tahun lalu sempat marah kepada Dotam menyusul keluarnya sebuah laporan. Laporan itu menyebutkan bahwa pengawal Dostum menangkap Ahmad Asyiqi, lawan politik Dostum, menyiksa dan melecehkannya.

BACA JUGA  Waktunya Tiba, Taliban-Afghanistan Mulai Berunding di Qatar

Dostum membantah tuduhan laporan tersebut. Namun tiba-tiba dia menghilang dan dikabarkan berada di tempat pengasingan di Turki. Dihembuskan kabar bahwa ia berobat namun tidak pulang ke Afghanistan hingga Ahad kemarin.

Seorang juru bicara Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengatakan pada hari Sabtu bahwa dakwaan terhadap Dostum akan ditangani oleh otoritas peradilan independen.

Dostum pulang menyusul aksi protes pengikutnya yang telah berlangsung dua pekan di Afghainstan utara. Aksi itu memprotes penangkapan seorang anak buah Dostum oleh pemerintah.

Dalam pernyataan kepada para pendukungnya, Dostum meminta para pendukungnya yang menutup jalan-jalan dan kantor-kantor pemerintah di Afghanistan utara untuk mengakhiri protes mereka.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Pembunuhan di Luar Pengadilan Meningkat karena Instruksi Presiden Jokowi

meningkatnya extra judicial killing karena instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo.

Ahad, 22/07/2018 19:02 0

Indonesia

Koalisi Masyarakat Sipil: Senjata Api Polisi untuk Melumpuhkan, Bukan Membunuh

Menurut anggota Koalisi Masyarakat Sipil dari ICJR, Sustira Dirga menegaskan bahwa pembunuhan di luar pengadilan tidak dibenarkan. Sebab, penembakan hanya untuk melumpuhkan, bukan untuk membunuh.

Ahad, 22/07/2018 17:56 1

Indonesia

Koalisi Masyarakat Sipil Kritisi Pembunuhan di Luar Pengadilan oleh Polisi

Koalisi Masyarakat Sipil mengecam langkah Polisi yang melakukan extra judicial killing (pembunuhan di luar pengadilan.red) kepada terduga pelaku kejahatan.

Ahad, 22/07/2018 17:26 0

Indonesia

Hubungan Dagang Indonesia-AS, Ini Komoditi Ekspor-Impor Kedua Negara

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan para pelaku usaha Indonesia siap meningkatkan transaksi dagang dengan mitra AS.

Ahad, 22/07/2018 16:47 0

Indonesia

Perkuat Hubungan, Indonesia Gelar Misi Dagang ke AS

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan menggelar misi dagang ke Amerika Serikat. Selama tiga hari, 22 Juli hingga 24 Juli 2018, kunjungan diharapkan dapat mempererat hubungan ekonomi antara kedua negara.

Ahad, 22/07/2018 16:31 0

Suara Pembaca

Nasib Malang Nenek Rumsiah, Kanker Kulit Bersarang di Mata

Rumsiah (73). Di usia senja, ia justru menderita penyakit kanker kulit yang menggerogoti area di sekitar mata kanannya.

Ahad, 22/07/2018 12:57 0

Indonesia

Dicekal di Bandara Hong Kong, Pengajian Ustadz Zulkifli Dibatalkan

Ustadz Zulkifli Muhammad Ali dicekal sepihak oleh petugas Bandara Internasional Hong Kong saat hendak memenuhi undangan pengajian warga Indonesia

Ahad, 22/07/2018 11:57 0

Video Kajian

Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur, Ini Rahasianya!

Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur, Ini Rahasianya! Anda mungkin sudah sering kali mendengar ungkapan ini! Di manakah itu dan apa rahasianya? Simak ya

Ahad, 22/07/2018 11:22 0

Info Event

Ayo Dukung Gerakan Karawang Berhijab!

Ayo Dukung Gerakan Karawang Berhijab

Ahad, 22/07/2018 09:37 0

Indonesia

Pembentukan DKN Menuai Kritikan, Ini Kata Wiranto

Wacana pembentukan Dewan Kerukunan Nasional(DKN) banyak dikritisi oleh berbagai lembaga dan Organisasi kemanusiaan.

Sabtu, 21/07/2018 14:15 0

Close