... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Wiranto Ingin Peraturan Pemerintah Soal UU Terorisme Dipercepat

KIBLAT.NET, Jakarta- Hari ini, Jumat (20/07/2018) Kemenkopolhukam menggelar rapat khusus tingkat menteri dengan tema “Percepatan pembentukan peraturan pelaksanaan UU pemberantasan tindak pidana terorisme”. Dalam pernyataanya seusai rapat, Menkopolhukam Wiranto menjelaskan bahwa meski revisi undang-undang terorisme telah disahkan, dalam amanat revisi masih ada beberapa Peraturan Pemerintah (PP) yang harus diterbitkan.

Dengan rapat ini Menkopolhukam menargetkan agar rancangan RPP dapat lebih cepat selesai hingga dapat digunakan sebelm akhir tahun.

“Rapat hari ini untuk mengkoordinasikan pembuatan Rencana Peraturan Pemerintah (RPP) agar dipercepat. Tadi saya lihat ada 6 RPP yang harus kita selesaikan dalam tahun ini untuk melengkapi revisi undang-undang itu,” ujarnya.

Wiranto mengatakan, untuk efisiensi percepatan selesainya RUU telah dibentuk beberapa kelompok kerja. Nantinya, kelompok kerja inilah yang akan menyelesaikan RPP agar dapat segera digunakan di lapangan.

Kepada wartawan, Wiranto menyebut bahwa salah satu RPP penting yang dibahas dalam rapat tersebut adalah soal pelibatan TNI dalam membantu kepolisian memberantas tindak pidana Terorisme. Mengenai kabar yang beredar bahwa akan ada anggota TNI yang masuk dalam satuan Kepolisian dan sebaliknya, Wiranto membenarkan kabar tersebut.

“Nanti diatur di situ (RPP.red). Juga ada RPP-RPP lain yang membahas masalah kompensasi bagi si korban, perlakuan-perlakuan dalam rangka soft approach dan sebagainya. Itu ada disitu,”terang Wiranto.

“Intinya rapat hari ini kita sudah menyelesaikan rencana mengenai penerbitan RPP,”imbuhnya.

BACA JUGA  Jika Dipulangkan, Rohingya Harus Mendapat Jaminan Hak Warga Negara

Menurut keterangan Wiranto, RPP ini akan tidak akan dikeluarkan bersamaan, melainkan satu persatu. Nantinya, RPP yang telah selesai lebih dulu akan segera diproses dan diterbitkan.

“Mana yang lebih cepat akan dikeluarkan duluan. Karena tiap rencana mempunyai bobot yang berbeda. Ada yang perlu diskusi panjang, ada yang tidak,”ujar Wiranto.

“Harus tahun ini, kami akan berusaha menyelesaikan sebelum akhir tahun,”pungkasnya.

Reporter: Qoid
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

PM Israel Sebut “Islam Radikal” Jadi Ancaman Dunia

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu mengatakan bahwa Islam radikal merupakan ancaman bagi Eropa, bahkan dunia.

Jum'at, 20/07/2018 14:40 0

Turki

Turki: Kami Tak Ingin Skenario Ghoutah Timur dan Daraa Terulang di Idlib

Aksawi mengatakan pada konferensi pers bahwa serangan yang terjadi di Daraa menargetkan ribuan warga sipil. Turki mengutuk keras serangan yang sama saja merongrong negosiasi yang sedang berlangsung di Jenewa.

Jum'at, 20/07/2018 12:16 0

Myanmar

Pemusnahan Muslim Rohingya Dilakukan Terencana dan Sistematis

Laporan berjumlah 162 halaman dengan judul "Mereka Memberi Mereka Pedang Panjang" itu diterbitkan oleh Hak Fortify pada Kamis (19/07/2018). Laporan menunjukkan bahwa militer Myanmar bersalah melakukan "kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida".

Jum'at, 20/07/2018 11:40 0

Inggris

Inggris Tugaskan Anak-anak Muda Sebagai Agen Intelijen

Rights Watch Inggris, sebuah lembaga amal yang fokus pada langkah-langkah keamanan nasional, menyatakan keprihatinan mendalam dalam sebuah tweet pada hari Kamis (19/07/2018) terkait penggunaan anak-anak sebagai agen intelijen.

Jum'at, 20/07/2018 11:10 0

Afghanistan

Belasan Sipil Tewas Dalam Operasi Udara Afghanistan dan AS di Kunduz

“Sebanyak 14 orang, termasuk wanita dan anak-anak, tewas dalam serangan udara di Chardara, daerah di luar kota Kunduz, yang telah lama menyaksikan pertempuran antara Taliban dan pasukan keamanan pemerintah,” kata Nematollah Timorei, juru bicara gubernur Kunduz.

Jum'at, 20/07/2018 10:09 0

Irak

Muqtada Al-Sadr Dukung Demonstrasi di Iraq Selatan

emimpin spiritual Syiah Iraq, Muqtada Al-Sadr, meminta semua politisi untuk menunda upaya membentuk pemerintahan baru sampai mereka menanggapi tuntutan demonstran dengan meningkatkan layanan di wilayah selatan.

Jum'at, 20/07/2018 08:52 0

Suriah

Milisi Kurdi SDF Akan Buka Kantor Biro Politik di Damaskus

Dewan Demokratik Suriah (SDC), sayap politik Pasukan Demokratik Suriah (SDF), akan membuka empat kantor di empat provinsi di Suriah, termasuk Damaskus. Langkah ini dinilai sebagai bagian dari kerangka “solusi demokratis untuk krisis Suriah”.

Jum'at, 20/07/2018 08:02 0

Suriah

Pengosongan Dua Kota Syiah di Pedesaan Idlib Selesai

Dari dalam wilayah kontrol rezim di Aleppo, sebanyak 1500 warga dan pejuang yang ditahan rezim juga menuju titik yang sama. Pejuang dan rezim akan melakukan tukar tawanan sebagaimana perjanjian yang disepakati.

Jum'at, 20/07/2018 07:07 0

Suara Pembaca

Sinergi Foundation Kembali Salurkan Bantuan untuk Yatim Palestina

Sinergi Foundation Kembali Salurkan Bantuan untuk Yatim Palestina

Kamis, 19/07/2018 21:04 0

Opini

Nahdlatul Ulama dan Jebakan Politik

Nahdlatul Ulama adalah organisasi Muslim yang besar di Indonesia, namun keterlibatannya yang sangat erat dengan pemerintah, terutama era Jokowi, bisa menimbulkan tantangan yang besar di masa mendatang.

Kamis, 19/07/2018 19:40 0

Close