... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kurban Bisa Berdampak Besar Pada Ketahanan Pangan

Foto: Pemotongan hewan kurban di hari raya Idul Adha (ilustrasi)

KIBLAT.NET, Jakarta – Pimpinan Arrohman Quranic Learning Islamic Center (AQL) sekaligus Super Volunteer Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ustadz Bachtiar Nasir menyebut ibadah kurban bisa berdampak besar pada ketahanan pangan bangsa.

Pernyataan itu disampaikan UBN dalam acara launching Global Qurban Aksi Cepat Tanggap tahun 2018.  “Dalam gelaran Qurban, yang seharusnya kita lakukan terhadap diri kita dan pelaku dakwah kemanusiaan ini, adalah mengedukasi umat. Hukumnya berkurban mendekati wajibnya, kalau bahasanya dari Imam Syafii mendekati wajib, yaitu sunnah muakadah,” ungkap mantan ketua GNPF MUI ini dalam di Ballroom Menara 165, Cilandak Timur, Kamis (19/07/2018).

“Kalau mengaku bagian dari ahlussunnah wal jamaah, meskipun mazhab kita Syafii, katakan sunnah maupun muakadah, mengapa kita tidak mengambil yang terbaik,” lanjutnya.

UBN pun mencontohkan, dalam kasus di Turki, yang mayoritas menganut mazhab Hanafi, berkurban diwajibkan bagi penganutnya. Karenanya, sebut UBN, tidak heran jika satu pondok pesantren di sana mendapat hewan kurban sebanyak 5000 ekor. Jumlah itu, kata dia, biasa dan pihak pondok tidak gencar melakukan promosi.

“Maka kita di Indonesia, yang mayoritas mazhab Syafii bisa kita wajibkan kepada diri kita sendiri, dan ketika itu terus di edukasi, kemudian harga kurban itu akan turun, seperti di Turki itu,” jelasnya.

UBN mengungkapkan efek dari digencarkannya program kurban. Bukan hanya dapat manfaat dari pembagian dagingnya. Selain itu juga ada proses perdagangannya dan limbah dari pemotongan hewan kurban akan ada manfaatnnya.

BACA JUGA  Besok, BPJPH Teken MoU Jaminan Produk Halal

“Ada efek domino yang lebih penting, yang ditimbulkan dari gencarnya program kurban. Sebuah bangsa bisa menjadi bangsa yang besar, dalam tatanan dunia baru, kalau kita punya ketahanan pangan yang kuat. Tentu harus dibarengi dengan ketahanan militer yang kuat,” ungkapnya.

“Diantara keberhasilan Turki menjadi sebuah pilar baru dunia adalah ketahanan pangannya. Bukan hanya negara-negara Kaukasus yang di-support pangannya, bahkan Qatar yang tadinya di embargo pun akhirnya bisa eksis,” lanjutnya.

UBN mengungkapkan, efek dari dakwah kemanusiaan berkurban ini kepada Indonesia, ia berharap Indonesia memiliki ketahanan pangan yang kuat. “Seperti tadi satu desa minimal satu orangnya mendapat satu juta empat ratus rupiah dari sampingan mengurusi kurban, bagaimana negeri ini kedepannya. Dan saya berharap Global Qurban menjadi yang terdepan dalam kebangkitan pangan indonesia,” tutupnya.

Peluncuran program Indonesia berkurban Global Qurban

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Turki

Turki: Kami Tak Ingin Skenario Ghoutah Timur dan Daraa Terulang di Idlib

Aksawi mengatakan pada konferensi pers bahwa serangan yang terjadi di Daraa menargetkan ribuan warga sipil. Turki mengutuk keras serangan yang sama saja merongrong negosiasi yang sedang berlangsung di Jenewa.

Jum'at, 20/07/2018 12:16 0

Myanmar

Pemusnahan Muslim Rohingya Dilakukan Terencana dan Sistematis

Laporan berjumlah 162 halaman dengan judul "Mereka Memberi Mereka Pedang Panjang" itu diterbitkan oleh Hak Fortify pada Kamis (19/07/2018). Laporan menunjukkan bahwa militer Myanmar bersalah melakukan "kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida".

Jum'at, 20/07/2018 11:40 0

Inggris

Inggris Tugaskan Anak-anak Muda Sebagai Agen Intelijen

Rights Watch Inggris, sebuah lembaga amal yang fokus pada langkah-langkah keamanan nasional, menyatakan keprihatinan mendalam dalam sebuah tweet pada hari Kamis (19/07/2018) terkait penggunaan anak-anak sebagai agen intelijen.

Jum'at, 20/07/2018 11:10 0

Afghanistan

Belasan Sipil Tewas Dalam Operasi Udara Afghanistan dan AS di Kunduz

“Sebanyak 14 orang, termasuk wanita dan anak-anak, tewas dalam serangan udara di Chardara, daerah di luar kota Kunduz, yang telah lama menyaksikan pertempuran antara Taliban dan pasukan keamanan pemerintah,” kata Nematollah Timorei, juru bicara gubernur Kunduz.

Jum'at, 20/07/2018 10:09 0

Irak

Muqtada Al-Sadr Dukung Demonstrasi di Iraq Selatan

emimpin spiritual Syiah Iraq, Muqtada Al-Sadr, meminta semua politisi untuk menunda upaya membentuk pemerintahan baru sampai mereka menanggapi tuntutan demonstran dengan meningkatkan layanan di wilayah selatan.

Jum'at, 20/07/2018 08:52 0

Suriah

Milisi Kurdi SDF Akan Buka Kantor Biro Politik di Damaskus

Dewan Demokratik Suriah (SDC), sayap politik Pasukan Demokratik Suriah (SDF), akan membuka empat kantor di empat provinsi di Suriah, termasuk Damaskus. Langkah ini dinilai sebagai bagian dari kerangka “solusi demokratis untuk krisis Suriah”.

Jum'at, 20/07/2018 08:02 0

Suriah

Pengosongan Dua Kota Syiah di Pedesaan Idlib Selesai

Dari dalam wilayah kontrol rezim di Aleppo, sebanyak 1500 warga dan pejuang yang ditahan rezim juga menuju titik yang sama. Pejuang dan rezim akan melakukan tukar tawanan sebagaimana perjanjian yang disepakati.

Jum'at, 20/07/2018 07:07 0

Suara Pembaca

Sinergi Foundation Kembali Salurkan Bantuan untuk Yatim Palestina

Sinergi Foundation Kembali Salurkan Bantuan untuk Yatim Palestina

Kamis, 19/07/2018 21:04 0

Opini

Nahdlatul Ulama dan Jebakan Politik

Nahdlatul Ulama adalah organisasi Muslim yang besar di Indonesia, namun keterlibatannya yang sangat erat dengan pemerintah, terutama era Jokowi, bisa menimbulkan tantangan yang besar di masa mendatang.

Kamis, 19/07/2018 19:40 0

Afrika

Buntut Markas Diserang, Panglima Pasukan Anti-Jihadis Sahel Dicopot

“Keputusan ini telah ditandatangani oleh Jenderal Chad, Umar Bekimi, sebagai wakil Sidi pada KTT Uni Afrika di Mauritania,” jelas Diageana.

Kamis, 19/07/2018 10:57 0

Close