... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Lembaga Dakwah Kampus Se-Nusantara Gelar Pertemuan di UI Depok

Foto: LDK Nusantara Summit 2018 pada 20-21 Juli 2018 di Universitas Indonesia Depok

KIBLAT.NET, Depok – Ratusan perwakilan lembaga dakwah kampus se-Nusantara berkumpul dalam Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Nusantara Summit 2018 di Depok.

Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Indonesia menggelar LDK Nusantara Summit di kampus Universitas Indonesia Depok. Acara tersebut berlangsung pada 20-22 Juli 2018, dengan diikuti oleh perwakilan LDK dari Sabang sampai Merauke.

Dalam laporannya, ketua panitia LDK Nusantara Summit 2018 Toni Prabowo menyebut acara itu diikuti oleh 518 delegasi LDK se-Nusantara dan 37 Pusat Komunikasi Daerah (Puskomda) FSLDK. Mereka berasal dari 449 kampus yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Tema LDK Nusantara Summit 2018 kali ini adalah menghimpun pemuda Islam untuk kemajuan Indonesia,” kata Toni saat acara pembukaan LDK Nusantara Summit 2018 di Balairung Universitas Indonesia, Depok, Jumat (20/07/2018).

Ketua Puskomnas FSLDK Indonesia Fahrudin Alwi dalam sambutannya mengatakan FSLDK merupakan sebuah organ yang luar biasa besar, yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebagai organisasi pemuda, FSLDK merupakan poros pergerakan.

Sebagai organisasi dakwah Islam, FSLDK tak luput dari terpaan berbagai isu, salah satu isu yang menghampiri adalah radikalisme. Karenanya, dia mengajak seluruh elemen organisasinya untuk terus melakukan gerak nyata di masyarakat.

“Lawan tuduhan-tuduhan yang tidak benar hanya dengan satu kata, kontribusi,” tegasnya.

Direktur Kemahasiswaan Universitas Indonesia (UI) Arman Nefi mengapresiasi gelaran LDK Nusantara Summit 2018. Dia berharap acara itu dapat menjadi sarana silaturahmi yang baik bagi lembaga dakwah kampus di Indonesia.

BACA JUGA  PERSIS: Gus Muwafiq Harus Dihukum

“Perlu kita tunjukkan pemuda-pemuda Islam adalah orang-orang di garis depan dalam membela Indonesia,” pesannya.

LDK Nusantara Summit 2018 mengusung tema Menghimpun Pemuda Islam untuk Kemajuan Indonesia. Sejumlah acara digelar sebagai rangkaian dari pertemuan LDK se-Nusantara itu, antara lain kajian, sekolah kebangsaan, dan kompetisi.

Reporter: Imam S.
Editor: Wildan Mustofa

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Kolom

Politik (Wacana) Teror di Mesir

‘Legitimasi agama’ yang dilakukan demi kekuasaan politik tirani tentu bukan saja terjadi di Mesir. Sepanjang sejarah terdapat banyak perselingkuhan antara ‘ulama’ dengan penguasa.

Jum'at, 20/07/2018 19:43 1

Manhaj

Karakter Umat Pilihan: Bersatu Karena Iman

“Islam telah menguasai hati ratusan bangsa di negeri yang terbentang dari Cina, Indonesia, India, Persia, Syam, Jazirah Arab, Mesir hingga Maroko dan Andalusia. Islam juga mendominasi cita-cita dan akhlak mereka serta berhasil membentuk gaya hidup mereka. Islam telah membangkitkan harapan mereka serta meringankan permasalahan dan kecemasan mereka. Islam telah berhasil membangun kemuliaan dan kehormatan mereka…Mereka telah disatukan oleh Islam; Islam telah berhasil melunakkan hati mereka, meski mereka berbeda-beda pandangan dan latar belakang politik.” (Will Durant, 1926. The History of Civilization, vol. xiii, hlm. 151)

Jum'at, 20/07/2018 19:04 0

News

PM Israel Sebut “Islam Radikal” Jadi Ancaman Dunia

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu mengatakan bahwa Islam radikal merupakan ancaman bagi Eropa, bahkan dunia.

Jum'at, 20/07/2018 14:40 0

Turki

Turki: Kami Tak Ingin Skenario Ghoutah Timur dan Daraa Terulang di Idlib

Aksawi mengatakan pada konferensi pers bahwa serangan yang terjadi di Daraa menargetkan ribuan warga sipil. Turki mengutuk keras serangan yang sama saja merongrong negosiasi yang sedang berlangsung di Jenewa.

Jum'at, 20/07/2018 12:16 0

Myanmar

Pemusnahan Muslim Rohingya Dilakukan Terencana dan Sistematis

Laporan berjumlah 162 halaman dengan judul "Mereka Memberi Mereka Pedang Panjang" itu diterbitkan oleh Hak Fortify pada Kamis (19/07/2018). Laporan menunjukkan bahwa militer Myanmar bersalah melakukan "kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida".

Jum'at, 20/07/2018 11:40 0

Inggris

Inggris Tugaskan Anak-anak Muda Sebagai Agen Intelijen

Rights Watch Inggris, sebuah lembaga amal yang fokus pada langkah-langkah keamanan nasional, menyatakan keprihatinan mendalam dalam sebuah tweet pada hari Kamis (19/07/2018) terkait penggunaan anak-anak sebagai agen intelijen.

Jum'at, 20/07/2018 11:10 0

Afghanistan

Belasan Sipil Tewas Dalam Operasi Udara Afghanistan dan AS di Kunduz

“Sebanyak 14 orang, termasuk wanita dan anak-anak, tewas dalam serangan udara di Chardara, daerah di luar kota Kunduz, yang telah lama menyaksikan pertempuran antara Taliban dan pasukan keamanan pemerintah,” kata Nematollah Timorei, juru bicara gubernur Kunduz.

Jum'at, 20/07/2018 10:09 0

Irak

Muqtada Al-Sadr Dukung Demonstrasi di Iraq Selatan

emimpin spiritual Syiah Iraq, Muqtada Al-Sadr, meminta semua politisi untuk menunda upaya membentuk pemerintahan baru sampai mereka menanggapi tuntutan demonstran dengan meningkatkan layanan di wilayah selatan.

Jum'at, 20/07/2018 08:52 0

Suriah

Milisi Kurdi SDF Akan Buka Kantor Biro Politik di Damaskus

Dewan Demokratik Suriah (SDC), sayap politik Pasukan Demokratik Suriah (SDF), akan membuka empat kantor di empat provinsi di Suriah, termasuk Damaskus. Langkah ini dinilai sebagai bagian dari kerangka “solusi demokratis untuk krisis Suriah”.

Jum'at, 20/07/2018 08:02 0

Suriah

Pengosongan Dua Kota Syiah di Pedesaan Idlib Selesai

Dari dalam wilayah kontrol rezim di Aleppo, sebanyak 1500 warga dan pejuang yang ditahan rezim juga menuju titik yang sama. Pejuang dan rezim akan melakukan tukar tawanan sebagaimana perjanjian yang disepakati.

Jum'at, 20/07/2018 07:07 0

Close