... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kesaksian Jemaah Haji Indonesia Lewati Jalur Cepat Keimigrasian Arab Saudi

Foto: Jemaah Haji Indonesia menerima paspos saat berada di Embarkasi Jakarta Pondok Gede

KIBLAT.NET, Arab Saudi – Jamaah haji kloter pertama dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) merupakan peserta yang pertama menggunakan fasilitas ‘fast track’ alias jalur cepat keimigrasian pada musim haji kali ini.

Jamaah menyatakan puas dengan layanan yang disiapkan di Bandara Prince Muhammad bin Abdul Aziz (PMAA), Madinah tersebut. “Cepet banget, hanya lima menit tadi,” kata Ahmad Ali Maksum (50) seorang jemaah asal Jakarta di Bandara Madinah, Selasa (17/7) sebagaimana dikutip dari website Kemenag.

Ahmad menceritakan, begitu turun dari pesawat para jamaah langsung diarahkan petugas menuju pemeriksaan bea cukai untuk kemudian diarahkan ke bus.

Pesawat yang dinaikinya dari Bandara Soekarno Hatta mendarat di Bandara PMAA Madinah sekitar pukul 14.35 waktu setempat. Ahmad sudah nampak mengambil kopernya dari pemindai bea cukai pukul 14.15 waktu setempat untuk berjalan ke bus yang jaraknya sekitar 50 meter saja dari pintu keluar bandara.

Proses keimigrasian langsung selesai setelah jamaah mengambil barang bawaan dan pemindaian bea cukai, karena para Jamaah sudah dipindai biometriknya di Embarkasi Jakarta-Pondok Gede. Setelah itu, jamaah dilakukan pre departure cleareance (persiapan sebelum keberangkatan), sehingga tak perlu lagi diperiksa keimigrasian Arab Saudi ketika mendarat di Tanah Suci.

Menurut Ahmad, pemeriksaan dan pemindaian biometrik di Tanah Air memang tak sebentar. Kendati demikian ia memaklumi karena layanan itu baru pertama kalinya dilakukan pada musim haji kali ini. Ia juga mengatakan lebih memilih diperiksa di Tanah Air ketimbang harus menjalaninya di Tanah Suci.

BACA JUGA  Menampik Tudingan Politisi PKB, Begini Jawaban Kemenag

Jamaah lain yang juga menyatakan kepuasaannya adalah Huryani Dari dari Klender. Jamaah berusia 71 tahun itu mengatakan sudah beberapa kali naik haji. “Ini yang ke tsalatsah,” kata dia seakan berpindah ke mode Bahasa Arab begitu tiba di Tanah Suci.

Ia mengingat, saat naik haji pada 1994, pemeriksaan yang memakan waktu lama bukan hanya di Tanah Suci saja. Ia juga diperiksa cukup lama di Tanah Air. “Dulu lama sekali, sekarang cepat. Saya puas,” kata dia.

Diketahui, Jalur Fast Track untuk tahun ini baru tersedia di Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) dan juga Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS). Untuk kedepannya Jalur ini akan diperluas lagi demi kenyaman para Jemaah Haji Indonesia.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Turki

Turki: Kami Tak Ingin Skenario Ghoutah Timur dan Daraa Terulang di Idlib

Aksawi mengatakan pada konferensi pers bahwa serangan yang terjadi di Daraa menargetkan ribuan warga sipil. Turki mengutuk keras serangan yang sama saja merongrong negosiasi yang sedang berlangsung di Jenewa.

Jum'at, 20/07/2018 12:16 0

Myanmar

Pemusnahan Muslim Rohingya Dilakukan Terencana dan Sistematis

Laporan berjumlah 162 halaman dengan judul "Mereka Memberi Mereka Pedang Panjang" itu diterbitkan oleh Hak Fortify pada Kamis (19/07/2018). Laporan menunjukkan bahwa militer Myanmar bersalah melakukan "kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida".

Jum'at, 20/07/2018 11:40 0

Inggris

Inggris Tugaskan Anak-anak Muda Sebagai Agen Intelijen

Rights Watch Inggris, sebuah lembaga amal yang fokus pada langkah-langkah keamanan nasional, menyatakan keprihatinan mendalam dalam sebuah tweet pada hari Kamis (19/07/2018) terkait penggunaan anak-anak sebagai agen intelijen.

Jum'at, 20/07/2018 11:10 0

Afghanistan

Belasan Sipil Tewas Dalam Operasi Udara Afghanistan dan AS di Kunduz

“Sebanyak 14 orang, termasuk wanita dan anak-anak, tewas dalam serangan udara di Chardara, daerah di luar kota Kunduz, yang telah lama menyaksikan pertempuran antara Taliban dan pasukan keamanan pemerintah,” kata Nematollah Timorei, juru bicara gubernur Kunduz.

Jum'at, 20/07/2018 10:09 0

Irak

Muqtada Al-Sadr Dukung Demonstrasi di Iraq Selatan

emimpin spiritual Syiah Iraq, Muqtada Al-Sadr, meminta semua politisi untuk menunda upaya membentuk pemerintahan baru sampai mereka menanggapi tuntutan demonstran dengan meningkatkan layanan di wilayah selatan.

Jum'at, 20/07/2018 08:52 0

Suriah

Milisi Kurdi SDF Akan Buka Kantor Biro Politik di Damaskus

Dewan Demokratik Suriah (SDC), sayap politik Pasukan Demokratik Suriah (SDF), akan membuka empat kantor di empat provinsi di Suriah, termasuk Damaskus. Langkah ini dinilai sebagai bagian dari kerangka “solusi demokratis untuk krisis Suriah”.

Jum'at, 20/07/2018 08:02 0

Suriah

Pengosongan Dua Kota Syiah di Pedesaan Idlib Selesai

Dari dalam wilayah kontrol rezim di Aleppo, sebanyak 1500 warga dan pejuang yang ditahan rezim juga menuju titik yang sama. Pejuang dan rezim akan melakukan tukar tawanan sebagaimana perjanjian yang disepakati.

Jum'at, 20/07/2018 07:07 0

Suara Pembaca

Sinergi Foundation Kembali Salurkan Bantuan untuk Yatim Palestina

Sinergi Foundation Kembali Salurkan Bantuan untuk Yatim Palestina

Kamis, 19/07/2018 21:04 0

Opini

Nahdlatul Ulama dan Jebakan Politik

Nahdlatul Ulama adalah organisasi Muslim yang besar di Indonesia, namun keterlibatannya yang sangat erat dengan pemerintah, terutama era Jokowi, bisa menimbulkan tantangan yang besar di masa mendatang.

Kamis, 19/07/2018 19:40 0

Afrika

Buntut Markas Diserang, Panglima Pasukan Anti-Jihadis Sahel Dicopot

“Keputusan ini telah ditandatangani oleh Jenderal Chad, Umar Bekimi, sebagai wakil Sidi pada KTT Uni Afrika di Mauritania,” jelas Diageana.

Kamis, 19/07/2018 10:57 0

Close