... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Inggris Tugaskan Anak-anak Muda Sebagai Agen Intelijen

Foto: Anak-anak telah dikerahkan untuk mengumpulkan informasi untuk dinas intelijen domestik Inggris [Peter Nicholls / Reuters]

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemerintah Inggris menggunakan anak-anak sebagai agen intelijen dalam misi-misi rahasia dan operasi keamanan. Komite peninjau House of Lords malaporkan, Beberapa anak di bawah umur yang bertugas mengumpulkan data intelijen berusia di bawah 16 tahun.

Laporan yang diterbitkan pekan lalu, dibuat sebagai tanggapan atas proposal yang diajukan oleh pejabat pemerintah untuk memperpanjang masa penggunaan anak-anak di bawah usia 18 tahun sebagai pengumpul data intelijen (CHIS) selama satu bulan hingga empat bulan.

Lord Trefgarne, Ketua Komite Pengawasan Legislasi Sekunder, mengatakan kebijakan menggunakan anak muda sebagai CHIS telah menyebabkan “kecemasan yang cukup besar” di antara anggota komite. Dia menyatakan keprihatinan tentang pelonggaran pembatasan saat ini.

“Kami prihatin anak-anak muda berpartisipasi dalam kegiatan rahasia untuk jangka waktu yang panjang. Hal itu dapat meningkatkan risiko mereka terhadap kesejahteraan mental dan fisik mereka,” katanya.

Laporan itu, yang dirilis pada 12 Juli, tidak menyebutkan secara spesifik berapa banyak orang yang berusia di bawah 18 tahun telah diutus sebagai informan.

The Home Office, kementerian yang bertanggung jawab untuk hukum dan ketertiban di Inggris, mengatakan operasi rahasia dengan anak di bawah 18 mungkin menjangkau informasi akses informasi yang tak biasa, terutama dengan geng kriminal. Namun penggunaannya “dalam jumlah yang sangat kecil”.

“Mengingat bahwa orang-orang muda semakin terlibat, baik sebagai pelaku dan korban, dalam kejahatan serius termasuk terorisme, kekerasan geng, pelanggaran narkoba dan eksploitasi seksual anak, ada peningkatan cakupan untuk CHIS remaja untuk membantu dalam mencegah dan menuntut pelanggaran tersebut,” kata Ben Wallace, seorang pejabat Home Office.

BACA JUGA  AS Minta Inggris Pulangkan Militan ISIS untuk Diadili

“Banyak peneliti ingin menghindari penggunaan anak muda dalam peran semacam itu, mungkin saja pengerahan seorang anak muda yang dikelola dengan hati-hati dapat berkontribusi untuk mendeteksi kejahatan dan mencegah pelanggaran.”

Rights Watch Inggris, sebuah lembaga amal yang fokus pada langkah-langkah keamanan nasional, menyatakan keprihatinan mendalam dalam sebuah tweet pada hari Kamis (19/07/2018) terkait penggunaan anak-anak sebagai agen intelijen.

“Berdasarkan hukum domestik dan internasional, keputusan yang mempengaruhi anak-anak harus diambil demi kepentingan mereka. Kesejahteraan mereka harus menjadi pertimbangan utama. Sulit membayangkan keadaan apa pun yang akan menjadi kepentingan terbaik anak untuk digunakan sebagai informan,” kata kelompok itu.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Global Qurban Jadi Ikhtiar Persatuan Bangsa

Global Qurban Jadi Ikhtiar Persatuan Bangsa

Jum'at, 20/07/2018 10:44 0

Indonesia

KontraS Kecam Rencana Menkopolhukam Bentuk DKN

"Dan kami ingatkan sekali lagi bahwa usulan pembentukan DKN ini sangat tidak konsisten sejak awal"

Jum'at, 20/07/2018 10:31 0

Suara Pembaca

Sinergi Foundation Kembali Salurkan Bantuan untuk Yatim Palestina

Sinergi Foundation Kembali Salurkan Bantuan untuk Yatim Palestina

Kamis, 19/07/2018 21:04 0

Indonesia

Jangkauan Distribusi Global Qurban Meningkat

Jangkauan Distribusi Global Qurban Meningkat

Kamis, 19/07/2018 20:02 0

Opini

Nahdlatul Ulama dan Jebakan Politik

Nahdlatul Ulama adalah organisasi Muslim yang besar di Indonesia, namun keterlibatannya yang sangat erat dengan pemerintah, terutama era Jokowi, bisa menimbulkan tantangan yang besar di masa mendatang.

Kamis, 19/07/2018 19:40 0

Indonesia

DSKS Ingatkan Pemkot Surakarta Tak Nekat Bangun Masjid Raya Sriwedari

Berpotensi Konflik, DSKS Ingatkan Pemkot Surakarta Tak Nekat Masjid Raya Taman Sriwedari

Kamis, 19/07/2018 19:20 0

Indonesia

Haris Azhar: Coblos di Luar Gambar Jika Tak Ada Capres yang Komitmen Lawan Korupsi

Haris menambahkan, bila seluruh paslon dinilai tidak mempresentasikan apa yang menjadi persoalan di masyarakat, maka mencoblos di luar kotak adalah solusinya.

Kamis, 19/07/2018 18:59 0

Indonesia

Tanggapan Dr. Abdul Chair Terhadap Pencalonan Kapitra Ampera Sebagai Bacaleg PDI-P

Surat tanggapan ini tidak dimaksudkan untuk mendukung atau tidak mendukung Sdr. Kapitra Ampera yang diberitakan oleh sejumlah media "dicalonkan sebagai Bacaleg DPR-RI" dari PDI-P.

Kamis, 19/07/2018 18:40 0

Indonesia

Lewat Sistem Zonasi, Mendikbud Ingin Jadikan Pendidikan Indonesia Seperti Liga Inggris

Mendikbud ingin pemerataan pendidikan Indonesia seperti Liga Inggris

Kamis, 19/07/2018 15:10 0

Indonesia

Polisi Lakukan Olah TKP di Rumah Mardani Ali Sera

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Indarto menggelar olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di kediaman Politisi PKS, Mardani Ali Sera.

Kamis, 19/07/2018 12:09 0

Close