... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Angka Kemiskinan Turun, Rizal Ramli: Standarnya Rendah Banget

Foto: Ekonom senior Rizal Ramli.

KIBLAT. NET, Jakarta – Ekonom senior, Rizal Ramli membantah data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyatakan angka kemiskinan turun. Ia menilai ada hal yang seharusnya tidak justru dibanggakan, sebab hitungan angka kemiskinan BPS begitu rendah, tidak sesuai standar internasional.

“Hitungan angka kemiskinan terendah BPS adalah Rp 13.400 setiap orang membelanjakan uangnya per hari. Ini rendah banget, jauh dari standar kemiskinan internasional $2 USD. Jadi jangan bangga kalau Rp13.400 itu sudah lumayan,” ungkapnya dalam Dialog Ekonomi “Hutang Melambung, Impor Gencar, Divestasi Freeport dan Rupiah Roboh. Mau Kemana Indonesia?” di gedung Kinanti, Jakarta Selatan, Rabu (18/07/2018).

Mantan Menteri Keuangan Indonesia RI di era Abdurrahman Wahid ini melanjutkan, ketika harga bergejolak maka masyarakat ekonomi kelas menengah ke atas juga turut terkena dampaknya. Maka, ia heran dengan pernyataan Menteri Perdagangan ketika menjawab harga telur yang naik lantaran dampak Piala Dunia.

“Padahal sederhana masalahnya, tatkala pakan ternak impor, kebutuhan ternak lainnya impor dan dolar naik, maka harga-harga turut naik,” tuturnya.

Rizal mengatakan ekonomi Indonesia mengikuti sistem Bank Dunia yang menganut liberalisme atau kolonialisme baru, di mana semua harus bebas. Kalau begini orang-orang kuatlah yang menang. Sehingga ekonomi Indonesia sulit naik di atas 7 persen, naik hanya karena disokong utang.

Padahal, ia melihat negara-negara yang tidak menggunakan model Bank Dunia mereka bisa tumbuh 10 persen. Ekonomi mereka berdiri secara mandiri tidak berlandaskan hutang luar negeri.

BACA JUGA  Waktunya Tiba, Pejuang Bangsamoro Serahkan Senjata ke Pemerintah Filipina

“Karena kita manut kepada model Bank Dunia yang terikat dengan hutang, sehingga ekonomi Indonesia sulit naik,” tukasnya.

Diketahui Kepala BPS Suhariyanto menyatakan Pada bulan Maret 2018, jumlah penduduk miskin (penduduk dengan pengeluaran per kapita per bulan di bawah Garis Kemiskinan) di Indonesia mencapai 25,95 juta orang (9,82 persen), berkurang sebesar 633,2 ribu orang dibandingkan dengan kondisi September 2017 yang sebesar 26,58 juta orang (10,12 persen).

“Ini pertama kali Indonesia mendapatkan tingkat angka kemiskinan satu digit terendah sejak 1998,” katanya dan kembali ditegaskan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

BPS menjelaskan melalui situs resminya, kemiskinan sebagai ketidakmampuan memenuhi kebutuhan dasar yang diukur dari pengeluaran. Artinya, orang yang pengeluarannya di bawah angka rata-rata garis kemiskinan termasuk warga miskin.

Angka rata-rata garis kemiskinan pada Maret 2018 adalah Rp401.220 per kapita per bulan. Data BPS menunjukkan bahwa angka ini lebih tinggi dibanding pada 2017, yang pada semester pertama (Maret) berjumlah Rp361.496 dan Rp 370.910 pada semester kedua 2017.

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

Buntut Markas Diserang, Panglima Pasukan Anti-Jihadis Sahel Dicopot

“Keputusan ini telah ditandatangani oleh Jenderal Chad, Umar Bekimi, sebagai wakil Sidi pada KTT Uni Afrika di Mauritania,” jelas Diageana.

Kamis, 19/07/2018 10:57 0

Irak

Delapan Rentetan Ledakan Guncang Kirkuk, Iraq

“Dua roket jatuh di dua tembat berbeda, salah satunya di Rumah Sakit Anak dan menyebabkan tujuh korban luka-luka,” lapor kantor berita dari wartawannya di Iraq itu.

Kamis, 19/07/2018 08:27 0

Yaman

Mortir Pemberontak Syiah Hutsi Hantam Permukiman Sipil

Menurut sumber yang sama, serangan mortir itu mengakhiri periode beberapa hari terakhir yang relatif tenang tanpa kontak senjata antara pihak-pihak yang berperang di Yaman.

Kamis, 19/07/2018 07:45 0

Palestina

Militer Israel Bersiap Kembali Invasi Gaza

KIBLAT.NET, Gaza – Jet-jet tempur Israel pada hari Selasa (17/07) melancarkan serangan ke wilayah Jalur...

Kamis, 19/07/2018 07:26 0

China

China Larang Warga Muslim Non-Uighur Azan dengan Pengeras Suara

Tak hanya komunitas muslim Uighur di Xinjiang yang mendapat pengawasan ketat dari pemerintah komunis China. Komunitas Muslim lain seperti Hui dan Kazakh juga mendapatkan perlakuan serupa.

Rabu, 18/07/2018 15:32 0

Foto

[Foto] Aksi Emak-emak Militan Desak Jokowi Turunkan Harga Kebutuhan

Para ibu yang menamakan diri sebagai Barisan Emak-emak Militan (BEM) mendesak presiden Jokowi untuk menurunkan harga kebutuhan pokok

Rabu, 18/07/2018 13:41 0

Irak

Demonstran Iraq Dekati Ladang Minyak Italia

Seorang sumber pegawai di ladang minyak Zubayr mengaku bahwa produksi minyak tidak terganggu akibat demonstrasi tersebut.

Rabu, 18/07/2018 13:37 0

Suriah

Rezim Suriah “Legakan” Israel dalam Pertempuran Quneitra

Analis Israel menunjukkan bahwa gerakan militer di Quneitra ini terjadi setelah tercapainya kesepakatan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Donald Trump Amerika di KTT Helsinki. Pembicaran itu, lanjut mereka, kedua kepala negara menyatakan dukungan terhadap Israel dan mendorong rezim Suriah mematuhi perjanjian yang ditandatangani pada tahun 1974.

Rabu, 18/07/2018 12:41 0

Amerika

Ramai Dikecam Karena Bela Rusia, Trump Mengaku Salah Bicara

Politisi Republik dan Demokrat serta para pejabat mengecam pernyataan Donald Trump sebelum bertemu rekannya Vladimir Putin di Helsinski, Finlandia.

Rabu, 18/07/2018 11:15 0

Suriah

Kesepakatan HTS-Iran Keluarkan Milisi Syiah dari Kufreya dan Al-Foa

Kesepakatan itu muncul setelah negosiasi berlangsung selama berhari-hari antara kedua pihak, bersamaan dengan pembicaraan tentang masa depan provinsi Idlib setelah habisnya wilayah oposisi di selatan Suriah.

Rabu, 18/07/2018 08:40 0

Close