... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

LPAI: Pendidikan Anak Menjadi Tugas Bersama

Foto: Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI)

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi mengungkapkan bahwa pendidikan seorang anak menjadi tugas bersama. Bukan terbatas orang tua ataupun guru di sekolah.

“Kami secara acak melakukan pemantauan terhadap kemungkinan-kemungkinan pelanggaran hak anak. Kami juga terus menyuarakan kepada orang tua agar betul-betul terlibat dalam pendidikan putra-putrinya di sekolah. Aktifkan lah komite sekolah, kami pegang prinsip, mendidik anak butuh orang sekampung, gak bisa hanya orang tua atau para guru, semua harus peduli, saling memantau, melindungi, mendukung,” ungkapnya kepada Kiblat.net, Selasa (17/07/2018)

Pendidikan di sekolah sendiri, sebut Seto harus diarahkan untuk kepentingan terbaik bagi anak, bukan kepentingan guru, menteri, atau orang tua.

Seto mengungkapkan, kekerasan terhadap anak pada tahun 2017 cukup tinggi, terutama kasus bullying. Ia melihat terkadang, para orang tua tidak peduli, terbukti sudah terjadinya kasus tersebut, barulah orang tua sadar.

“Kita lihat saja kasus-kasus yang sudah terjadi, orang tua baru sadar. Karenanya, sepulang sekolah baiknya para orang tua menjalin komunikasi, menanyakan bukan hanya aspek akademik saja, melainkan juga keseharian di sekolah,” ungkapnya.

“Pertanyaan yang diutarakan bukan hanya ‘nakal nggak, nyontek eggak’, tetapi ‘kamu senang nggak di sekolah’. Karena belajar yang efektif adalah belajar yang menyenangkan, bukan belajar yang penuh dengan tekanan, tuntutan, kurikulum yang padat, pekerjaan rumah yang bertumpuk, bukan itu,” tukasnya.

BACA JUGA  BPJPH: Kewajiban Serifikat Halal Untungkan Investor

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Kesepakatan HTS-Iran Keluarkan Milisi Syiah dari Kufreya dan Al-Foa

Kesepakatan itu muncul setelah negosiasi berlangsung selama berhari-hari antara kedua pihak, bersamaan dengan pembicaraan tentang masa depan provinsi Idlib setelah habisnya wilayah oposisi di selatan Suriah.

Rabu, 18/07/2018 08:40 0

Afghanistan

ISIS Serang Rumah Komandan Taliban di Utara Afghanistan

“Sedikitnya 15 anggota Taliban terbunuh dan lima lainnya luka-luka,” imbuh Amani.

Rabu, 18/07/2018 07:44 0

Irak

Bakar Baliho Khomeini, Pendemo Tuntut Iran Keluar dari Iraq

Sebuah video yang dibagikan di media sosial, Senin (16/07/2018) menunjukkan aksi pembakaran itu. Para pengunjuk rasa juga meneriakkan slogan "usir Iran, usir! Supaya Basra bebas".

Selasa, 17/07/2018 15:20 0

Video Kajian

Risalah Rasulullah ﷺ Sebagai Rahmatan Lil Alamin

KIBLAT.NET – Risalah Rasulullah ﷺ Sebagai Rahmatan Lil Alamin. Beliau ﷺ diutus dengan risalah sebagai...

Selasa, 17/07/2018 11:53 0

Irak

Protes di Iraq Meletus, Rakyat Tuntut Pekerjaan dan Perbaikan Layanan Publik

Para pengunjuk rasa juga memprotes korupsi dan kinerja pemerintah yang buruk. Mereka bentrok dengan pasukan keamanan di beberapa provinsi, termasuk Maysan, Dhi Qar, Basra, Najaf dan Karbala.

Selasa, 17/07/2018 11:05 0

Video Kajian

Mencari Istri Seperti Abdurrahman bin Auf, Ini Caranya!

KIBLAT.NET – Mencari Istri Seperti Abdurrahman bin Auf, Ini Caranya! Anda mungkin sudah hafal kisah...

Selasa, 17/07/2018 09:32 0

Suriah

Marak Nikah Mut’ah di Wilayah Kekuasaan Rezim Assad

Surat kabar Perancis, Liberation, pada Ahad (15/07/2018) melaporkan bahwa fenomena nikah mut'ah (kawin kontrak) telah menyebar di Suriah, terutama di daerah-daerah yang kembali dikuasai rezim Bashar Assad, yang mana terdapat milisi Syiah di dalamnya.

Senin, 16/07/2018 18:05 0

Suriah

Evakuasi Pejuang dari Daraa Dimulai, Quneitra Hadapi Pertempuran

Koresponden Al-Jazeera melaporkan bahwa sebanyak 450 pejuang oposisi dan keluarga mereka telah meninggalkan kota Daraa menuju Idlib di Suriah utara. Sementara sejumlah sumber mengatakan bahwa mereka ditemani sekitar 60 anak dan tiga puluh wanita.

Senin, 16/07/2018 11:41 0

Arab Saudi

Saudi Buat Halaman Khusus untuk Pendaftaran Calhaj Asal Qatar

Kementerian itu menegaskan bahwa Pemerintah Kerajaan dan dengan arahan Raja menyambut semua jamaah haji dan umrah dari seluruh dunia. Begitu juga, Kerajaan mencurahkan segala upaya unuk melayani dan mempermudah proses menjalankan ibadah selama di Tanah Suci.

Senin, 16/07/2018 10:08 0

Afghanistan

Taliban Tolak Laporan PBB Tentang Statistik Korban Sipil Tahun Ini

Laporan tersebut tidak adil. Menurutnya, laporan ini disusun dengan koordinasi dengan utusan AS untuk kepentingan negara itu.

Senin, 16/07/2018 09:06 0

Close