... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Taliban Tolak Laporan PBB Tentang Statistik Korban Sipil Tahun Ini

Foto: Warga Afghanistan menshalatkan para korban serangan udara AS di Kunduz tahun 2016 lalu

KIBLAT.NET, Kabul – Imarah Islam Afghanistan (Taliban) menolak laporan PBB baru-baru ini mengenai statistik korban sipil dalam kekerasan di Afghanistan dalam paruh pertama tahun 2018. Laporan yang disusun oleh UNAMA (United Nations Assistance Mission in Afghanistan), lembaga resmi PBB, itu menyebut sebanyak 40% korban disebabkan oleh Taliban.

Menurut laporan UNAMA, angka kematian naik satu persen dibanding periode yang sama tahun lalu menjadi 1.692 orang, meskipun angka cedera turun lima persen menjadi 3.430 orang. Kasus kematian itu paling banyak disebabkan oleh serangan militan dan bom bunuh diri. Adapun secara keseluruhan, korban sipil turun tiga persen.

Berdasarkan statisktik yang dibuat UNAMA, 50% korban disebabkan oleh serangan ISIS, 40% oleh serangan Taliban. Sementara korban yang ditimbulkan oleh AS hanya 3%. Adapun sisanya oleh pasukan pemerintah.

Zabihullah Mujahid, juru bicara resmi Taliban, dalam pernyataannya pada Ahad (15/07) menegaskan bahwa laporan tersebut tidak adil. Menurutnya, laporan ini disusun dengan koordinasi dengan utusan AS untuk kepentingan negara itu.

Laporan UNAMA, lanjut Mujahid, tidak benar-benar ingin memberikan perhatian kepada warga sipil Afghanistan. Akan tetapi, mereka ingin menggunakan isu kritis korban sipil sebagai item propaganda untuk menyerang mujahidin dan jihad yang sedang berlangsung.

Ia menunjukkan bahwa seluruh warga Afghanistan telah menyaksikan pemboman dan penggerebekan terus menerus di desa-desa dan kota-kota Afghanistan oleh pasukan Amerika Serikat. Serangan itu telah menghancurkan fasilitas publik, seperti Madrasah, klinik, bangunan umum, taman dan pasar. Tak pelak, hal itu menyebabkan banyak korban jiwa warga sipil.

BACA JUGA  Tentara AS Kembali Tewas di Afghanistan

“Tetapi laporan UNAMA menyatakan bahwa Amerika hanya bertanggung jawab atas 3 persen korban sipil di Afghanistan,” kata Mujahid menolak laporan itu.

Di sisi lain, lanjutnya, pasukan rezim Kabul dan para penjahat lainnya yang menghancurkan desa-desa dan menyababkan banyak korban sipil hanya disebut menyebab 17 persen korban sipil.

Sebaliknya, Mujahidin yang telah berhati-hati terhadap korban sipil, mereka telah dikaitkan menyebabkan korban 40 persen dari jumlah keseluruhan.

Sumber: Jihadology.net
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Mana Lebih Kuat Dalilnya, Tahiyyat Menggerakkan Jari Atau Tidak?

KIBLAT.NET – Mana Lebih Kuat Dalilnya, Tahiyyat Menggerakkan Jari Atau Tidak? Sebagian dari kita barang...

Ahad, 15/07/2018 12:42 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Resep Mujarab Agar Lulus Hadapi Musibah

KIBLAT.NET – Khutbah Jumat: Resep Mujarab Agar Lulus Hadapi Musibah. Dalam Al-Qur’an, Allah telah menetapkan...

Ahad, 15/07/2018 12:14 0

Indonesia

Rupiah Anjlok, Pemerintah Didesak Revisi Kebijakan

Pengamat Ekonomi, Dina Nurul Fitria mengatakan bahwa pemerintah harus segera melakukan revisi-revisi terhadap apapun yang berhubungan dengan US Dollar.

Ahad, 15/07/2018 11:50 0

Indonesia

Terduga Teroris Ditembak di Jogja, DPR Diminta Bentuk Tim Pengawas Densus 88

Pasca penembakan terduga teroris di Yogyakarta, Wakil Ketua Majelis Hukum dan HAM Muhammadiyah, Maneger Nasution menegaskan bahwa DPR harus segera membentuk tim pengawas Densus 88.

Ahad, 15/07/2018 11:34 0

Indonesia

Rupiah Merosot Tapi Rakyat Masih Adem Ayem, Ini Kata Pengamat

Dina menjelaskan, masyarakat Indonesia memang memiliki tabiat pasar yang menarik. Yaitu berapapun harga yang dipatok pasti akan dibeli oleh konsumen Indonesia.

Ahad, 15/07/2018 11:11 0

Suara Pembaca

Hidayatullah Jateng Gelar Silatwil di Kudus

KIBLAT.NET, Kudus – Umat Islam harus berpolitik, karena kalau tidak, kita umat Islam akan dipimpin...

Ahad, 15/07/2018 10:10 0

Suara Pembaca

Anak Seorang Aktivis Dakwah Menderita Kelainan Jantung, Bantu Yuk!

KIBLAT.NET, Lampung – Zya Sofiyah (1,5 th) harus menjalani cobaan hidup di usianya yang masih...

Ahad, 15/07/2018 10:04 0

Khazanah

Inilah Manfaat di Balik Anjuran Nabi Tidur Miring ke Kanan

KIBLAT.NET - Dalam sebuah riwayat Al-Bara′ bin Azib menyampaikan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Apabila kamu hendak berangkat ke tempat tidurmu maka berwudhulah seperti wudhumu untuk shalat, kemudian berbaringlah pada sisi badan sebelah kanan…,” (HR. Bukhari-Muslim)

Ahad, 15/07/2018 10:00 0

Munaqosyah

Slogan Anti Arab dalam Perspektif Syar’i

Para pengusung ide ini seringkali memisahkan agama Islam dari hal-hal yang berbau Arab. Seolah Islam Arab itu sesuatu yang perlu dijauhi, lebih lanjut lagi mereka terkadang mengklaim sebuah ajaran Islam sebagai budaya Arab dan menolaknya karena itu budaya Arab.

Ahad, 15/07/2018 09:00 0

Artikel

Kiprah Syaikh Safar Hawali Melawan Pendudukan Amerika di Teluk Arab

Di dalamnya, ia berbicara tentang uang miliaran yang dikeluarkan Arab Saudi dan Negara-negara Teluk untuk Amerika Serikat selama kunjungan Donald Trump ke Riyadh pertengahan tahun 2017.

Ahad, 15/07/2018 06:23 0

Close