... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Saudi Hapus Program “Kesadaran Islam” di Sekolah-sekolah

KIBLAT.NET, Riyadh – Pemerintah Saudi menghapuskan program “Kesadaran Islam” yang berjalan berlaku selama hampir setengah abad di sekolah-sekolah di Kerajaan Saudi. Kementerian Urusan Islam Saudi juga menghentikan semua kegiatan dakwah yang dimulai seiring liburan musim panas, dalam langkah baru yang menunjukkan pengaruh gerakan liberal di kerajaan.

Departemen Pendidikan Saudi mengeluarkan edaran dalam hal ini, di mana ia pemerintah memutuskan untuk membatalkan program “Fathan”, “Hasana” dan “Taui’yah”, serta penghapusan semua komite yang terkait dengan acara tersebut.

Menurut keputusan yang dilansir kantor berita Saudi, semua kegiatan itu akan diganti dengan program “Kesadaran Intelektual” yang baru-baru ini diluncurkan oleh Departemen Pendidikan.

Program “Kesadaran Islam” merupakan proyek yang didirikan pada tahun 1969, dan diberlakukan di semua sekolah di Kerajaan. Program ini membimbing keigatan Islam dan pusat-pusat pelatihan musim panas selama beberapa tahun.

Sebagian besar sekolah di Arab Saudi memasukkan program Kesadaran Islam dalam kegiatan unggulan. Hal itu karena siswa-siswa banyak yang tertarik dengan kegiatan dakwah.

Menurut Departemen Pendidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam mengawasi dan memantau program serta kegiatan pendidikan untuk mempromosikan kepatuhan terhadap ajaran Islam dan nilai-nilai di departemen pendidikan dan sekolah, di samping menyediakan program yang tepat untuk staf Kementerian Pendidikan Pusat.

“Kesadaran Islam” telah dituduh oleh gerakan liberal dalam beberapa tahun belakangan memupuk generasi “ekstremis”. Tuduhan itu disambut rezim sekarang sehingga mendorong untuk dihapus.

BACA JUGA  Saudi Pertimbangkan Larangan Menikah di Bawah Umur 

Dalam konteks yang terkait, Departemen Urusan Islam menghentikan semua kegiatan dakwah dan kuliah, program dan daurah yang dimulai dengan dimulainya liburan musim panas.

Keputusan itu datang pada saat otoritas Saudi menangkap Syaikh Safar al-Hawali dan tiga putranya, beberapa hari setelah penerbitan buku yang dikaitkan dengannya, termasuk nasihat kepada keluarga yang berkuasa dan para ulama pemerintah.

Sumber: Al Jazeera
Redaksi: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Mana Lebih Kuat Dalilnya, Tahiyyat Menggerakkan Jari Atau Tidak?

KIBLAT.NET – Mana Lebih Kuat Dalilnya, Tahiyyat Menggerakkan Jari Atau Tidak? Sebagian dari kita barang...

Ahad, 15/07/2018 12:42 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Resep Mujarab Agar Lulus Hadapi Musibah

KIBLAT.NET – Khutbah Jumat: Resep Mujarab Agar Lulus Hadapi Musibah. Dalam Al-Qur’an, Allah telah menetapkan...

Ahad, 15/07/2018 12:14 0

Indonesia

Rupiah Anjlok, Pemerintah Didesak Revisi Kebijakan

Pengamat Ekonomi, Dina Nurul Fitria mengatakan bahwa pemerintah harus segera melakukan revisi-revisi terhadap apapun yang berhubungan dengan US Dollar.

Ahad, 15/07/2018 11:50 0

Indonesia

Terduga Teroris Ditembak di Jogja, DPR Diminta Bentuk Tim Pengawas Densus 88

Pasca penembakan terduga teroris di Yogyakarta, Wakil Ketua Majelis Hukum dan HAM Muhammadiyah, Maneger Nasution menegaskan bahwa DPR harus segera membentuk tim pengawas Densus 88.

Ahad, 15/07/2018 11:34 0

Indonesia

Rupiah Merosot Tapi Rakyat Masih Adem Ayem, Ini Kata Pengamat

Dina menjelaskan, masyarakat Indonesia memang memiliki tabiat pasar yang menarik. Yaitu berapapun harga yang dipatok pasti akan dibeli oleh konsumen Indonesia.

Ahad, 15/07/2018 11:11 0

Suara Pembaca

Hidayatullah Jateng Gelar Silatwil di Kudus

KIBLAT.NET, Kudus – Umat Islam harus berpolitik, karena kalau tidak, kita umat Islam akan dipimpin...

Ahad, 15/07/2018 10:10 0

Suara Pembaca

Anak Seorang Aktivis Dakwah Menderita Kelainan Jantung, Bantu Yuk!

KIBLAT.NET, Lampung – Zya Sofiyah (1,5 th) harus menjalani cobaan hidup di usianya yang masih...

Ahad, 15/07/2018 10:04 0

Khazanah

Inilah Manfaat di Balik Anjuran Nabi Tidur Miring ke Kanan

KIBLAT.NET - Dalam sebuah riwayat Al-Bara′ bin Azib menyampaikan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Apabila kamu hendak berangkat ke tempat tidurmu maka berwudhulah seperti wudhumu untuk shalat, kemudian berbaringlah pada sisi badan sebelah kanan…,” (HR. Bukhari-Muslim)

Ahad, 15/07/2018 10:00 0

Munaqosyah

Slogan Anti Arab dalam Perspektif Syar’i

Para pengusung ide ini seringkali memisahkan agama Islam dari hal-hal yang berbau Arab. Seolah Islam Arab itu sesuatu yang perlu dijauhi, lebih lanjut lagi mereka terkadang mengklaim sebuah ajaran Islam sebagai budaya Arab dan menolaknya karena itu budaya Arab.

Ahad, 15/07/2018 09:00 0

Tarbiyah Jihadiyah

Ketika Ujian Merintangi Jalan Hijrah Para Aktivis

Namun, bagi seorang aktivis ini adalah prinsip dasar yang harus dipegang teguh. Ketika telah berazam hidup di jalan perjuangan, haruslah tetap konsekuen dengan pilihan hingga Allah memanggil.

Ahad, 15/07/2018 05:18 0

Close