... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Inilah Manfaat di Balik Anjuran Nabi Tidur Miring ke Kanan

KIBLAT.NET – Dalam sebuah riwayat Al-Bara′ bin Azib menyampaikan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلاَةِ ، ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الأَيْمَنِ

“Apabila kamu hendak berangkat ke tempat tidurmu maka berwudhulah seperti wudhumu untuk shalat, kemudian berbaringlah pada sisi badan sebelah kanan…,” (HR. Bukhari-Muslim)

Memang benar bahwa tidak ada syariat satu pun dalam agama islam kecuali memabawa maslahat bagi umat manusia. Baik maslahat bagi jiwanya maupun maslahat bagi jasmaninya. Begitu juga dengan anjuran Nabi Saw dalam hadis di atas. Ternyata tidur dalam posisi berbaring sebelah kanan menyimpan rahasia medis yang luar biasa.

Sebenarnya ketika tidur, seseorang mungkin saja melakukannya dengan cara tengkurap, telentang, atau berbaring pada salah satu sisi badan; sebelah kanan maupun kiri. Tapi tahukah anda bagaimana posisi tidur yang paling baik demi kesehatan seluruh anggota badan?

Ketika seseorang tidur tengkurap, menurut Dr. Zhafir Al-Athar, “Sesaat kemudian, ia akan merasakan sesak nafas. Sebab, beban punggung yang begitu berat menghalangi dada untuk mengembang dan mengempis saat menarik dan mengeluarkan nafas. Posisi tidur seperti ini juga dapat menyebabkan kebengkokan secara paksa pada ruas tulang tengkuk serta gesekan alat kelamin dengan tempat tidur yang mendorong untuk melakukan onani atau masturbasi. Selain itu, posisi tersebut dapat membuat jantung dan otak semakin bekerja keras.”
Seorang peneliti dari Australia mencatat bahwa tingginya persentase kematian anak-anak secara tiba-tiba mencapai tiga kali lipat tatkala mereka biasa tidur tengkurap dibandingkan anak-anak yang tidur pada salah satu sisi badan. Majalah Times juga memublikasikan sebuah penelitian serupa yang dilakukan oleh orang-orang Britania yang menegaskan tingginya persentase kematian secara tiba-tiba di kalangan anak-anak yang biasa tidur tengkurap.

BACA JUGA  Khutbah Idul Adha 1439 H: Khutbah Wada' Rasulullah, Menjaga Kesucian Umat Islam dan Berlepas Diri dari Kejahiliyahan

Satu hal yang benar-benar menakjubkan, ternyata banyak penelitian modern senada dengan apa yang diperintahkan Rasulullah. Yakni dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a, “Rasulullah SAW pernah melihat seseorang tidur tengkurap. Lantas, beliau pun bersabda:

إن هذا ضجعة لا يحبها الله

′Sesungguhnya, tidur seperti ini tidak disukai Allah′.” (HR Ahmad (14993), Abu Dawud (4383), Tirmidzi (3692) kitab Al-Adâb dan lafal tersebut adalah miliknya)

Adapun tidur telentang, masih menurut Dr. Al-Athar, dapat menyebabkan pernafasan melalui mulut. Sebab, mulut akan terbuka tatkala tidur telentang. Ini dikarenakan adanya kelonggaran pada rahang bagian bawah. Padahal, hidung adalah alat yang telah dipersiapkan untuk bernafas yang di dalamnya terdapat rambut dan ingus. Keduanya berfungsi membersihkan udara yang masuk. Selain itu, dalam hidung juga terdapat banyak pembuluh darah untuk menghangatkan udara.

Bernafasnya orang yang tidur dari mulut akan menyebabkan lidahnya tertutup oleh lapisan putih yang menimbulkan bau mulut tidak sedap. Pada wanita, ia akan menekan bagian bawah lidah sehingga wanita tersebut akan merasa cemas (gelisah).

Tidur pada sisi sebelah kiri juga tidak dibenarkan. Sebab, hati berada di bawah tekanan paru-paru sebelah kanan yang lebih besar ukurannya dibandingkan paru-paru sebelah kiri. Hal itu dapat mempengaruhi tugas dan fungsi paru-paru, khususnya bagi orang yang berusia lanjut. Bagian lain yang ikut terkena imbasnya adalah perut. Perut yang terisi penuh akan terhimpit. Himpitan itu pun akan mengenai jantung dan liver. Liver merupakan isi perut yang paling berat dan posisinya tidak kokoh. Ia hanya tergantung pada ikatan yang ada pada sisi sebelah kanan.

Akibatnya, ia akan menghimpit jantung dan perut yang menyebabkan terlambatnya pengosongan makanan dalam perut. Riset yang dilakukan oleh dua ilmuwan, Jalth dan Putzeyh membuktikan bahwa perjalanan makanan dari perut menuju usus selesai dalam waktu 2,5-4,5 jam saja apabila seseorang tidur pada sisi badan sebelah kanan. Namun, jika tidur pada sisi badan sebelah kiri, hal itu baru bisa diselesaikan dalam waktu 5-8 jam.

BACA JUGA  Khutbah Idul Adha 1439 H: Khutbah Wada' Rasulullah, Menjaga Kesucian Umat Islam dan Berlepas Diri dari Kejahiliyahan

Jadi, tidur pada sisi badan sebelah kanan merupakan posisi yang benar. Sebab, paru-paru sebelah kiri lebih kecil daripada yang sebelah kanan, sehingga lebih ringan bebannya bagi jantung. Hati pun dalam keadaan stabil tidak tergantung. Perut juga dapat beristirahat di atasnya dengan penuh relaksasi. Selain itu, lebih mudah untuk mengosongkan makanan yang ada di dalam perut sesudah mencernanya. Lebih dari itu, tidur pada sisi badan sebelah kanan dianggap sebagai tindakan medis terbaik yang memudahkan tugas batang tenggorokan rongga paru-paru kiri untuk mempercepat pengeluaran kotoran berupa ingus.

Selanjutnya, Dr. Ar-Rawi berkomentar, “Terjadinya pelebaran rongga-rongga paru-paru (bronkiektasis) adalah di sebelah kiri, tidak pada sebelah kanan. Sebab, rongga-rongga paru-paru kanan secara bertahap naik ke atas (sedikit miring) yang mempermudah pengeluaran kotorannya melalui silia bronkial. Adapun rongga paru-paru kiri dalam posisi vertikal sehingga menyulitkan pembuangan kotorannya ke atas. Sehingga, menumpuklah kotoran-kotoran tersebut pada lower lobus (lobus bawah paru) yang menyebabkan bronkiektasis (pelebaran rongga-rongga). Tanda-tandanya, banyak membuang dahak pada pagi hari.

Penyakit ini bisa meningkat menjadi penyakit berbahaya, seperti abses paru-paru dan penyakit ginjal. Penyakit-penyakit tersebut bisa diminimalisir dengan terapi tidur pada sisi badan sebelah
kanan, sebagaimana yang dianjurkan oleh Nabi SAW di atas.

 

Fakhruddin

Sumber: Mu’jizat Kesehatan dalam Hadits-Hadits Nabi, Shubhi Sulaiman, Penerbit; Aqwam, Solo

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Munaqosyah

Slogan Anti Arab dalam Perspektif Syar’i

Para pengusung ide ini seringkali memisahkan agama Islam dari hal-hal yang berbau Arab. Seolah Islam Arab itu sesuatu yang perlu dijauhi, lebih lanjut lagi mereka terkadang mengklaim sebuah ajaran Islam sebagai budaya Arab dan menolaknya karena itu budaya Arab.

Ahad, 15/07/2018 09:00 0

Artikel

Kiprah Syaikh Safar Hawali Melawan Pendudukan Amerika di Teluk Arab

Di dalamnya, ia berbicara tentang uang miliaran yang dikeluarkan Arab Saudi dan Negara-negara Teluk untuk Amerika Serikat selama kunjungan Donald Trump ke Riyadh pertengahan tahun 2017.

Ahad, 15/07/2018 06:23 0

Tarbiyah Jihadiyah

Ketika Ujian Merintangi Jalan Hijrah Para Aktivis

Namun, bagi seorang aktivis ini adalah prinsip dasar yang harus dipegang teguh. Ketika telah berazam hidup di jalan perjuangan, haruslah tetap konsekuen dengan pilihan hingga Allah memanggil.

Ahad, 15/07/2018 05:18 0

Suriah

Faksi-faksi Pejuang di Idlib Tengah Siapkan Operasi Militer Besar

Faksi-faksi oposisi militer di Idlib dikabarkan, Sabtu (14/07), tengah mempersiapkan pertempuran besar. Pertempuran ini untuk merebut sisa dua kota di Idlib yang masih dikontrol milisi Syiah pro rezim, Kota Kufreya dan Al-Foa

Sabtu, 14/07/2018 16:19 0

Profil

Mullah Abdussalam, Mujahid Taliban Pemutus Dominasi AS di Kunduz

Tahun 2004, Mullah ditunjuk sebagai tokoh yang menggawangi jihad secara global di wilayah Kunduz. Perlu diketahui saat itu, Kunduz di bawah penguasaan Amerika.

Sabtu, 14/07/2018 12:34 0

Arab Saudi

10 Informasi Penting Mengenai Syaikh Safar Al-Hawali

Pada 2005, beliau menderita penyakit parah yang pada akhirnya mempengaruhi kemampuannya untuk berbicara

Sabtu, 14/07/2018 11:06 0

Suriah

Serangan Terbaru Koalisi AS di Suriah Tewaskan Banyak Sipil

"Koalisi atau salah satu mitra kami mungkin telah melakukan serangan udara di desa Sousse pada Kamis," kata Sean Ryan, seorang juru bicara militer AS mengonfirmasi.

Sabtu, 14/07/2018 09:36 0

Arab Saudi

Syaikh Safar Al-Hawali Ditangkap Dalam Kondisi Kesehatan Menurun

"Pasukan yang menangkap Syaikh Al-Hawali datang Kamis pagi dengan membawa ambulans ke rumahnya di desa Hawala lalu kemudian beliau dibawa ke penjara,"

Sabtu, 14/07/2018 08:29 0

Indonesia

CBA: Tangani Kasus BLBI, Pemerintah Banyak Negosiasi

Direktur Center for Budget Analisis (CBA), Uchok Sky Khadafi mengatakan bahwa pemerintah lebih banyak melakukan negoisasi kepada bank-bank yang bermasalah dalam penanganan skandal BLBI.

Jum'at, 13/07/2018 22:49 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Kerinduan Untuk Beribadah Haji

Khutbah Jumat: Kerinduan Untuk Beribadah Haji Khutbah Pertama: الحَمْدُ للهِ الَّذِي فَرَضَ الحَجَّ وجَعَلَ لَهُ...

Jum'at, 13/07/2018 16:49 0

Close