... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Khutbah Jumat: Kerinduan Untuk Beribadah Haji

Foto: Jemaah haji sedang melaksanakan ibadah wukuf saat musim haji 14 Oktober 2013 (Reuters/Ibraheem Abu Mustafa)

Khutbah Jumat: Kerinduan Untuk Beribadah Haji

Khutbah Pertama:

الحَمْدُ للهِ الَّذِي فَرَضَ الحَجَّ وجَعَلَ لَهُ مِيزَةً لَيْسَتْ في غَيْرِهِ مِنَ الفَرائِضِ، فَمَنْ كانَ حَجُّهُ مَبْرُورًا رَجَعَ كَيَوْمَ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ فَكانَ ذَنْبُهُ مَغْفُورًا وَأَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ وَلا مَثِيلَ لَهُ وَلا ضِدَّ وَلا نِدَّ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنا وَحَبِيبَنا وَعَظِيمَنا وَقائِدَنا وَقُرَّةَ أَعْيُنِنا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ وَصَفِيُّهُ وَحَبِيبُهُ، مَنْ بَعَثَهُ اللهُ رَحْمَةً لِلْعالَمِينَ هادِيًا وَمُبَشِّرًا وَنَذِيرًا فَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنا محمدٍ وَعَلى كُلِّ رَسُولٍ أَرْسَلَهُ.

أَمّا بَعْدُ عِبادَ اللهِ فَإِنِّي أُوصِيكُمْ وَنَفْسِيَ بِتَقْوَى اللهِ. يَقُولُ اللهُ تَبارَكَ وتَعالى في كِتابِهِ العَزِيزِ ﴿وَللهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ البَيْتِ مَنِسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلاً﴾

ويَقُولُ ﴿الحَجُّ أَشْهُرٌ مَّعْلُومَاتٌ فَمَن فَرَضَ فِيهِنَّ الحَجَّ فَلاَ رَفَثَ وَلاَ فُسُوقَ وَلاَ جِدَالَ فِي الحَجِّ وَمَا تَفْعَلُواْ مِنْ خَيْرٍ يَعْلَمْهُ اللهُ وَتَزَوَّدُواْ فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى وَتَّقُونِ يَا أُوْلِي الأَلْبَابِ﴾

Jamaah Jumat yang mulia,
Allah SWT berfirman:

وَأَذِّنْ فِي النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالاً وَعَلَى كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ) (الحج:27)

“Dan serulah manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, atau mengendarai setiap unta yang kurus, mereka datang dari segenap penjuru yang jauh.” (Al-Hajj: 27)

Nabi Ibrahim memenuhi perintah Allah, ketika ia berada di padang pasir yang gersang nan sunyi dari keramaian. Ia berdiri memanggil di atas Gunung Abu Qubais, “Wahai manusia, sesungguhnya Rabb kalian telah membangun sebuah rumah, dan mewajibkan haji bagi kalian ke sana. Maka penuhilah panggilan Rabb kalian.”

Maka manusia dari timur dan barat datang memenuhi panggilan, “Labbaika Allahumma labbaik.” Kami memenuhi panggilan-Mu, wahai Allah. Kami memenuhi panggilan-Mu

Kemudian Allah mengabulkan permintaan Ibrahim dalam doanya:

(رَبَّنَا إِنِّي أَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُوا الصَّلاةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ) (ابراهيم:37)

“Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, Ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan berilah mereka rezeki dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.” (Ibrahim: 37)

Jamaah Jumat yang mulia,
Hari ini, saya, jamaah yang hadir di sini, dan seluruh umat Islam, tentunya memiliki kerinduan di hatinya untuk memenuhi panggilan Allah, berhaji ke rumah-Nya.

Salah satu buktinya dapat kita lihat, berapa banyak daftar tunggu jamaah haji di Kementerian Agama RI hingga tahun 2018 ini? Maka pada tahun ini, sebagian saudara kita berangkat ke Tanah Suci, sebagian lainnya masih menunggu-nunggu dalam kerinduan.

Ada kisah masa lalu, tentang orang saleh yang melihat rombongan haji saat baru berangkat. Ia berhenti dan menangis, lalu berkata dalam hati, “Biarkanlah ikut dan mengikuti kendaraan kalian, sebagai relawan seperti budak.”

BACA JUGA  Khutbah Jumat: Tiga Perkara yang Membinasakan

Kemudian, ia menghela nafas dan berkata, “Beginilah ruginya orang yang gagal untuk sampai ke Baitullah. Lalu bagaimana lagi kerugian orang yang gagal untuk sampai kepada Rabbul Bait (Allah)?”

Jamaah Jumat yang mulia,
Bagaimana kita tidak ingin berhaji, sedangkan ia rukun kelima Islam? Rasulullah SAW bersabda:

بني الإسلام على خمس: شهادة أن لا إله إلا الله وأن محمدا رسول الله ، وإقام الصلاة ، وايتاء الزكاة وصوم رمضان ، وحج البيت

“Islam dibangun di atas lima perkara: Bersaksi bahwa tiada Ilah yang berhak disembah selain Allah dan bahwa nabi Muhammad utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan, dan melaksanakan haji.” (Riwayat Muslim)

Bagaimana kita tidak ingin berhaji, sedangkan ia penyempurna amal-amal keimanan? Rasulullah SAW pernah ditanya, “Amal apa yang paling utama?” Beliau menjawab:

إيمانٌ بالله ورسوله ” قيل ثم ماذا ؟ ” قال الجهاد في سبيل الله ” قيل ثم ماذا ؟ ” قال حج مبرور

“Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.” Ada yang bertanya lagi, “Kemudian apa lagi?” Beliau menjawab, “Jihad di jalan Allah.” Ada yang bertanya kembali, “Kemudian apa lagi?” “Haji mabrur”, jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (HR. Bukhari)

Bagaimana kita tidak ingin berhaji, sedangkan Rasulullah SAW bersabda:

من حج ولم يرفث ولم يفسق رجع كيوم ولدته أمه

“Siapa yang berhaji, dan tidak berkata-kata seronok dan tidak berbuat kefasikan maka dia pulang ke negerinya sebagaimana ketika dilahirkan oleh ibunya.” (HR. Bukhari)

Bagaimana kita tidak ingin berhaji, sedangkan Rasulullah SAW bersabda:

الحج المبرور ليس له جزاء إلا الجنة

“Haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga.” (HR. Bukhari)

Bagaimana kita tidak ingin berhaji, sedangkan banyak keutamaan ibadah dan ketaatan dapat dilakukan di sana? Tawaf, sai, shalat di belakang maqam Ibrahim dan hijr Ismail, wukuf di Arafah, menginap di Muzdalifah, minum air zamzam, dan semua ritual lainnya mengikuti apa yang pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW, dalam ibadah haji.

Jamaah Jumat yang mulia,
Rasulullah SAW bersabda dalam hadits yang diriwayatkan dari Aisyah rh.:

من يوم أكثر من أن يعتق الله فيه عبدا من النار من يوم عرفة وإنه ليدنو ثم يباهي بهم الملائكة فيقول ما أراد هؤلاء

“Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman, ‘Apa yang diinginkan oleh mereka?’” (HR. Muslim)

Jamaah Jumat yang mulia, mudah-mudahan saudara-saudara kita yang berangkat haji tahun ini dikaruniai ampunan dan haji mabrur. Semoga mereka mendoakan saudara-saudaranya di sini yang belum dipanggil oleh Allah untuk segera dipanggil ke rumah-Nya. Dan kita sendiri juga berdoa kepada Allah untuk dimudahkan dalam urusan ini. Amin!

BACA JUGA  Khutbah Jumat: Ulama Su', Menjual Agama Demi Syahwat Dunia

 

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ. فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Khutbah Kedua:

إِنَّ الحَمْدَ للهِ نَحمَدُهُ ونَستَعِينُهُ ونَستَهْدِيهِ ونَشْكُرُهُ، ونَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنا وَسَيِّئاتِ أَعْمالِنا، مَن يَهْدِ اللهُ فَلا مُضِلَّ لَهُ وَمَن يُضْلِلْ فَلا هادِيَ لَهُ، وَالصَّلاةُ وَالسَّلامُ على سَيِّدِنا محمّدٍ الصادِقِ الوَعْدِ الأَمِينِ وعَلى إِخْوانِهِ النَّبِيِّينَ والْمُرْسَلِين. وَرَضِيَ اللهُ عَنْ أُمَّهاتِ الْمُؤْمِنينَ وَءالِ البَيْتِ الطَّاهِرينَ وَعَنِ الخُلَفاءِ الرَّاشِدِينَ أَبي بَكْرٍ وعُمَرَ وَعُثْمانَ وَعَلِيٍّ وَعَنِ الأَئِمَّةِ الْمُهْتَدِينَ أَبي حَنِيفَةَ ومالِكٍ والشافِعِيِّ وأَحْمَدَ وَعَنِ الأَوْلِيَاءِ والصَّالِحِينَ أَمَّا بَعْدُ

 

Jamaah Jumat yang mulia,
Meskipun belum dipanggil, hati kita bisa hadir di sana, dan tersambung kepada Rabbul Bait! Tetapi apa yang bisa dilakukan oleh fisik kita? Di antaranya, Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ

“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya, “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.” (HR. Bukhari)

Ada amal-amalan lain yang menyamai pahala haji dan umrah bagi yang belum bisa haji dan umrah sesungguhnya. Maka kita tidak perlu putus asa! Amal tergantung niatnya. Teruslah berusaha, Allah akan melihat dan mengganjar kita dengan pahala yang terbaik, insya Allah.

﴿إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ على النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا﴾

اَللَّهُمَّ صَلِّ على سَيِّدِنا محمدٍ وعلى ءالِ سَيِّدِنا محمدٍ كَمَا صَلَّيْتَ على سيدِنا إبراهيمَ وعلى ءالِ سيدِنا إبراهيمَ وبارِكْ على سيدِنا محمدٍ وعلى ءالِ سيدِنا محمدٍ كَمَا بارَكْتَ على سيدِنا إِبراهيمَ وعلى ءالِ سيدِنا إبراهيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ،

اَللَّهُمَّ إِنَّا دَعَوْناكَ فَٱسْتَجِبْ لَنَا دُعاءَنَا فَٱغْفِرِ اللَّهُمَّ لَنا ذُنوبَنَا وَإِسْرافَنا في أَمْرِنا

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنينَ وَالْمُؤْمِناتِ الأَحْياءِ مِنْهُمْ وَالأَمْواتِ

رَبَّنا ءاتِنا في الدُّنْيا حَسَنَةً وَفي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذابَ النَّارِ

اللَّهُمَّ تَوَفَّنا وأَنْتَ راضٍ عَنّا

اللَّهُمَّ وأَلْهِمْنا عَمَلَ الخَيْرِ ووَفِّقْنا إِلَيْهِ وكَرِّهْ إِلَيْنا الشُّرُورَ وٱعْصِمْنا مِنْ مُقارَفَتِها

اللَّهُمَّ اجْعَلْنَا هُداةً مُهْتَدِينَ غَيْرَ ضالِّينَ وَلا مُضِلِّينَ

اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْراتِنا وَءَامِنْ رَوْعاتِنا وَٱكْفِنا ما أَهَمَّنا وَقِنَا شَرَّ ما نَتَخَوَّفُ وٱرْزُقْنا حَجًّا مَبْرُورًا مُتَقَبَّلاً،

عِبادَ اللهِ إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالعَدْلِ وَالإِحْسانِ وَإِيتَاءِ ذي القُرْبَى وَيَنْهى عَنِ الفَحْشاءِ وَالمُنْكَرِ وَالبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ.

اُذْكُرُوا اللهَ العَظِيمَ يُثِبْكُمْ وَٱشْكُرُوهُ يَزِدْكُمْ، وَٱسْتَغْفِرُوهُ يَغْفِرْ لَكُمْ وَٱتَّقُوهُ يَجْعَلْ لَكُمْ مِنَ أَمْرِكُمْ مَخْرَجًا،

وَأَقِمِ الصَّلاةَ.

 

Naskah: Salem

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Jalani Penahanan di LP Cipinang, Jonru Keluhkan Sesak Napas

Jonru mengalami sesak napas saat menjalani masa penahanan di LP Cipinang

Jum'at, 13/07/2018 15:06 0

Eropa

Begini Hasil KTT NATO Soal Perang di Afghanistan

Deklarasi tersebut membuat pasukan NATO tetap berada di negara itu untuk waktu tambahan yang tidak terbatas.

Jum'at, 13/07/2018 14:34 0

Indonesia

Putra Abu Jibril Bantah Postingan Fitnah Denny Siregar

Menanggapi munculnya unggahan di media sosial itu, Muhammad Jibriel Abdul Rahman dengan tegas menyebutnya sebagai fitnah. "Dipastikan itu palsu dan tidak benar, karena Abu Jibril yang dimaksud bukan Abu Jibriel Abdul Rahman abah saya tapi Abu Jibril Fuad," ujarnya saat dihubungi Kiblat.net, Kamis (12/07/2018).

Jum'at, 13/07/2018 13:38 0

Suriah

Sejak Piala Dunia 2018 Digelar, Rusia Telah Bunuh 71 Warga Sipil Suriah

SOHR kemudian mengimbau kepada awak media dan pengacara di seluruh dunia untuk meningkatkan kesadaran tentang kejahatan yang dilakukan oleh pasukan Rusia di Suriah sejak Piala Dunia dimulai.

Jum'at, 13/07/2018 11:41 0

Opini

Antara Gua Thailand dan Gaza

Di Jalur Gaza, jumlah anak-anak di bawah usia 18 tahun lebih dari 900.000 anak (menurut hasil akhir Sensus Penduduk, Perumahan dan Tempat Usaha 2017), di mana 20.000 anak yatim piatu dan 11.000 anak menderita cacat. 

Jum'at, 13/07/2018 11:18 0

Indonesia

Komisi II Kritisi Penegakan Hukum di Indonesia

“Teroris di mana aja ketahuan, tapi penyiram air keras nggak ketangkep. Ini menunjukkan penegakan hukum kita lemah,” ujarnya dalam diskusi di Cikini, Jakarta Pusat pada Kamis (12/07/2018).

Jum'at, 13/07/2018 10:29 0

Afghanistan

Serdadu AS Kembali Tewas di Afghanistan

KIBLAT.NET, Kabul – Amerika Serikat kembali kehilangan prajuritnya di Afghanistan. Ini merupakan tentara kedua yang...

Jum'at, 13/07/2018 09:24 0

Arab Saudi

Rezim Saudi Dikabarkan Tangkap Syaikh Safar Al-Hawali

Beliau ditangkap setelah beredarnya draft buku yang dikarangnya, yang berisi mengkritik tajam Kerajaan dan ulama pemerintah

Jum'at, 13/07/2018 08:20 0

Timur Tengah

UEA Menolak Tuduhan Amnesty terkait Penjara Rahasia di Yaman

Amnesty International mendokumentasikan "pelanggaran mencolok yang dilakukan dengan cara sistematis dan tidak ada pengadilan ... mencapai tingkat kejahatan perang di penjara rahasia yang dijalankan oleh UEA di Yaman selatan."

Jum'at, 13/07/2018 07:35 0

Irak

Demonstrasi Tuntut Pekerjaan dan Hidup Layak di Kota Basra Meluas

Aksi blokade jalan ini untuk menuntut pengusiran pekerja asing supaya digantikan dengan warga Basra yang banyak menganggur.

Jum'at, 13/07/2018 06:45 0

Close