... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Jalani Penahanan di LP Cipinang, Jonru Keluhkan Sesak Napas

Foto: Jonru saat diwawancarai awak media di Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada Senin (22/01/2018)

KIBLAT.NET, Jakarta – Lama tak terdengar kabarnya setelah divonis dalam kasus kasus ujaran kebencian, Jon Riah Ukur atau Jonru Ginting dilaporkan mengalami sakit di penjara. Dia mengeluhkan sesak saat berada di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang.

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur menjatuhkan vonis hukuman penjara 1 tahun 6 bulan kepada Jonru pada 2 Maret 2018 dalam kasus ujaran kebencian. Sejak saat itu aktivis media sosial itu menghuni LP Cipinang untuk menyelesaikan masa tahanan.

Penasihat hukum Jonru, Dedi Suhardadi mengatakan bahwa kliennya sempat mengeluhkan sesak napas beberapa waktu lalu. Namun, kondisi Jonru mulai membaik setelah mendapatkan perawatan kesehatan dari pihak Lapas.

“Kondisi kesehatannya membaik dan sekarang ini dia lebih menggunakan obat-obatan herbal,” kata Dedi seusai menjenguk Jonru di Lapas Cipinang, Jakarta Timur, Jumat (13/07/2018).

Menurut Dedi, pihak Lapas segera melakukan pengobatan setelah Jonru mengeluhkan sakit sesak napas. Selain itu, tim medis Lapas Cipinang juga sempat melakukan uji laboratoriuma, karena Jonru dikhawatirkan mengalami infeksi saluran pernapasan.

“Memang bang Jonru itu alergi debu, justeru sesak nafasnya kambuh lagi karena diperiksa di poliklinik rutan yang kondisinya tidak tertutup,” ujar Dedi yang datang ke Lapas Cipinang bersama Tim Lembaga Advokasi Perisai.

Dedi menilai pihak Lapas Cipinang telah memberikan pelayanan kesehatan cukup baik kepada Jonru. Dia pun membantah kabar yang menyebut kliennya harus menjalani rawat inap di rumah sakit.

BACA JUGA  ICMI Minta Keributan di Media Sosial Dihentikan Setelah MK Putuskan Sengketa Pilpres

Sebelumnya beredar pesan berantai di media sosial yang menyebut Jonru sedang sakit saat berada di LP Cipinang dan harus diopname. Pesan itu juga menyerukan penggalangan dana untuk membantu Jonro yang disebut mengalami keterbatasan dana. Dedi membantah kabar itu dan menilai ada miskomunikasi.

“Setelah menjalani perawatan dia tidak perlu dirawat di rumah sakit. Sekarang Bang Jonru sedang fokus menulis sebelum bebas,” ujar Dedi.

Sementara, Lembaga Advokasi Perisai dalam kesempatan itu turut memberikan bantuan berupa uang tunai kepada Jonru. Humas Perisai Dodiek Kurniawan mengatakan langkah yang dilakukan oleh lembaganya itu merupakan bentuk kepedulian terhadap aktivis. Menurutnya, selama ini Perisai aktif dalam memberikan advokasi nonlitigasi terutama kepada aktivis yang dipenjara.

“Mari kita terus dukung para aktivis itu, jangan sampai kita meninggalkan mereka ketika berada di masa-masa sulit seperti yang dialami Bang Jonru saat ini,” kata Dodiek.

Reporter: Imam S.
Editor: Wildan Mustofa

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Eropa

Begini Hasil KTT NATO Soal Perang di Afghanistan

Deklarasi tersebut membuat pasukan NATO tetap berada di negara itu untuk waktu tambahan yang tidak terbatas.

Jum'at, 13/07/2018 14:34 0

Suriah

Sejak Piala Dunia 2018 Digelar, Rusia Telah Bunuh 71 Warga Sipil Suriah

SOHR kemudian mengimbau kepada awak media dan pengacara di seluruh dunia untuk meningkatkan kesadaran tentang kejahatan yang dilakukan oleh pasukan Rusia di Suriah sejak Piala Dunia dimulai.

Jum'at, 13/07/2018 11:41 0

Opini

Antara Gua Thailand dan Gaza

Di Jalur Gaza, jumlah anak-anak di bawah usia 18 tahun lebih dari 900.000 anak (menurut hasil akhir Sensus Penduduk, Perumahan dan Tempat Usaha 2017), di mana 20.000 anak yatim piatu dan 11.000 anak menderita cacat. 

Jum'at, 13/07/2018 11:18 0

Afghanistan

Serdadu AS Kembali Tewas di Afghanistan

KIBLAT.NET, Kabul – Amerika Serikat kembali kehilangan prajuritnya di Afghanistan. Ini merupakan tentara kedua yang...

Jum'at, 13/07/2018 09:24 0

Arab Saudi

Rezim Saudi Dikabarkan Tangkap Syaikh Safar Al-Hawali

Beliau ditangkap setelah beredarnya draft buku yang dikarangnya, yang berisi mengkritik tajam Kerajaan dan ulama pemerintah

Jum'at, 13/07/2018 08:20 0

Timur Tengah

UEA Menolak Tuduhan Amnesty terkait Penjara Rahasia di Yaman

Amnesty International mendokumentasikan "pelanggaran mencolok yang dilakukan dengan cara sistematis dan tidak ada pengadilan ... mencapai tingkat kejahatan perang di penjara rahasia yang dijalankan oleh UEA di Yaman selatan."

Jum'at, 13/07/2018 07:35 0

Irak

Demonstrasi Tuntut Pekerjaan dan Hidup Layak di Kota Basra Meluas

Aksi blokade jalan ini untuk menuntut pengusiran pekerja asing supaya digantikan dengan warga Basra yang banyak menganggur.

Jum'at, 13/07/2018 06:45 0

Afrika

Al-Shabab Larang Penggunaan Plastik di Wilayah Kontrol

"Kantong plastik menimbulkan ancaman serius terhadap kesejahteraan manusia dan hewan," kata kelompok yang disebut-sebut memiliki hubungan dengan organisasi Al-Qaidah.

Kamis, 12/07/2018 17:13 0

Video Kajian

Hafiz Quran Tuna Netra, Tapi Suara Merdunya Mendunia

KIBLAT.NET – Hafiz Quran Tuna Netra, Tapi Suara Merdunya Mendunia. Anda pernah mendengar suara qiraah...

Kamis, 12/07/2018 16:18 0

Eropa

Fokus KTT NATO di Brussel Soal Perang di Afghanistan

Perdana Menteri Inggris Theresa May telah mengkonfirmasi bahwa Inggris akan mengirim pasukan tambahan non-tempur untuk bertugas di Afghanistan.

Kamis, 12/07/2018 14:41 0

Close