... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Komentari Survei Radikalisme Masjid, Sydney Jones: Radikal Istilah yang Sangat Luas

Foto: Radikalisme (Ilustrasi)

KIBLAT.NET, Jakarta – Beberapa waktu lalu Lembaga Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat(LP3M) merilis hasil survei tentang masjid-masjid di Jakarta yang terindikasi disusupi radikalisme. Direktur Institute for Public Analysis of Conflict (IPAC), Sidney Jones turut mengomentari hasil survei itu.

Lembaga Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat(LP3M) dan Rumah Kebangsaan merilis hasil survei terhadap seratus masjid di kantor lembga negara dan badan usaha milik negara (BUMN) yang berada di wilayah Jakarta. Hanya dengan melakukan pemantauan terhadap isi khutbah, sebanyak 41 masjid dikategorikan sebagai masjid terindikasi radikal.

Menanggapi hal itu, Sidney Jones menilai kata radikal harusnya tidak langsung disematkan begitu saja hanya berdasarkan survei semacam itu. Sebab, makna istilah itu terlalu luas.

“Saya kira harus bedakan radikal yang mana, karena radikal adalah istilah yang sangat luas,” kata Sidney saat ditemui di Jakarta pada Selasa (10/07/2018).

Sidney mengatakan ada berbagai macam radikalisme, sehingga berbagai macam pula cara mengatasinya. Termasuk juga terkait ideologi khilafah yang disikapi beragam oleh berbagai kelompok masyarakat.

“Kalau yang diajarkan adalah bahwa khilafah adalah sesuatu yang baik, itu oke-oke saja asal tidak menolak demokrasi,” ujaranya.

“Tetapi kalo khilafah dijadikan alternatif, sampai NKRI akan digulingkan, maka itu adalah satu hal yang berbeda,” imbuh Sidney.

Peneliti asal Amerika Serikat yang juga pengamat terorisme itu lantas menyarankan agar hasil survei itu dijadikan langkah awal untuk melakukan studi lebih mendalam.

BACA JUGA  WALHI Beberkan Kejanggalan Kasus Gulfrid Siregar

Sydney kemudian mengimbau agar penelitian yang dilakukan oleh LP3M digunakan sebagai awal dari penelitian lebih lanjut. “Saya kira jangan menggabungkan radikal non violence dengan terorisme. Mereka terkadang juga saling membenci satu sama lain,” tutur Sidney.

Reporter: Qoid
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

Masjid Radikal, Sebuah Narasi Menyudutkan Islam

Definisi radikal sendiri sebenarnya tidak pernah ada kata final. Oleh sebab itu, penafsiran terhadap radikalisme tergantung siapa yang menafsiri dan lebih mengerucut pada kepentingan apa yang hendak dicapai.

Kamis, 12/07/2018 10:28 0

Yaman

Amnesty Seru Penyelidikan Jaringan Penjara Rahasia UEA di Yaman

UEA adalah salah satu negara terkemuka di aliansi Arab, yang berperang di Yaman untuk mendukung pemerintah yang berbasis di selatan melawan pemberontak Syiah Hutsi yang bersekutu dengan Iran.

Kamis, 12/07/2018 08:43 0

Turki

Turki Tangkap Harun Yahya, Ini Daftar Kesalahan yang Dituduhkan

Dalam pernyataan pertamanya, Harun Yahya yang bernam asli Adnan Oktar mengatakan bahwa “penahanan tidak lain hanya permainan yang dilakukan oleh negara Inggris”. Ia mengembalikan perkataan itu dari menafsirkan kejadian-kejadian di seluruh penjuru dunia.

Kamis, 12/07/2018 06:55 0

Suriah

Serangan ISIS Tewaskan Belasan Tentara Rezim dan Oposisi Suriah

Kelompok Jaisy Khalid bin Walid, yang telah menyatakan sumpah setia kepada Abu Bakar Al-Baghdadi, mengontrol daerah perbatasan di desa Zainun. Daerah tersebut telah menyaksikan penandatanganan kesepakatan rekonsiliasi antara rezim Assad dan oposisi FSA. FSA bersedia menyerahkan senjata-senjata berat mereka dan meninggalkan desa.

Rabu, 11/07/2018 12:35 0

Eropa

23 Tahun Peringatan Genosida Muslim Srebrenica: 35 Jasad Dimakamkan Ulang

"Hari-hari ini menjelang peringatan ke-23 genosida, kami dikritik seolah-olah penganiayaan di Srebrenica tidak boleh lagi dibicarakan. Mereka harus tahu bahwa selama kerabat korban hidup, pengalaman sedih akan terus berlanjut untuk diberitahu," katanya.

Rabu, 11/07/2018 11:10 0

Kolom

Di Balik Goyahnya Rupiah

Fluktuasi nilai tukar Rupiah memperparah masalah pangan yang selama ini bergantung pada impor

Rabu, 11/07/2018 10:59 0

Suriah

Rusia Ancam Serang Idlib Setelah Daraa

Para pejabat Rusia mengatakan kepada Tentara Pembebasan Suriah (FSA) di Daraa bahwa mereka berencana melancarkan serangan di provinsi utara Idlib di Suriah pada bulan September.

Rabu, 11/07/2018 10:40 0

China

Cina Janjikan Negara-negara Timur Tengah Pinjaman $20 Miliar

Ia menjanjikan, negaranya telah menyediakan 100 juta yuan ($15 juta) bantuan ke Palestina untuk mendukung pembangunan ekonomi dan 600 juta yuan ($91 juta) untuk Yordania, Suriah, Libanon dan Yaman.

Rabu, 11/07/2018 09:30 0

Wilayah Lain

Israel Tak Kesampingkan Jalin Hubungan dengan Assad

Tapi Lieberman mengakui bahwa Assad tampaknya mendapatkan kembali kendali atas sisi Suriah dari Dataran Tinggi Golan.

Rabu, 11/07/2018 08:07 0

Afghanistan

Pernyataan Taliban Untuk Konferensi Ulama di Arab Saudi

KIBLAT.NET – Menanggapi rencana Konferensi Ulama yang akan diadakan di Jeddah, Arab Saudi, 11-12 Juli...

Selasa, 10/07/2018 22:12 0

Close