... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Warga Provinsi Kaya Minyak Iraq Protes Tuntut Pekerjaan

KIBLAT.NET, Basra – Seorang warga Iraq tewas dan sejumlah lainnya terluka dalam aksi demonstrasi menuntut pekerjaan dan subsidi hidup di kota kaya minyak, Basra, pada Ahad (08/07). Para demonstran berupaya memblokade jalan yang digunakaan perusahaan minyak untuk produksi.

Sejumlah sumber polisi mengatakan setidaknya delapan demonstran terluka saat pasukan keamanan mencoba membubarkan massa. Para korban terkena peluru tajam yang dilepaskan pasukan keamanan.

Sementara itu, seorang pejabat lokal dan sumber pers mengatakan salah satu demonstran tewas dan tiga lainnya terluka ketika pasukan keamanan melepaskan tembakan untuk membubarkan ratusan demonstran di daerah distrik kota Bahala di utara provinsi Basra itu.

Para demonstran dengan sengaja menutup jalan utama yang mengarah ke perusahaan minyak Rusia ,”Lukoil”, dan Amerika Serikat,”ExxonMobil”, tetapi pasukan keamanan menyerbu para demonstran dan menembak ketika mereka berusaha memasang tenda di jalan untuk mengganggu pekerjaan kedua perusahaan.

Warga menggelar aksi untuk menuntut peningkatan layanan listrik dan pekerjaan bagi para warga yang menanggur. Para pengangguran telah menggelar protes selama bertahun-tahun tentang ketergantungan perusahaan-perusahaan minyak terhadap pekerja asing di Basra, yang menghasilkan sekitar 80 persen ekspor negara itu.

Warga semakin kesal terhadap pemerintah di musim panas karena seringnya listrik padam bersamaan dengan kenaikan suhu panas yang kadang-kadang melebihi 50 derajat Celcius. Kondisi itu semakin diperparah setelah Iran menghentikan pasokan listrik 1.000 megawatt ke Iraq Kamis lalu karena penumpukan utang.

BACA JUGA  Asisten Pribadi Abu Bakar Al-Baghdadi Divonis Hukuman Gantung

Polisi dan pejabat minyak mengatakan bahwa aksi itu tidak mempengaruhi keamanan atau industri minyak. Seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri juga mengumumkan bahwa menteri memerintahkan pembentukan komisi penyelidikan dan mempresentasikan hasilnya dengan cepat di hadapannya.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

TPM: Keluarga Sempat Dilarang Membesuk Ustadz Basri

Koordinator Tim Pengacara Muslim (TPM), Ahmad Michdan mengatakan bahwa pihak LP Nusakambangan sempat melarang keluarga untuk menjenguk Ustadz Muhammad Basri.

Ahad, 08/07/2018 19:20 0

Indonesia

Jenazah Ustadz Basri Dimakamkan di Makassar

Koordinator Tim Pengacara Muslim (TPM), Ahmad Michdan mengatakan bahwa jenazah Ustadz Muhammad Basri akan dimakamkan di Makassar. Menurutnya, hal itu atas permintaan keluarga.

Ahad, 08/07/2018 18:48 0

Indonesia

Innalillahi, Ustadz Basri Meninggal dalam Status Tahanan Napi Terorisme

Narapidana kasus terorisme, Muhammad Basri meninggal dunia saat menjalani proses pidananya di LP Pasir Putih, Nusakambangan, Cilacap.

Ahad, 08/07/2018 18:21 0

Indonesia

Direktur UKW PWI Pusat Apresiasi Konten Berita Kiblatnet

Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia DKI Jakarta, Sayid Iskandarsyah menegaskan bahwa regulasi kompetensi wartawan di Indonesia telah diatur oleh pemerintah melalui Dewan Pers.

Sabtu, 07/07/2018 14:57 0

Indonesia

6 Jurnalis Kiblatnet Ikuti Uji Kompetensi Wartawan

KIBLAT.NET, Jakarta – Sebanyak enam jurnalis Kiblatnet mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar oleh PWI Jakarta Raya bekerjasama dengan Harian Indopos pada Sabtu, (07/07) di Gedung Indopos, Jakarta.

Sabtu, 07/07/2018 12:44 0

Indonesia

Mahasiswa Bandung Gelar Aksi Tolak Kenaikkan BBM

Dalam aksinya, mahasiswa mengecam kebijakan pemerintah menaikan BBM non subsidi. Terlebih lagi kenaikan tersebut dilakukan tanpa pemberitahuan kepada publik.

Sabtu, 07/07/2018 06:48 0

Indonesia

Ini 10 Rekomendasi Multaqo Dai dan Ulama V di Jakarta

Ini 10 Rekomendasi Multaqo Dai dan Ulama V di Jakarta

Jum'at, 06/07/2018 21:02 1

Indonesia

Syaikh Al-Hamudi Ingatkan untuk Jaga Ukhuwah dan Silaturahmi Pasca Multaqa

Syaikh Khalid kemudian mengucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam terwujudnya acara multaqa kelima ini. "Kepada para ulama, saya hanyalah pelayan bagi ulama dan dai," ungkapnya.

Jum'at, 06/07/2018 14:29 1

Indonesia

Hadir Acara Multaqa, Bocah 6 Tahun Ini Miliki Hafalan 13 Juz Al-Qur’an

Rais tampaknya menjadi peserta paling kecil dalam acara Multaqa Kelima Ulama dan Dai Asia Tenggara, Afrika dan Eropa yang digelar Yayasan Al-Manarah Al-Islamiyah.

Jum'at, 06/07/2018 13:51 0

Video Kajian

Bagaimana Seorang Guru Harus Menyontoh Nabi SAW.?

KIBLAT.NET – Bagaimana Seorang Guru Harus Menyontoh Nabi SAW.? Seorang mu’allim atau guru, terutama yang...

Jum'at, 06/07/2018 11:30 0

Close