... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sarasehan 25 Tahun Komnas HAM: 10 Kasus Pelanggaran HAM Berat Belum Ditangani

Foto: Komnas HAM

KIBLAT.NET, Jakarta – Sudah seperempat abad Komisi Nasional Hak Asasi Manusia RI berdiri, nyatanya baru 3 dari 13 kasus pelanggaran HAM berat yang telah mendapat putusan pengadilan. Kasus-kasus yang telah ditindaklanjuti tersebut di antaranya adalah kasus Tanjung Priok 1984, kasus Timor-Timur 1999, dan kasus Abepura Papua 2000.

Sementara itu, 10 kasus lainnya masih belum ditindaklanjuti oleh Kejaksaan Agung. Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik mengatakan, berbagai cara dan pendekatan telah ditempuh untuk mendorong penanganan kasus-kasus tersebut.

“Yang terbaru pada 8 Juni, Komnas HAM telah bertemu dan meminta kepada Presiden untuk memerintahkan Jaksa Agung menindaklanjuti kasus-kasus tersebut. Kita semua berharap dan berusaha optimal agar ada titik terang dalam kasus-kasus tersebut,” kata Ahmad Taufan Damanik dalam sarasehan 25 tahun Komnas HAM yang digelar di gedung Komnas HAM, Jakarta.

Semenjak berdiri 25 lalu, Komnas HAM telah menangani puluhan ribu kasus, baik ditangani melalui mekanisme pemantauan maupun mediasi. “Puluhan bahkan ratusan ribu orang dan kelompok masyarakat telah mendapatkan kepastian dan pemenuhan haknya,” ujar Taufan.

Dalam kesempatan itu juga, Ketua Komnas HAM berterima kasih kepada pihak pihak yang selalu mendukung kinerja Komnas HAM termasuk para mantan Komisioner.

“Terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada para mantan Komisioner yang telah dan pernah mendedikasikan hidupnya di lembaga ini demi maju tegaknya Hak Asasi Manusia,” kata Taufan.

BACA JUGA  Penyebar Video Ricuh di MK Ditangkap, Pengacara: Karena Ada Caption #TurunkanJokowi

 

 

Reporter: Qoid
Editor: Fajar Shadiq

 

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

Koleksi Bedebah di Kursi Kekuasaan

Pelanggaran-pelanggaran itu dilakukan justru oleh mereka yang duduk di kursi kekuasaan. Menjabat sebagai pengurus rakyat yang semestinya mengelola uang rakyat bukan merampoknya.

Senin, 09/07/2018 16:22 1

Turki

Salah Satu Warganya Ditangkap Israel, Turki: Kami Akan Balas

Turki berang melihat salah satu warganya ditangkap pihak berwenang Israel karena dituding terlibat hubungan dengan gerakan perlawanan Palestina Hamas.

Senin, 09/07/2018 15:36 0

Turki

Dituding Bantu Hamas, Turis Wanita Turki Ditangkap Polisi Israel

Israel menuduh dan menahan seorang turis Turki pada Ahad (08/07/2018) karena dituduh membantu menyelundupkan uang dan paket kepada kelompok Palestina Hamas.

Senin, 09/07/2018 15:30 0

Afghanistan

Lagi,” Serangan dari Dalam” Tewaskan Tentara AS di Afghanistan

Misi dukungan militer NATO mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa seorang tentara AS tewas dan dua lainnya terluka selama serangan insider di Afghanistan selatan.

Senin, 09/07/2018 12:26 0

Tunisia

Brigade Uqbah bin Nafi Sergap Pasukan Penjaga Perbatasan Tunisia

Pengakuan itu dilaporkan oleh sejumlah media Tunisia yang dinukil Anadolu Agency. Brigade Uqbah bin Nafi menyebarkan pernyataan pertanggunjawaban itu di situs yang biasa digunakan “teroris”, sebagaimana disebutkan media Tunisia

Senin, 09/07/2018 11:54 0

Mesir

Rezim Mesir Keluarkan 100 Hukuman Mati Dalam Sebulan

Lembaga itu menjelaskan, ke-41 yang divonis mati itu, 23 di antaranya karena kasus pidana. Sementara 60 daftar nama yang diajukan ke Mufti Negara dalam 21 kasus, tiga di antaranya kasus politik dan 18 pidana.

Senin, 09/07/2018 09:10 0

Suriah

Rezim Assad Langgar Kesepakatan Daraa

Pasukan rezim juga telah menguasai kompleks pangkalan udara di selatan kota Daraa setelah FSA meninggalkan daerah itu menyusul kesepakatan dengan Rusia. Kemajuan ini membuat jalur wilayah oposisi di pedesaan Barat dan Timur terputus.

Senin, 09/07/2018 08:26 0

Irak

Warga Provinsi Kaya Minyak Iraq Protes Tuntut Pekerjaan

Setidaknya satu tewas dan sejumlah lainnya luka-luka dalam aksi yang berujung kekerasan oleh aparat itu.

Senin, 09/07/2018 07:30 0

Asia

Lagi, Tentara India Tewaskan Warga Kashmir

Sesaat setelah insiden pembunuhan oleh militer, layanan internet mengalami suspend atau tidak ada jaringan di 4 distrik bagian selatan, yaitu Anantnag, Kulgam, Shopian dan Pulwama.

Senin, 09/07/2018 06:32 0

Amerika

Twitter Blokir Lebih Satu Juta Akun Palsu dalam Sehari

Twitter telah memblokir lebih dari satu juta akun palsu dan meragukan per hari. Dilaporkan The Washington Post, tindakan itu sebagai upaya agresif untuk membendung arus informasi palsu.

Ahad, 08/07/2018 16:01 0

Close