... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Prof Didin Hafidhudin: Pisahkan Masjid dari Kehidupan Bentuk Sekulerisme

KIBLAT.NET, Jakarta – Prof Dr KH Didin Hafidhuddin menegaskan bahwa fungsi masjid bukan hanya tempat ibadah saja. Menurutnya, ada tiga fungsi masjid yaitu pusat ibadah, pusat persatuan dan kesatuan dan pusat pemberdayaan.

Selaku pembicara dalam Pertemuan Ulama dan Dai se-Asia Tenggara, Afrika dan Eropa ke-V, mantan Ketua Baznas itu menyoroti pihak-pihak yang berusaha mensterilkan masjid dari kegiatan masyarakat. Menurutnya, memfungsikan masjid hanya sebagai tempat ibadah saja adalah bentuk sekulerisme.

“Kalau ada kelompok yang mensterilkan masjid dari kegiatan kehidupan itulah paham yang sekuler. Jadi sekulerisme itu memisahkan masjid dengan pasar, masjid dengan kampus, masjid dengan kegiatan kegiatan yang lain,” tegasnya pada Selasa (03/07/2018) di Jakarta.

Ia juga menegaskan bahwa ketika kaum muslimin beribadah secara berjamaah di masjid, akan timbul rasa persatuan, kesatuan dan terjalin persaudaraan. Selain itu, masjid sebagai pusat pemberdayaan juga akan berdampak pada ekonomi dan politik.

“Sehingga dari masjid itu kita harapkan ada pusat kegiatan kegiatan ekonomi tetapi juga ada kegiatan politik itupun juga harus berawal dari masjid. Sekarang banyak pihak yang ingin mensterilkan masjid dari segala macam kegiatan kehidupan,” tuturnya.

Menurut Prof Didin, alasan utama menjadikan masjid sebagai central aktivitas kehidupan karena masjid adalah tempat yang paling beribawa yang dimiliki oleh umat Islam. Selain itu, masjid juga akan makmur.

BACA JUGA  MUI Tegaskan Disertasi Seks di Luar Nikah Harus Ditolak

“Kenapa kita harus kembali kepada masjid itu? Karena masjid itu tempat yang paling beribawa dalam institusi yang dimiliki oleh umat Islam,” tukasnya.

Reporter: Syafi’i Iskandar
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Ini Tuntutan Oposisi dalam Negosiasi Nasib Suriah Selatan

Pihak oposisi bersedia menyerahkan senjata berat secara bertahap sebagai imbalan atas penarikan tentara rezim dari kota-kota yang direbut baru-baru ini.

Kamis, 05/07/2018 09:26 0

Rusia

Yordania dan Rusia Jalin Kesepakatan terkait Suriah Selatan

Safadi menyatakan harapannya bahwa pembicaraan dengan Lavrov akan mengarah ke langkah-langkah menuju penyelesaian situasi di Suriah selatan. Menurutnya, situasi di daerah itu dapat mengarah pada bencana kemanusiaan.

Kamis, 05/07/2018 08:30 0

Irak

Iraq Luncurkan Kampanye Militer Baru Anti ISIS, di Mana Lokasinya?

“Operasi ini juga berkoordinasi dengan Peshmerga, kekuatan udara Iraq dan koalisi internasional,” ujar Rasul.

Kamis, 05/07/2018 07:38 0

Eropa

Jelang KTT NATO, Trump Tekan Anggota Tingkatkan Anggaran Militer

Selama ini, negara-negara “tertuduh” itu menolak tuntutan AS supaya nominal anggaran militer mereka minimal 2 persen dari Produk Domestik Bruto (GDP) per tahun masing-masing negara.

Kamis, 05/07/2018 06:47 0

Kolom

Pers Islam dan Fungsi ‘Watchdog’

Secara aplikatif, seperti halnya peran watchdog, peran pengawasan terhadap penguasa (pemerintah) akan lebih komprehensif dan efektif jika ditopang satu bentuk jurnalisme investigasi yang kredibel.

Rabu, 04/07/2018 17:26 0

Video News

Yayasan Al-Manarah Gelar Multaqa Ulama Kelima di Jakarta

KIBLAT.NET – Yayasan al Manarah Al Islamiyah bersama Rabithah Ulama dan Dai Asia Tenggara menggelar hajatan...

Rabu, 04/07/2018 16:40 0

Video News

Syaikh Khalid Al-Hamudi Menjelaskan Tujuan Multaqa Ulama

KIBLAT.NET – Syaikh Khalid Al-Hamudi Menjelaskan Tujuan Multaqa Ulama. Syaikh Khalid Al-Hamudi, Pembina Yayasan Al-Manarah...

Rabu, 04/07/2018 16:23 0

Mesir

Mesir Didesak Bebaskan Putri Syaikh Yusuf Qardhawi

Kantor hak asasi manusia PBB telah mendesak Mesir untuk membebaskan putri Syaikh Yusuf Qardawi dan suaminya yang telah ditahan tanpa tuntutan resmi sejak 30 Juni 2018 lalu.

Rabu, 04/07/2018 15:16 0

Suara Pembaca

Diam-diam Harga BBM Naik, Desakan Rezim Turun Semakin Jelas

Kebijakan ini seperti menelan ludah mereka sendiri. Saat berkuasa menjadi lupa dengan sikap politiknya sebagai partai wong cilik.

Rabu, 04/07/2018 14:17 0

Video News

Pembukaan Multaqa Ulama oleh Wapres, Jusuf Kalla

KIBLAT.NET – Pembukaan Multaqa Ulama oleh Wapres, Jusuf Kalla. Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla memberikan...

Rabu, 04/07/2018 13:22 0

Close