... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Jelang KTT NATO, Trump Tekan Anggota Tingkatkan Anggaran Militer

KIBLAT.NET, Brussel – Menjelang pertemuan tingkat tinggi NATO di Brussel pekan depan sudah terasa aroma tekanan Washington di ibukota Belgia. Untuk kesekian kalinya, pejabat-pejabat AS di bawah Presiden Donald Trump akan kembali menekan negara-negara sekutu Amerika itu untuk meningkatkan anggaran belanja militer. Bahkan Presiden Trump telah menulis surat ancaman ditujukan kepada negara-negara tersebut.

Pada prinsipnya, inti surat Trump berbunyi bahwa AS tidak bisa, dan tidak akan menjadi “celengan dunia” yang menyediakan anggaran pertahanan bagi seluruh anggota NATO yang belanja militer mereka tidak sebanding dengan belanja militer Amerika.

Selama ini, negara-negara “tertuduh” itu menolak tuntutan AS supaya nominal anggaran militer mereka minimal 2 persen dari Produk Domestik Bruto (GDP) per tahun masing-masing negara.

Kemungkinan penolakan ini masih akan terus berlanjut dalam KTT mendatang. Bahkan sejumlah negara telah mengeluarkan pesan secara jelas menjelang pertemuan di Brussel pekan depan dengan mengatakan mereka sudah mengeluarkan anggaran militer yang menurut mereka sudah proporsional.

Tekanan Trump ini sebetulnya ditujukan terbatas pada sebagian besar anggota NATO yang tidak punya musuh riil di perbatasan negara mereka, termasuk negara-negara anggota yang tidak memiliki kemampuan meningkatkan anggaran belanja militer secara substansial.

Perdana Menteri Belgia Charles Michel termasuk salah satu pemimpin negara-negara NATO yang akan tertekan terkait tuntutan Washington tersebut. Michel mencoba mengabaikan surat Trump dengan mengatakan hal itu sebagai “kebiasaan” menjelang pertemuan tingkat tinggi NATO. Bukan hanya Belgia, tetapi juga negara-negara lain nampaknya tidak nyaman dan tidak setuju dengan tuntutan peningkatan anggaran militer oleh Donald Trump.

BACA JUGA  12 Teroris Ditangkap, Rencanakan Aksi Mirip di Masjid Christchurch

Sumber: Antiwar
Redaktur: Yasin Muslim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Jadi Mualaf, Kepala Suku Asal Afrika Ini Hadiri Pertemuan Ulama di Jakarta

Sejak awal dimulainya Pertemuan Ulama dan Dai se-Asia Tenggara, Afrika, dan Ecropa ke-V di Hotel Grand Cempaka, Jakarta pada Selasa (03/07/2018), sosok pria berkulit gelap dan berpakaian unik mencuri perhatian banyak orang.

Rabu, 04/07/2018 22:43 0

Indonesia

Ketua Rabithah Alawiyah Ingatkan Dai yang Cinta Dunia

Ketua Rabithah Alawiyah Habib Zein bin Smith menyampaikan pentingnya bekal ilmu bagi pendakwah di era yang penuh dengan tantangan ini.

Rabu, 04/07/2018 22:22 0

Kolom

Pers Islam dan Fungsi ‘Watchdog’

Secara aplikatif, seperti halnya peran watchdog, peran pengawasan terhadap penguasa (pemerintah) akan lebih komprehensif dan efektif jika ditopang satu bentuk jurnalisme investigasi yang kredibel.

Rabu, 04/07/2018 17:26 0

Video News

Yayasan Al-Manarah Gelar Multaqa Ulama Kelima di Jakarta

KIBLAT.NET – Yayasan al Manarah Al Islamiyah bersama Rabithah Ulama dan Dai Asia Tenggara menggelar hajatan...

Rabu, 04/07/2018 16:40 0

Video News

Syaikh Khalid Al-Hamudi Menjelaskan Tujuan Multaqa Ulama

KIBLAT.NET – Syaikh Khalid Al-Hamudi Menjelaskan Tujuan Multaqa Ulama. Syaikh Khalid Al-Hamudi, Pembina Yayasan Al-Manarah...

Rabu, 04/07/2018 16:23 0

Indonesia

Ini Penjelasan Dosen Ummul Qura Terkait Asbab Perselisihan Umat

Dosen Universitas Ummul Qura Mekkah Dr Fakhruddin Az-Zubair menjelaskan, sebab-sebab tersebut berasal dari kezaliman dan kebodohan.

Rabu, 04/07/2018 14:34 0

Suara Pembaca

Diam-diam Harga BBM Naik, Desakan Rezim Turun Semakin Jelas

Kebijakan ini seperti menelan ludah mereka sendiri. Saat berkuasa menjadi lupa dengan sikap politiknya sebagai partai wong cilik.

Rabu, 04/07/2018 14:17 0

Indonesia

Wapres JK Ungkap Penyebab Konflik di Negara-negara Islam

Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla mengungkapkan kesedihannya atas konflik-konflik yang melanda sejumlah negara-negara Islam.

Rabu, 04/07/2018 13:56 0

Indonesia

Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan di Poso Gelar Halal bil Halal

Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan di Poso Gelar Halal bil Halal

Rabu, 04/07/2018 13:27 0

Video News

Pembukaan Multaqa Ulama oleh Wapres, Jusuf Kalla

KIBLAT.NET – Pembukaan Multaqa Ulama oleh Wapres, Jusuf Kalla. Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla memberikan...

Rabu, 04/07/2018 13:22 0

Close