... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Imam Masjidil Haram: Allah Memenangkan Umat Islam yang Memulai Perjuangan dari Masjid

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET, Jakarta- Pertemuan Ulama dan Da’i se-Asia Tenggara ke-V di Indonesia turut dihadiri Imam Besar Masjidil Haram, Syaikh Hasan Bukhori. Dalam  acara tersebut ia mengajak umat untuk memperhatikan kepentingan peran Masjid dan peran imam serta pengelola masjid-masjid dalam melahirkan umat yang bertaqwa dan membangun persatuan umat, demi mengembalikan kemuliaan Islam di muka bumi.

Menurutnya, masjid merupakan tempat penting dalam pergerakkan umat Islam, sehingga penting bagi umat Islam memakmurkan masjidnya. Kesuksesan mengelola masjid bisa dilakukan dengan menjadikan masjid sebagai sumber hidayah kepada orang-orang di sekelilingnya.

“Apabila kita ingin mengukur tingkat keimanan masyarakat sekitar maka lihatlah kemakmuran masjidnya. Masjid merupakan rumah Allah yang harus selalu kita kunjungi. Merujuk sejarah orang-orang terdahulu, bagaimana Allah memenangkan umat-Nya ialah mereka yang memulai perjuangan melalui masjid,” katanya di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Kamis, (5/7/2018).

Oleh karenanya untuk menyempurnakan amanah mengelola Rumah Allah, ajaklah umat untuk melaksanakan shalat di masjid dan tepat pada waktunya sebab itu merupakan kewajiban. Syaikh Hasan menyampaikan kisah Rasululah SAW, dalam hijrah beliau ke Kuba hal yang paling pertama diperintahkannya adalah membangun masjid.

“Begitupun ketika hijrah ke Yatsrib, di sana Raslullah SAW membangun masjid sebelum membangun rumahnya sendiri. Beliau tidak menghias kamarnya, melainkan mendahulukun untuk memperindah masjid,” jelasnya.

Syaikh Hasan melanjutkan kita melihat bagaiamana Rasulullah SAW membangun generasi sahabatnya menjadi generasi terbaik yakni berawal dari pembelajaran di masjid. Dalam sirah nabawiyah, di mana masjid menjadi tak hanya menjadi tempat untuk beribadah, melainkan dipergunakan berdiskusi, menyusun strategi perang, menyelesaikan perselisihan dan mengambil keputusan-keputusan.

BACA JUGA  Lembaga Dakwah Kampus Se-Nusantara Gelar Pertemuan di UI Depok

“Kita dapat melihat alumni-alumni masjid telah melahirkan ‘asaroh mubassarunna fill jannah’, kaum muhajirin dan anshor, pasukan perang Badar, khulafaur Rosyidin dan generasi terbaik selanjutnya. Sungguh lihatlah, bagaimana masjid nabawi berawal dari masjid kecil namun kini menjadi besar dan selalu dikunjungi umat Islam seluruh dunia,” terangnya.

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Ini Tuntutan Oposisi dalam Negosiasi Nasib Suriah Selatan

Pihak oposisi bersedia menyerahkan senjata berat secara bertahap sebagai imbalan atas penarikan tentara rezim dari kota-kota yang direbut baru-baru ini.

Kamis, 05/07/2018 09:26 0

Rusia

Yordania dan Rusia Jalin Kesepakatan terkait Suriah Selatan

Safadi menyatakan harapannya bahwa pembicaraan dengan Lavrov akan mengarah ke langkah-langkah menuju penyelesaian situasi di Suriah selatan. Menurutnya, situasi di daerah itu dapat mengarah pada bencana kemanusiaan.

Kamis, 05/07/2018 08:30 0

Irak

Iraq Luncurkan Kampanye Militer Baru Anti ISIS, di Mana Lokasinya?

“Operasi ini juga berkoordinasi dengan Peshmerga, kekuatan udara Iraq dan koalisi internasional,” ujar Rasul.

Kamis, 05/07/2018 07:38 0

Eropa

Jelang KTT NATO, Trump Tekan Anggota Tingkatkan Anggaran Militer

Selama ini, negara-negara “tertuduh” itu menolak tuntutan AS supaya nominal anggaran militer mereka minimal 2 persen dari Produk Domestik Bruto (GDP) per tahun masing-masing negara.

Kamis, 05/07/2018 06:47 0

Kolom

Pers Islam dan Fungsi ‘Watchdog’

Secara aplikatif, seperti halnya peran watchdog, peran pengawasan terhadap penguasa (pemerintah) akan lebih komprehensif dan efektif jika ditopang satu bentuk jurnalisme investigasi yang kredibel.

Rabu, 04/07/2018 17:26 0

Video News

Yayasan Al-Manarah Gelar Multaqa Ulama Kelima di Jakarta

KIBLAT.NET – Yayasan al Manarah Al Islamiyah bersama Rabithah Ulama dan Dai Asia Tenggara menggelar hajatan...

Rabu, 04/07/2018 16:40 0

Video News

Syaikh Khalid Al-Hamudi Menjelaskan Tujuan Multaqa Ulama

KIBLAT.NET – Syaikh Khalid Al-Hamudi Menjelaskan Tujuan Multaqa Ulama. Syaikh Khalid Al-Hamudi, Pembina Yayasan Al-Manarah...

Rabu, 04/07/2018 16:23 0

Mesir

Mesir Didesak Bebaskan Putri Syaikh Yusuf Qardhawi

Kantor hak asasi manusia PBB telah mendesak Mesir untuk membebaskan putri Syaikh Yusuf Qardawi dan suaminya yang telah ditahan tanpa tuntutan resmi sejak 30 Juni 2018 lalu.

Rabu, 04/07/2018 15:16 0

Suara Pembaca

Diam-diam Harga BBM Naik, Desakan Rezim Turun Semakin Jelas

Kebijakan ini seperti menelan ludah mereka sendiri. Saat berkuasa menjadi lupa dengan sikap politiknya sebagai partai wong cilik.

Rabu, 04/07/2018 14:17 0

Video News

Pembukaan Multaqa Ulama oleh Wapres, Jusuf Kalla

KIBLAT.NET – Pembukaan Multaqa Ulama oleh Wapres, Jusuf Kalla. Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla memberikan...

Rabu, 04/07/2018 13:22 0

Close