... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ketua Rabithah Alawiyah Ingatkan Dai yang Cinta Dunia

Foto: ketua Rabithah Alawiyah, Habib Zein Bin Smith

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Rabithah Alawiyah Habib Zein bin Smith menyampaikan pentingnya bekal ilmu bagi pendakwah di era yang penuh dengan tantangan ini. Ia menegur pendakwah-pendakwah yang cinta kepada dunia yang menjual agama dan ilmu nya kepada pemerintah atau urusan dunia lainnya.

“Ikhlas kepada Allah point terpenting bagi dai, sebab riya’ atau penyakit cinta dunia tidak akan bisa membuat dai untuk menyalurkan ilmu kepada pendengarnya. Keikhlasanlah yang mampu menegur pemerintah yang lalai bukan justru turut tergelincir,” katanya dalam Pertemuan Dai dan Ulama se-Asia Tenggara, di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Rabu, (4/7/2019).

Dia menjelaskan dakwah adalah media penting bagi umat Islam dalam mengajak kepada kebenaran. Sehingga hukum dakwah menjadi wajib fardhu ain bagi setiap muslim dan wajib fardhu kifayah dengan adanya para ahli ilmu. Adapun ahlul ilmu atau pendakwah harus memiliki kepribadian baik dan metode-metode dalam dakwahnya agar diterima oleh banyak manusia.

“Pendakwah harus membangun kecintaan diantara manusia dalam lingkungannya. Sebab keteladanan dengan memulai ilmu dari diri sendiri, adalah akhlak yang justru dirasakan langsung oleh orang yang didakwahinya,” ujarnya.

Dia melanjutkan bahwa keteladanan dai dibutuhkan karena mauidoh hasanah (ajaran yang baik.red) tidak lah cukup bila tidak diiringi dengan uswatun hasanah (teladan.red). Teladan, kata dia, akan lebih memberikan pengaruh daripada sekadar melalui penyampaian lisan.

BACA JUGA  WALHI Menduga Pemerintah Lindungi Aktor Kebakaran Hutan Kalimantan

“Pendakwah harus memiliki sifat sabar dalam berdakwah, jalan ke akhirat itu berat tetapi banyak manusia yang tergelincir oleh kelalaian. Tanpa kesabaran maka dakwah tidak akan membuahkan hasil,” ungkapnya.

Kepribadian yang harus dimiliki pendakwah selanjutnya adalah lemah lembut, dakwah harus melalui hati atau kelemahlembutan. Sifat lemah lembut akan memberikan rahmat, adapun sifat sebaliknya hanya akan membuat manusia menjauh darinya.

“Memahami metode dakwah pun menjadi penting melihat kondisi wilayah dan orang yang didakwahi memiliki iklim dan sifat yang berbeda-beda,” tuturnya.

Point ke tujuh, Habib Zein menasehati kepada pendakwah untuk mempermudah dan jangan mempersulit orang yang didakwahi, dengan tetap pada batas-batasan syariat.

“Dai tidak seharusnya menjadikan dakwah sebagai birokrasi yang berbelit-belit, sebagaimana birokrasi pemerintah yang kerap mempersulit.

Adapun pesan terakhir, pendakwah diharapkan memberikan kabar gembira sehingga manusia tidak anti pati dengan Islam.

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Kolom

Pers Islam dan Fungsi ‘Watchdog’

Secara aplikatif, seperti halnya peran watchdog, peran pengawasan terhadap penguasa (pemerintah) akan lebih komprehensif dan efektif jika ditopang satu bentuk jurnalisme investigasi yang kredibel.

Rabu, 04/07/2018 17:26 0

Video News

Yayasan Al-Manarah Gelar Multaqa Ulama Kelima di Jakarta

KIBLAT.NET – Yayasan al Manarah Al Islamiyah bersama Rabithah Ulama dan Dai Asia Tenggara menggelar hajatan...

Rabu, 04/07/2018 16:40 0

Video News

Syaikh Khalid Al-Hamudi Menjelaskan Tujuan Multaqa Ulama

KIBLAT.NET – Syaikh Khalid Al-Hamudi Menjelaskan Tujuan Multaqa Ulama. Syaikh Khalid Al-Hamudi, Pembina Yayasan Al-Manarah...

Rabu, 04/07/2018 16:23 0

Mesir

Mesir Didesak Bebaskan Putri Syaikh Yusuf Qardhawi

Kantor hak asasi manusia PBB telah mendesak Mesir untuk membebaskan putri Syaikh Yusuf Qardawi dan suaminya yang telah ditahan tanpa tuntutan resmi sejak 30 Juni 2018 lalu.

Rabu, 04/07/2018 15:16 0

Suara Pembaca

Diam-diam Harga BBM Naik, Desakan Rezim Turun Semakin Jelas

Kebijakan ini seperti menelan ludah mereka sendiri. Saat berkuasa menjadi lupa dengan sikap politiknya sebagai partai wong cilik.

Rabu, 04/07/2018 14:17 0

Video News

Pembukaan Multaqa Ulama oleh Wapres, Jusuf Kalla

KIBLAT.NET – Pembukaan Multaqa Ulama oleh Wapres, Jusuf Kalla. Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla memberikan...

Rabu, 04/07/2018 13:22 0

Video News

Ini Harapan Gubernur DKI Jakarta untuk Multaqa Ulama Asia Tenggara

KIBLAT.NET – Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan memberikan sambutan dalam Multaqa Ulama Asia Tenggara, Afrika,...

Rabu, 04/07/2018 12:27 0

Tarbiyah Jihadiyah

Sekali Lagi, Ramadhan Mengajari Kita

Percayalah, mana mungkin seorang aktivis yang bercita-cita besar mengangkat senjata membela agama-Nya mampu istiqomah di dalamnya sedangkan ia tidak berusaha menjaga amalan pribadinya terlebih di bulan setelah berlalunya Ramadhan.

Rabu, 04/07/2018 10:08 0

Myanmar

Sekjen PBB: Penyiksaan yang Dialami Rohingya Tak Terbayangkan

Guterres menyampaikan hal itu ketika mengunjungi kamp-kamp pengungsi Rohingya di Distrik Cox's Bazar, Bangladesh.

Rabu, 04/07/2018 09:09 0

Afrika

Keamanan Tak Pasti, Petugas KPU Mali Mogok Kerja

Padahal, pemilu di Mali akan digelar pada 29 Juli mendatang

Rabu, 04/07/2018 07:12 0

Close