... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Waspada Sifat Sombong dalam Hal Dukung-Mendukung Tim Bola

Foto: Ilustrasi pendukung bola.

KIBLAT.NET – Semangat identitas yang disebarkan oleh media dengan beragam tayangan melahirkan generasi kesombongan. Sebagai contoh pertandingan sepak bola, para pendukungnya larut dalam kesombongan terlebih ketika klub yang mereka dukung mendapatkan kemenangan. Mereka bangga menunjukkan dukungannya pada suatu klub dengan identitas tertentu.

Kesombongan ini semakin menjadi ketika mereka mengenyahkan ibadah dan merendahkan pendukung klub lain. Maka berhati-hatilah, karena sikap semacam itu bisa membawa kepada kesombongan yang peringatkan oleh Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam:

الكِبَرُ بَطَرُ الحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

“Sombong adalah menolak al-Haq dan merendahkan manusia.” (Hr. Muslim no. 91)

Selain itu, apapun bisa menjadi sebab kesombongan manusia, seperti jabatan, kekayaan dan sebagainya.

Kesombongan ini akan berakibat buruk kepada manusia, diantaranya :

Murka Allah

Kesombongan akan menyebabkan seseorang dimurkai oleh Allah dan Allah pun enggan untuk melihatnya. Allah berfirman :

إِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌۚ فَالَّذِينَ لا يُؤْمِنُونَ بِالآخِرَةِ قُلُوبُهُمْ مُنْكِرَةٌ وَهُمْ مُسْتَكْبِرُونَ  لا جَرَمَ أَنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا يُسِرُّونَ وَمَا يُعْلِنُونَۗ إِنَّه لَا يُحِبُّ الْمُسْتَكْبِرِيْنَ

“Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa. Maka orang yang tidak beriman kepada akhirat, hati mereka mengingkari (keesaan Allah), dan mereka adalah orang yang sombong. Tidak diragukan lagi bahwa Allah mengetahui apa yang mereka rahasiakan dan apa yang mereka lahirkan. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang yang sombong.” (QS. an-Nahl : 22-23)

Nabi bersabda :

لَا يَنْظُرُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ اِلَى مَنْ جَرَّ اِزَارَهُ بَطَرًا

“Pada hari Kiamat, Allah tidak akan melihat orang yang menjulurkan kainnya ke tanah karena sombong.” (HR. al-Bukhari no. 5451)

Kemurkaan makhluq

Selain kemurkaan Allah, orang yang sombong juga akan mendapatkan kemurkaan makhluk dan mendapatkan penderitaan. Allah berfirman :

فَاخْرُجْ إِنَّكَ مِنَ الصَّاغِرِينَ

“Maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina.” (QS. al-A’raf : 13)

Terhalangnya hidayah

Kesombongan juga membuat terhalangnya manusia menerima kebenaran, butanya hati dari ayat-ayat Allah dan hukum-hukum yang terkandung di dalamnya. Allah berfirman :

سَأَصْرِفُ عَنْ آيَاتِيَ الَّذِينَ يَتَكَبَّرُونَ فِي الأرْضِ بِغَيْرِ الْحَقِّ وَإِنْ يَرَوْا كُلَّ آيَةٍ لَا يُؤْمِنُوا بِهَا وَإِنْ يَرَوْا سَبِيلَ الرُّشْدِ لَا يَتَّخِذُوهُ سَبِيلا وَإِنْ يَرَوْا سَبِيلَ الْغَيِّ يَتَّخِذُوهُ سَبِيلا ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا وَكَانُوا عَنْهَا غَافِلِينَ

“Aku akan memalingkan orang-orang yang menyombongkan dirinya dimuka bumi tanpa alasan yang benar dari tanda-tanda kekuasaan-Ku. Mereka jika melihat tiap-tiap ayat-Ku, mereka tidak beriman kepadanya. Dan jika mereka melihat jalan yang membawa kepada petunjuk, mereka tidak mau menempuhnya; tetapi jika mereka melihat jalan kesesatan, mereka terus menempuhnya. Yang demikian itu adalah karena mereka mendustakan ayat-ayat Kami dan mereka selalu lalai dari padanya.” (QS. al-A’raf : 146)

Terhalang dari masuk surga

Allah berfirman :

الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Orang-orang yang bersikap sombong dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Ghafir: 60)

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَهْلِ النَّارِ قَالُوا بَلَى قَالَ كُلُّ عُتُلٍّ جَوَّاظٍ مُسْتَكْبِرٍ

“Maukah kamu aku beritahu tentang penduduk neraka? Mereka semua adalah orang-orang keras lagi kasar, tamak lagi rakus, dan takabbur (sombong).“ (HR. Bukhari no. 4918 dan Muslim no. 2853).

Inilah empat keburukan yang akan dilanda oleh orang yang sombong. Semoga kita tidak termasuk di dalamnya. Wallahu ‘alam bish shawab.

Redaktur: Zamroni

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Tiga Tewas Ditembaki Kelompok Bersenjata Papua di Distrik Torere

Korban tewas akibat penembakan kelompok bersenjata Papua terus berjatuhan. Kali ini tiga orang tewas di Distrik Torere, Kabupaten Puncak Jaya, Rabu (27/06/2018).

Kamis, 28/06/2018 11:11 0

Opini

Dapat THR, Utamakan Bayar Utang

Sebagai umat muslim, kita dianjurkan untuk segera melunasi utang jika sudah merasa mampu. Jangan meremehkan utang meskipun jumlahnya sedikit. Bisa jadi utang yang sedikit itu bisa membawa kita ke neraka. Jangan menunda-nunda untuk melunasinya karena itu merupakan bentuk kezaliman.

Kamis, 28/06/2018 10:39 0

Turki

Pengamat: Kemenangan Erdogan Tunjukkan Dirinya Kuat di Mata Barat

Hal ini sangat penting. Secara internasional, pemilu di Turki kali ini seolah memberikan pesan kepada negara-negara Barat yang sudah terlanjur mengklaim pemilu akan berlangsung dua putaran, bahwa Erdogan adalah seorang pemimpin yang kuat.

Kamis, 28/06/2018 10:05 0

Afghanistan

Dalam 4 Hari, Taliban Lancarkan Serangan ke 15 Provinsi Afghanistan

Imarah Islam (Taliban) telah menawan lebih dari 70 polisi Afghan dan mengambil alih sejumlah pos penjagaan terluar setelah terlibat kontak senjata dengan pasukan keamanan di distrik Jalrez, provinsi Wardak, di selatan ibukota Kabul.

Kamis, 28/06/2018 09:26 0

Suriah

Utusan PBB: Situasi di Suriah Selatan Menuju Seperti Nasib Ghouta Timur

Ia menambahkan bahwa eskalasi di selatan Suriah akan menyebabkan ketidakstabilan di kawasan tersebut, di mana lebih dari 50 ribu pengungsi baru menjejali perbatasan dengan Yordania.

Kamis, 28/06/2018 08:24 0

Amerika

Studi: Cuitan Donald Trump Tingkatkan Kekerasan terhadap Muslim

Peneliti Universitas Warwick, Karsten Müller dan Carlo Schwarz menemukan bukti yang menunjukkan bahwa tweet-tweet Donald Trump tentang Islam telah menyebabkan peningkatan kejahatan kebencian anti-Muslim selama beberapa tahun terakhir.

Rabu, 27/06/2018 15:00 0

Suriah

Oposisi Suriah Akui Tembak Jatuh Pesawat Assad di Daraa

Pejuang oposisi bersenjata mengaku menembak jatuh sebuah pesawat tempur Assad di provinsi Daraa pada Selasa (26/06/2018). Sebuah video yang diterbitkan di media sosial menunjukkan saat pesawat tertembak.

Rabu, 27/06/2018 14:22 0

Suriah

Yordania Tolak Pengungsi Suriah

Bettina Luchre, juru bicara Program Pangan Dunia (WFP), menekankan bahwa jumlah pengungsi akan meningkat dua kali lipat seiring pertempuran yang semakin sengit.

Rabu, 27/06/2018 14:07 0

Indonesia

Baku Tembak Iringi Pilkada Papua, Jubir OPM Umumkan Duduki Ibu Kota Nduga

Baku tembak antara aparat keamanan dengan kelompok yang mengklaim diri sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) terjadi sejak pukul 08.00 WIT tadi pagi.

Rabu, 27/06/2018 14:01 0

Mali

Tentara Mali Terbukti Eksekusi Belasan Sipil di Pasar

Kepala misi PBB, Mohamed Saleh al-Nazif, meminta otoritas Mali memastikan bahwa penyelidikan yang sedang berlangsung selesai sesegera mungkin.

Rabu, 27/06/2018 09:17 0

Close