... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Selebrasi Gol Shaqiri-Xhaka, Picu Ingatan Konflik Kosovo-Serbia

Foto: Selebrasi gol pemain Swiss keturunan Kosovo, Granit Xhaka (kiri) dan Xherdan Shaqiri (kanan) dalam pertandingan melawan Serbia menuai kontroversi.

KIBLAT.NET, Kaliningrad – Pesepakbola Swiss, Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri, memanaskan ketegangan politik di Balkan setelah mereka menggunakan simbol negara Albania untuk merayakan gol mereka saat melawan Serbia. Pertandingan pada Jumat, (22/06) itu akhirnya dimenangkan Swiss dengan skor 2-1 dalam babak kualifikasi Grup E di Kaliningrad, Rusia.

Xhaka dan Shaqiri, memiliki darah Kosovo yang bersekutu dan memiliki warisan budaya dan bahasa yang sama dengan etnis Albania. Mereka berdua dibesarkan di Swiss dan dinaturalisasi sehingga menjadi pesepakbola timnas Swiss.

Keduanya berhasil mengubah jalannya pertandingan setelah Serbia sempat memimpin melalui gol Aleksandar Mitrovic di awal babak pertama.

Keduanya meletakkan tangan terbuka mereka dengan jempol terkunci dan jari-jari terulur untuk membuat gestur  yang tampak seperti elang berkepala ganda yang ada di bendera nasional Albania. Ibu jari mewakili kedua kepala elang, sementara jari-jari tampak seperti sayapnya.

Sikap ini kemungkinan akan mengobarkan ketegangan di antara nasionalis Serbia dan etnis Albania.

Shaqiri lahir di Kosovo, bekas provinsi Serbia yang mendeklarasikan kemerdekaan pada 2008. Serbia tidak mengakui kemerdekaan negara tersebut dan hubungan Kosovo antara kedua negara tetap tegang. Orangtua Xhaka berasal dari Kosovo dan mereka memiliki darah Albania. Ayah gelandang Arsenal itu bahkan sempat dipenjara saat rezim Yugoslavia masih berkuasa karena berkampanye mendukung kemerdekaan Kosovo.

Shaqiri, yang bermain untuk Stoke City, mengatakan setelah pertandingan bahwa  ekspresi “itu hanya emosi” ketika dia ditanya tentang cara perayaannya yang dituding memiliki nilai politis itu.

“Saya pikir dalam sepakbola Anda selalu memiliki emosi,” katanya. “Anda dapat melihat apa yang saya lakukan dan saya pikir itu hanya emosi. Saya sangat senang untuk mencetak gol ini. Itu tidak lebih. Saya pikir kita tidak perlu membicarakan hal ini sekarang,” jelas Shaqiri.

Pelatih Swiss, Vladimir Petkovic, menambahkan: “Anda seharusnya tidak pernah mencampurkan politik dan sepakbola. Sudah jelas bahwa emosi muncul dan begitulah yang terjadi. Saya pikir kita semua bersama-sama perlu menjauhi politik dalam sepakbola dan kita harus fokus pada olahraga ini sebagai permainan yang indah dan sesuatu yang menyatukan orang. ”

Sementara itu, pemain Serbia Aleksandar Mitrovic mengkritik ekspresi para pengungsi Kosovo yang akhirnya menjadi pemain Timnas negara Swiss tersebut. Pada pertandingan itu, kamera menyorot Shaqiri yang mengenakan sepatu dengan bendera Kosovo ditampilkan pada satu tumit dan bendera Swiss di tumit yanglain.

Mitrovic bertanya: “Jika dia sangat mencintai Kosovo dan memutuskan untuk memamerkan bendera Kosovo, mengapa dia menolak kesempatan bermain untuk tim mereka?”

Lihat gambar di TwitterLihat gambar di Twitter

Tetapi, pelatih Serbia Mladen Krstajic tidak tertarik berbicara mengenai kontroversi selebrasi tersebut. “Saya tidak punya komentar,” katanya. “Saya tidak berurusan dengan hal-hal ini. Saya seorang pria di bidang olahraga dan inilah yang akan saya tinggali. Saya tidak punya komentar. ”

Sebagaimana diketahui, Kosovo memerdekakan diri dari Serbia pada Februari, 2008. Sejak saat itu, Serbia berusaha menghalang-halangi pengakuan kedaulatan Kosovo oleh dunia internasional. Namun, tekanan dari Serbia mulai berkurang pasca-ratifikasi Perjanjian Brussels pada April 2013.

Adapun di wilayah Kosovo, etnis muslim Albania merupakan mayoritas. Sementara, etnis Kosovo merupakan minoritas dari segi jumlah penduduk namun cenderung berkuasa secara politik pada era sebelum kemerdekaan Kosovo.

 

 

Editor: Fajar Shadiq
Sumber: Guardian, The Star, Pandit Football

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Polisi Hentikan Kasus Dugaan Penodaan Agama Sukmawati, DSKS Protes

Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) memprotes keputusan polisi yang mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) kasus dugaan penodaan agama oleh Sukmawati Soekarnoputri

Sabtu, 23/06/2018 11:34 0

Tazkiyah

Begini Ketegasan Syekh Abdul Qadir Jailani Terhadap Perkara Bid’ah

Syekh Abdul Qadir Jailani adalah sosok yang tegas terhadap perkara bid’ah dalam agama. Beliau senantiasa menasehati muridnya agar mengikuti sunah.

Jum'at, 22/06/2018 20:13 0

Indonesia

Studi: Indonesia Masuk dalam Peringkat Tertinggi Pelarangan Agama

KIBLAT.NET – Indonesia masuk dalam kategori negara tertinggi dalam pelarangan agama, menurut penelitian Pew Research Center...

Jum'at, 22/06/2018 10:43 0

Rohah

Mengaku Nabi di Hadapan Al-Makmun

Seseorang yang mengaku dirinya Nabi menghadap khalifah Al-Makmun. Beliau bertanya kepada orang itu

Kamis, 21/06/2018 16:05 0

Tazkiyah

Gelimang Harta dan Tahta Tak Membuatnya Bahagia

Ketika ajal mendekatinya, ia memberikan kepada saudagar itu, majikannya, cincin yang selalu dipakainya dan berkata, “Aku sebenarnya adalah anak khalifah al-Makmun. Apabila aku mati, mandikanlah, kafanilah, dan kuburkanlah aku, kemudian serahkanlah cincin ini kepada ayahku.”

Kamis, 21/06/2018 15:00 0

Opini

Orientasi Penerapan Hukum Islam

“Hukum Islam sangat jelas manfaat agamanya, dan menuntaskan masalah hingga ke akar persoalannya. Hukum Islam sangat solutif, efektif, dan produktif. Berbagai hal positif dilahirkan oleh Hukum Islam, sehingga patut disebut hukum positif.”

Kamis, 21/06/2018 12:45 0

Indonesia

Lebaran Usai, KPAI Ingatkan Dampak Urbanisasi

Pasca lebaran banyak warga dari desa berusaha mencari penghidupan di kota-kota besar. Hal ini diingatkan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Dr. Susanto. Dia mengimbau agar pelaku urbanisasi tersebut memperhatikan beberapa hal.

Kamis, 21/06/2018 12:21 0

Tazkiyah

Ingin Didoakan Malaikat? Lakukan Amalan-amalan Ini

Ibnu Katsir berkata: Adapun shalawat dari malaikat dalam ayat di atas, maknanya adalah doa dan istighfar bagi para manusia. (Tafsir Ibnu Katsir, 3/496)

Kamis, 21/06/2018 11:47 0

Tazkiyah

Antara Ridha, Maaf dan Ampunan Allah, Apa Bedanya?

Di dalam al-Quran, banyak sekali ayat-ayat yang bersinggungan dengan maaf, ridha dan ampunan. Sebenarnya apa perbedaan ketiganya?

Kamis, 21/06/2018 08:50 0

Rohah

Gaji Petugas Daulah Menurut Hasan Al-Bashri

Seorang petugas daulah bertanya kepada Hasan Basri tentang penerimaan gaji dari negara, sebab menurutnya, dana yang ada di kas negara sebagian besar diperoleh dan dipungut dari hasil kezaliman.

Kamis, 21/06/2018 07:00 0

Close