... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Suriah Selatan Memanas, Ribuan Sipil Mengungsi

Foto: Suriah Selatan mencakup provinsi Daraa, Suwaida dan Qunaithirah

KIBLAT.NET, Daraa – Militer Damaskus menghujani bom wilayah-wilayah yang dikendalikan oposisi di barat daya dan selatan Suriah pada Kamis (21/06). Eskalasi ini terjadi setelah pernyataan Bashar Assad berjanji untuk merebut wilayah yang berbatasan dengan Yordania dan Dataran Tinggi Golan.

Lembaga pengawas HAM Suriah (SOHR) mengatakan bahwa sebanyak 12.500 warga sipil telah melarikan diri dari kota Basr Al-Harir dan daerah sekitarnya di provinsi Daraa dalam dua hari terakhir.

Serangan besar militer Suriah di wilayah barat daya dan selatan ini akan memicu meletusnya perang kembali setelah setahun terakhir konflik di Suriah sedikit mereda menyusul kesepakatan-kesepakatan internasional.

Washington telah memperingatkan akan mengambil “tindakan tegas dan tepat” sebagai tanggapan terhadap pelanggaran-pelanggaran pemerintah atas kesepakatan “zona de-eskalasi” AS-Rusia tahun lalu yang ditujukan untuk mengatasi konflik di bagian barat daya negara itu. AS dan Rusia membuat kesepakatan khusus untuk meredakan konflik di wilayah perbatasan Suriah-Yordania, yang dikuasai mayoritas faksi-faksi Free Syrian Army (FSA) dan suku.

Meskipun Assad berjanji untuk memulihkan kawasan itu, kampanye militer akan dipersulit oleh kepentingan Yordania dan Israel, yang bersekutu dengan Amerika Serikat. Israel sangat khawatir peran Iran di Suriah.

“Kami sangat terganggu oleh laporan peningkatan operasi oleh rezim Suriah di wilayah tersebut,” kata keterangan Departemen Luar Negeri AS melalui juru bicaranya, Heather Narwot.

BACA JUGA  285 Ribu Pengungsi Idlib Pulang ke Rumah Masing-Masing

Militer rezim dan milisi pendukungnya, imbuh Narwot, melanggar kesepakatan zona de-eskalasi di wilayah selatan dan memulai serangan udara, artileri dan roket. Kami memperingatkan pemerintah Rusia dan Suriah akibat serius dari pelanggaran ini.

Tentara Suriah sejauh ini hanya menggunakan artileri untuk menggempur wilayah selatan bersama dengan beberapa serangan udara. Angkatan udara telah menjadi faktor penentu dalam mengalahkan oposisi di daerah-daerah seperti Aleppo dan Ghouta timur.

Media pemerintah mengatakan bahwa serangan militer Suriah itu terfokus di kota Al-Harrak dan Basr Al-Harir. Sementara di wilayah lain serangan berlangsung tidak intens.

Nasim Abu Arrah, komandan faksi oposisi Syababussunnah, bahwa saat ini baru diketahui bahwa rezim ingin menargetkan Basr Al-Harir dan Lajan di timur Daraa.

Komandan faksi opoisisi lainnya, Abu Bakr al-Hassan, menambahkan bahwa gempuran di daerah itu berlangsung sengit. Kepada Reuters, ia mengungkapkan bahwa warga sipil takut serangan itu menjadi awal kampanye militer rezim dan milisi Iran menyerang desanya.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rohah

Mengaku Nabi di Hadapan Al-Makmun

Seseorang yang mengaku dirinya Nabi menghadap khalifah Al-Makmun. Beliau bertanya kepada orang itu

Kamis, 21/06/2018 16:05 0

Tazkiyah

Gelimang Harta dan Tahta Tak Membuatnya Bahagia

Ketika ajal mendekatinya, ia memberikan kepada saudagar itu, majikannya, cincin yang selalu dipakainya dan berkata, “Aku sebenarnya adalah anak khalifah al-Makmun. Apabila aku mati, mandikanlah, kafanilah, dan kuburkanlah aku, kemudian serahkanlah cincin ini kepada ayahku.”

Kamis, 21/06/2018 15:00 0

Opini

Orientasi Penerapan Hukum Islam

“Hukum Islam sangat jelas manfaat agamanya, dan menuntaskan masalah hingga ke akar persoalannya. Hukum Islam sangat solutif, efektif, dan produktif. Berbagai hal positif dilahirkan oleh Hukum Islam, sehingga patut disebut hukum positif.”

Kamis, 21/06/2018 12:45 0

Indonesia

Lebaran Usai, KPAI Ingatkan Dampak Urbanisasi

Pasca lebaran banyak warga dari desa berusaha mencari penghidupan di kota-kota besar. Hal ini diingatkan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Dr. Susanto. Dia mengimbau agar pelaku urbanisasi tersebut memperhatikan beberapa hal.

Kamis, 21/06/2018 12:21 0

Tazkiyah

Ingin Didoakan Malaikat? Lakukan Amalan-amalan Ini

Ibnu Katsir berkata: Adapun shalawat dari malaikat dalam ayat di atas, maknanya adalah doa dan istighfar bagi para manusia. (Tafsir Ibnu Katsir, 3/496)

Kamis, 21/06/2018 11:47 0

Tazkiyah

Antara Ridha, Maaf dan Ampunan Allah, Apa Bedanya?

Di dalam al-Quran, banyak sekali ayat-ayat yang bersinggungan dengan maaf, ridha dan ampunan. Sebenarnya apa perbedaan ketiganya?

Kamis, 21/06/2018 08:50 0

Rohah

Gaji Petugas Daulah Menurut Hasan Al-Bashri

Seorang petugas daulah bertanya kepada Hasan Basri tentang penerimaan gaji dari negara, sebab menurutnya, dana yang ada di kas negara sebagian besar diperoleh dan dipungut dari hasil kezaliman.

Kamis, 21/06/2018 07:00 0

Tazkiyah

Pemimpin yang Kuat Lagi Amanah

Utsman kembali seraya berkata kepada semua yang ada di situ, “Barangsiapa ingin melihat seorang al-Qawi al-Amin (yang kuat lagi amanah), lihatlah orang itu!”

Rabu, 20/06/2018 13:12 0

Rohah

Solusi Kesedihan Ala Ibrahim bin Adham

Ibrahim Ibnu Adham melihat seorang yang tampak pada wajahnya seperti sedang ditimpa kesusahan dan kesedihan. Lalu Ibrahim bertanya kepada orang itu,"Aku ingin mengajukan tiga pertanyaan kepadamu.

Rabu, 20/06/2018 11:53 0

Tazkiyah

Bila Azan Berkumandang, Mengapa Kita Harus Segera ke Masjid?

Sesibuk apapun pekerjaannya, rela mereka tinggalkan bila panggilan azan berkumandang. Sebagai umat Islam—terlebih para aktivis—tentu kita harus menjadikan mereka sebagai sosok teladan dalam beragama.

Rabu, 20/06/2018 11:00 0

Close