... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Studi: Indonesia Masuk dalam Peringkat Tertinggi Pelarangan Agama

Foto: Kementerian Agama RI dan wacana sertifikat khatib [foto: Suaraislam.co]

KIBLAT.NET – Indonesia masuk dalam kategori negara tertinggi dalam pelarangan agama, menurut penelitian Pew Research Center tentang pembatasan global terhadap agama.

Pembatasan agama atau pelarangan kegiatan keagamaan dilakukan oleh pemerintah, individu, maupun kelompok sosial terhadap pemeluk agama apa pun, termasuk Islam.

Berdasarkan data yang diteliti dari tahun 2010-2016 di 198 negara ditemukan bahwa pelarangan dan pembatasan agama telah mengalami peningkatan cukup tingi.

Berikut adalah beberapa temuan kunci dari laporan yang baru dirilis Kamis, 21 Juni 2018 kemarin:

Pertama, pembatasan pemerintah atas agama terus meningkat pada tahun 2016. Lebih dari seperempat (28%) dari negara-negara yang diteliti, memiliki tingkat larangan pemerintah yang “tinggi” atau “sangat tinggi” pada tahun 2016, meningkat dari 25% tahun sebelumnya.

Negara-negara dalam kategori “tinggi” atau “sangat tinggi” setidaknya mencetak 4,5 pada Indeks Pembatasan Pemerintah. Indeks ini adalah skala 10 poin berdasarkan 20 indikator pembatasan pemerintah terhadap agama, termasuk batasan tentang dakwah dan khotbah umum, atau penahanan dan penyerangan anggota kelompok agama.

Laos, misalnya, bergabung dengan kategori pembatasan agama “sangat tinggi” pada tahun 2016. Sebagian karena keputusan pemerintah baru yang memungkinkan Departemen Dalam Negeri untuk menghentikan kegiatan keagamaan yang dianggap bertentangan dengan kebijakan, kebiasaan tradisional atau undang-undang dalam yurisdiksi.

Kedua, pangsa negara dengan tingkat permusuhan sosial “tinggi” atau “sangat tinggi” yang melibatkan agama tetap stabil pada 27%. Negara-negara dalam dua kategori ini mencetak setidaknya 3,6 pada Indeks Permusuhan Sosial, skala 10 poin berdasarkan 13 ukuran permusuhan sosial yang melibatkan agama, termasuk ketegangan antara kelompok agama dan terorisme terkait agama.

BACA JUGA  Hikma Sanggala Akan Rapat Dengar Pendapat Bersama DPRD Kendari

Meskipun pangsa negara-negara dalam kategori ini tidak berubah sejak tahun lalu, itu lebih tinggi daripada tahun 2007, ketika penelitian ini mulai melacak permusuhan sosial. Selain itu, beberapa negara bergabung dengan dua kategori teratas permusuhan sosial ini pada tahun 2016.

Bangladesh mengalami peningkatan dalam serangan dan pembunuhan anggota kelompok agama oleh kelompok sosial atau individu.

Ketiga, insiden pembatasan oleh pemerintah atau permusuhan sosial pada tahun 2016 melibatkan partai politik atau kelompok sosial yang mendukung posisi nasionalis. Sekitar satu dari sepuluh negara (11%) memiliki aktor pemerintah (termasuk pejabat publik atau partai politik) yang menggunakan retorika nasionalis terhadap anggota kelompok agama tertentu, dibandingkan dengan 6% tahun sebelumnya.

Demikian pula, 16% negara dalam laporan tersebut telah mengorganisasikan kelompok sosial yang menggunakan retorika nasionalis terhadap minoritas agama di negara tersebut, meningkat dari 14% pada tahun 2015.

Keempat, secara keseluruhan, jumlah negara di mana berbagai kelompok agama dilecehkan baik oleh pemerintah atau kelompok sosial meningkat pada tahun 2016. Ini merupakan jumlah terbesar negara di mana pelecehan terjadi sejak awal analisis ini pada 2007.

Kelompok yang paling banyak ditargetkan di 144 dan 142 negara masing-masing adalah Kristen dan Muslim, dua kelompok agama terbesar di dunia.

Kelima, di antara 25 negara terpadat di dunia, Mesir, Rusia, India, Indonesia, dan Turki memiliki tingkat pembatasan agama tertinggi secara keseluruhan, baik oleh pemerintah maupun permusuhan sosial.

BACA JUGA  PKS: Kebakaran Hutan Setiap Tahun Terjadi, Seharusnya Pemerintah Bisa Antisipasi

Sementara itu, Cina memiliki tingkat tertinggi pembatasan pemerintah terhadap agama, sementara India memiliki tingkat permusuhan sosial tertinggi yang melibatkan agama. Kedua negara ini memiliki tingkat pembatasan tertinggi dalam kategori-kategori ini, tidak hanya di antara 25 negara terpadat tetapi juga di dunia pada umumnya.

Redaktur: Salem
Sumber: pewresearch.org

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

PBB: 750 Ribu Warga Suriah dalam Ancaman Kekerasan Baru Rezim

KIBLAT.NET – PBB mengatakan 750.000 warga Suriah barat daya mungkin berada dalam bahaya di tengah...

Jum'at, 22/06/2018 09:35 1

Turki

Turki Ancam Keluar dari Kesepakatan Astana

Dalam pernyataannya yang ditujukan kepada Iran dan Rusia, selaku negara penjamin di pihak rezim Suriah, bahwa "setiap serangan terhadap kawasan itu mengakhiri perjanjian Astana."

Jum'at, 22/06/2018 07:30 0

Suriah

Suriah Selatan Memanas, Ribuan Sipil Mengungsi

Lembaga pengawas HAM Suriah (SOHR) mengatakan bahwa sebanyak 12.500 warga sipil telah melarikan diri dari kota Basr Al-Harir dan daerah sekitarnya di provinsi Daraa dalam dua hari terakhir.

Jum'at, 22/06/2018 05:45 0

Rohah

Mengaku Nabi di Hadapan Al-Makmun

Seseorang yang mengaku dirinya Nabi menghadap khalifah Al-Makmun. Beliau bertanya kepada orang itu

Kamis, 21/06/2018 16:05 0

Tazkiyah

Gelimang Harta dan Tahta Tak Membuatnya Bahagia

Ketika ajal mendekatinya, ia memberikan kepada saudagar itu, majikannya, cincin yang selalu dipakainya dan berkata, “Aku sebenarnya adalah anak khalifah al-Makmun. Apabila aku mati, mandikanlah, kafanilah, dan kuburkanlah aku, kemudian serahkanlah cincin ini kepada ayahku.”

Kamis, 21/06/2018 15:00 0

News

Kini, Postingan Video di Instagram Bisa Lebih Panjang dengan IGTV

IGTV akan meningkatkan batas waktu video Instagram dari satu menit menjadi 10 menit untuk sebagian besar pengguna.

Kamis, 21/06/2018 13:17 0

Opini

Orientasi Penerapan Hukum Islam

“Hukum Islam sangat jelas manfaat agamanya, dan menuntaskan masalah hingga ke akar persoalannya. Hukum Islam sangat solutif, efektif, dan produktif. Berbagai hal positif dilahirkan oleh Hukum Islam, sehingga patut disebut hukum positif.”

Kamis, 21/06/2018 12:45 0

Amerika

Donald Trump Ingin Amerika Dominasi Luar Angkasa

"Tidak cukup hanya kehadiran Amerika di luar angkasa. Kita harus mendominasi luar angkasa," kata Trump.

Kamis, 21/06/2018 11:50 0

Tazkiyah

Ingin Didoakan Malaikat? Lakukan Amalan-amalan Ini

Ibnu Katsir berkata: Adapun shalawat dari malaikat dalam ayat di atas, maknanya adalah doa dan istighfar bagi para manusia. (Tafsir Ibnu Katsir, 3/496)

Kamis, 21/06/2018 11:47 0

Amerika

Terungkap, Perusahaan Cina Rekrut Agen Ganda AS

Terungkap, Perusahaan Cina Rekrut Agen Ganda AS

Kamis, 21/06/2018 11:08 0

Close