... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Lebaran Usai, KPAI Ingatkan Dampak Urbanisasi

Foto: Puncak arus mudik 2018.

KIBLAT.NET, Jakarta – Pasca lebaran banyak warga dari desa berusaha mencari penghidupan di kota-kota besar. Hal ini diingatkan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Dr. Susanto. Dia mengimbau agar pelaku urbanisasi tersebut memperhatikan beberapa hal.

“Kota bukan satu-satunya tempat terbaik memperbaiki nasib keluarga. Banyak potensi-potensi desa dan daerah yag saat ini membutuhkan pelopor inovatif di desa. Ingat! Banyak orang-orang sukses berawal dari mengembangkan dan menginovasi potensi-potensi lokal di desanya,” kata Susanto dalam keterangan tertulis yang diterima Kiblat.net, Selasa (19/06/2018).

Dia kemudian mengimbau masyarakat untuk tidak membawa keluarga atau kerabat yang tidak memiliki keahlian untuk datang ke kota besar. Dikhawatirkan, dengan membawa orang-orang tersebut dapat menaikkan potensi pengangguran dan masalah sosial lain.

“Pengangguran seringkali menimbulkan masalah anak, seperti penelantaran, putus sekolah dan masalah anak lainnya,” imbuh Susanto.

Selain itu, Ketua KPAI ini juga meminta pelaku urbanisasi untuk memastikan adanya tempat tinggal di kota tujuan. Dia mengimbau untuk menghindari tinggal di kolong jembatan, lokasi penampungan sampah, pinggir rel kereta api dan sungai serta tempat berbahaya lainnya karena sangat berbahaya bagi tumbuh kembang anak.

“Pastikan jika membawa tenaga pengasuh dari kampung memiliki rekam jejak yang baik dan bukan pelaku kekerasan terhadap anak. Hal ini untuk mencegah maraknya kasus-kasus anak di kota-kota tujuan; baik penculikan, kekerasan maupun traficking,” ujar Susanto.

BACA JUGA  PKS Dukung Aturan Pemabuk Dilarang Menjadi Pemimpin

Dia juga mengingatkan agar para orang tua melengkapi dan membawa identitas; seperti Akta Kelahiran, KTP ortu, Kartu Keluarga, serta identitas lain yang diperlukan. Hal ini untuk memastikan pemenuhan hak dasar anak termasuk pendidikan.

“Hati-hati juga dalam melamar pekerjaan, untuk menghindari modus memanfaatkan pendatang baru, yang bisa merugikan,” pungkasnya.

Reporter: Qoid
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Donald Trump Ingin Amerika Dominasi Luar Angkasa

"Tidak cukup hanya kehadiran Amerika di luar angkasa. Kita harus mendominasi luar angkasa," kata Trump.

Kamis, 21/06/2018 11:50 0

Tazkiyah

Ingin Didoakan Malaikat? Lakukan Amalan-amalan Ini

Ibnu Katsir berkata: Adapun shalawat dari malaikat dalam ayat di atas, maknanya adalah doa dan istighfar bagi para manusia. (Tafsir Ibnu Katsir, 3/496)

Kamis, 21/06/2018 11:47 0

Amerika

Terungkap, Perusahaan Cina Rekrut Agen Ganda AS

Terungkap, Perusahaan Cina Rekrut Agen Ganda AS

Kamis, 21/06/2018 11:08 0

Tazkiyah

Antara Ridha, Maaf dan Ampunan Allah, Apa Bedanya?

Di dalam al-Quran, banyak sekali ayat-ayat yang bersinggungan dengan maaf, ridha dan ampunan. Sebenarnya apa perbedaan ketiganya?

Kamis, 21/06/2018 08:50 0

Suriah

Suriah Tingkatkan Serangan di Suriah Selatan

Serangan di barat daya dapat mengancam pertempuran besar yang telah berlangsung selama lebih dari tujuh tahun. Wilayah ini memiliki kepentingan strategis bagi Israel, yang sangat khawatir dengan pengaruh Iran di Suriah. Washington telah memperingatkan akan mengambil "tindakan tegas dan tepat" sebagai tanggapan atas pelanggaran perjanjian "zona de-eskalasi".

Kamis, 21/06/2018 08:00 0

Rohah

Gaji Petugas Daulah Menurut Hasan Al-Bashri

Seorang petugas daulah bertanya kepada Hasan Basri tentang penerimaan gaji dari negara, sebab menurutnya, dana yang ada di kas negara sebagian besar diperoleh dan dipungut dari hasil kezaliman.

Kamis, 21/06/2018 07:00 0

Afghanistan

Gencatan Berakhir, Taliban Kuasai Pangkalan Militer

Setidaknya 30 pasukan keamanan tewas akibat serangan di pangkalan militer di distrik Balmergab, provinsi Badajis itu. Pertempuran sengit meletus dalam merebutkan markas militer tersebut.

Kamis, 21/06/2018 05:57 0

Arab Saudi

Saudi Bangun Kanal, Qatar Bakal Kehilangan Perbatasan Darat

Qatar, salah satu negara Teluk akan kehilangan satu-satunya perbatasan darat jika kanal itu dibangun. 

Rabu, 20/06/2018 19:14 0

Afghanistan

Presiden Afghanistan Dituntut Akhiri Perang dan Usir Pasukan Asing

Ratusan warga Afghanistan mengajukan daftar tuntutan kepada Presiden Ashraf Ghani di ibu kota Kabul setelah melakukan long march berbulan-bulan di seluruh negeri.

Rabu, 20/06/2018 14:10 0

Afrika

Pemerintah Mali Akui Militernya Terlibat Kejahatan HAM

Menteri Pertahanan Mali telah mengakui keterlibatan militer dalam pembunuhan di wilayah tengah negara yang mengalami konflik.

Rabu, 20/06/2018 13:31 0

Close