Gencatan Berakhir, Taliban Kuasai Pangkalan Militer

KIBLAT.NET, Kabul – Gerakan Taliban Afghanistan, Rabu (20/06), menguasai pangkalan militer di Afghanistan barat. Ini merupakan serangan besar pertama Taliban setelah berakhirnya gencatan senjata Idul Fitri.

Setidaknya 30 pasukan keamanan tewas akibat serangan di pangkalan militer di distrik Balmergab, provinsi Badajis itu. Pertempuran sengit meletus dalam merebutkan markas militer tersebut.

Gubernur Badajis, Abdul Ghofur Malik Zay, menyebutkan bahwa Taliban memulai serangan pada pagi hari menargetkan dua pos pemeriksaan yang menuju pangkalan. Hal itu juga dibenarkan Bupati Balmergar, Abdul Aziz Bek.

Menurut Bek, pasukan Taliban berdatangan dari berbagai arah setelah pertempuran sengit yang menewaskan 30 pasukan keamanan. Taliban akhirnya menguasai pangkalan militer tersebut.

Dia menambahkan, sedikitnya 15 anggota Taliban tewas dalam pertempuran di daerah lain di provinsi Badajis. Bek menuduh Taliban memanfaatkan masa gencatan senjata Idul Fitri untuk mensurvei lokasi.

Juru bicara polisi distrik Badajis, Naqibullah Amini, juga mengonfirmasi 30 tentara pemerintah tewas akibat serangan Taliban. Dia menambahkan, empat tentara lainnya tewas dalam serangan lain di pos pemeriksaan keamanan di Badajis.

Sementara itu, Taliban mengatakan pertempuran sengit masih berlansung di distrik tersebut dan pasukannya telah membunuh puluhan tentara.

Taliban mengumumkan, gencatan senjata Idul Fitri yang berlangsung tiga hari berakhir pada Ahad kemarin. Gerakan tersebut tidak menghiraukan gencatan senjata lanjutan yang diumumkan pemerintah.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat