... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Gelimang Harta dan Tahta Tak Membuatnya Bahagia

Foto: Harta dan Tahta

KIBLAT.NET – Suatu hari, putra mahkota khilafah Abbasiyyah, Ali bin Ma’mun, memanggil orang miskin. Ia bertanya kepadanya, “Apakah kamu mengenalku?”

Ia menjawab, “Aku belum pernah melihat Tuan, tetapi aku mengenal Tuan.”

Putra mahkota berkata, “Aku adalah anak Khalifah.”

Ia berkata, “Orang-orang mengatakan demikian.”

Putra mahkota bertanya lagi, “Apakah pekerjaanmu?”

Ia menjawab, “Aku bekerja besama hamba-hamba Allah di negeri Allah.”

Putra mahkota berkata, “Aku telah melihatmu selama beberapa hari terakhir ini dan kulihat kamu begitu sengsara, maka aku ingin meringankan penderitaanmu.”

Ia bertanya, “Dengan cara apakah Tuan akan melakukannya?”

Putra mahkota berkata, “Tinggallah kamu dan keluargamu dalam istana bersamaku. Kamu akan hidup senang tinggal makan dan minum tanpa ada kesusahan, tanpa ada penderitaan, dan tanpa ada kesedihan.”

Ia menjawab, “Wahai putra khalifah, tiada kesusahan bagi orang yang tidak berdosa, tiada penderitaan, tiada penderitaan bagi orang yang tidak durhaka, dan tiada kesedihan bagi orang yang tidak melakukan keburukan.”

Putra mahkota bertanya tentang keluarganya. Ia menjawab, “Hanya ibuku yang sudah tua renta dan saudara perempuanku yang buta. Aku datang dengan membawa roti untuk berbuka keduanya sebelum matahari tenggelam, karena keduanya selalu puasa setiap hari. Kami makan bersama, kemudian tidur.”

Putra mahkota bertanya, “Kapan engkau bangun?”

Ia menjawab, “Apabila rahmat Yang Maha Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya turun ke langit yang terdekat (waktu sahur).”

Putra mahkota bertanya lagi, “Apakah kamu punya hutang?”

Ia menjawab, “Dosa-dosa yang telah kulakukan antara aku dan Allah Yang Maha Hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya.”

Putra mahkota bertanya, “Apakah kamu ingin hidup seperti kami?”

Ia menjawab, “Tidak, demi Allah.”

Putra mahkota heran, “Mengapa?”

Ia menjawab, “Aku takut kalbuku akan menjadi keras dan agamaku menjadi terlantar.”

Putra mahkota berkata, “Apakah kamu lebih memilih menjadi tukang kuli pikul di pasar dalam keadaan lapar di bawah terik matahari, tidak berpakaian, susah, sedih lagi sengsara, dan tidak mau hidup bersamaku di dalam istana kerajaan?”

Ia menjawab, “Benar, demi Allah.” Ia pun turun dan pergi meninggalkan putra mahkota.

Putra mahkota merenung dan berpikir dengan perasaan yang sendu sesudah mendengar ceramah keimanan dari si miskin dan kalbunya tersentuh oleh pelajaran tauhid.

Dalam tidurnya, Putra mahkota terbangun di tengah malam, lalu berkata kepada pengawal pribadinya, “Aku akan pergi ke suatu tempat. Setelah berlalu tiga hari dari kepergianku, sampaikanlah olehmu kepada ayahku, Al-Makmun, bahwa aku pergi dan akan bersua lagi dengannya pada hari penampilan yang terbesar (di padang Mahsyar).”

Mereka bertanya, “Mengapa engkau akan pergi?”

Putra mahkota menjawab, “Aku pandangi diriku dan ternyata aku berada dalam kealpaan, tidur yang nyenyak, terlantar dan sesat. Maka, aku ingin hijrah kepada Allah dengan membawa ruhku.”

Saat terakhir pelayan melihat putra mahkota ialah pada hari ia meninggalkan istana menaiki kendaraannya menuju ke Wasith. Putra mahkota mengubah penampilannya seperti orang miskin dan bekerja pada seorang saudagar untuk membuat batu bata.

Ketika ajal mendekatinya, ia memberikan kepada saudagar itu, majikannya, cincin yang selalu dipakainya dan berkata, “Aku sebenarnya adalah anak khalifah al-Makmun. Apabila aku mati, mandikanlah, kafanilah, dan kuburkanlah aku, kemudian serahkanlah cincin ini kepada ayahku.”

Si saudagar pun menceritakan kepada khalifah perihal putranya. Setelah mendengar kisahnya, khalifah dan para menterinya menangis sejadi-jadinya. Mereka memahami bahwa putra mahkota telah bahagia dengan jalannya, namun mereka tidak mengambil jalan bersamanya.

Penulis: Zamroni

Diterjemahkan dari kitab Siyathul Qulub karya Dr. ‘Aid al-Qarni, hlm. 237-240.

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

Kini, Postingan Video di Instagram Bisa Lebih Panjang dengan IGTV

IGTV akan meningkatkan batas waktu video Instagram dari satu menit menjadi 10 menit untuk sebagian besar pengguna.

Kamis, 21/06/2018 13:17 0

Opini

Orientasi Penerapan Hukum Islam

“Hukum Islam sangat jelas manfaat agamanya, dan menuntaskan masalah hingga ke akar persoalannya. Hukum Islam sangat solutif, efektif, dan produktif. Berbagai hal positif dilahirkan oleh Hukum Islam, sehingga patut disebut hukum positif.”

Kamis, 21/06/2018 12:45 0

Indonesia

Lebaran Usai, KPAI Ingatkan Dampak Urbanisasi

Pasca lebaran banyak warga dari desa berusaha mencari penghidupan di kota-kota besar. Hal ini diingatkan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Dr. Susanto. Dia mengimbau agar pelaku urbanisasi tersebut memperhatikan beberapa hal.

Kamis, 21/06/2018 12:21 0

Amerika

Donald Trump Ingin Amerika Dominasi Luar Angkasa

"Tidak cukup hanya kehadiran Amerika di luar angkasa. Kita harus mendominasi luar angkasa," kata Trump.

Kamis, 21/06/2018 11:50 0

Amerika

Terungkap, Perusahaan Cina Rekrut Agen Ganda AS

Terungkap, Perusahaan Cina Rekrut Agen Ganda AS

Kamis, 21/06/2018 11:08 0

Suriah

Suriah Tingkatkan Serangan di Suriah Selatan

Serangan di barat daya dapat mengancam pertempuran besar yang telah berlangsung selama lebih dari tujuh tahun. Wilayah ini memiliki kepentingan strategis bagi Israel, yang sangat khawatir dengan pengaruh Iran di Suriah. Washington telah memperingatkan akan mengambil "tindakan tegas dan tepat" sebagai tanggapan atas pelanggaran perjanjian "zona de-eskalasi".

Kamis, 21/06/2018 08:00 0

Rohah

Gaji Petugas Daulah Menurut Hasan Al-Bashri

Seorang petugas daulah bertanya kepada Hasan Basri tentang penerimaan gaji dari negara, sebab menurutnya, dana yang ada di kas negara sebagian besar diperoleh dan dipungut dari hasil kezaliman.

Kamis, 21/06/2018 07:00 0

Afghanistan

Gencatan Berakhir, Taliban Kuasai Pangkalan Militer

Setidaknya 30 pasukan keamanan tewas akibat serangan di pangkalan militer di distrik Balmergab, provinsi Badajis itu. Pertempuran sengit meletus dalam merebutkan markas militer tersebut.

Kamis, 21/06/2018 05:57 0

Arab Saudi

Saudi Bangun Kanal, Qatar Bakal Kehilangan Perbatasan Darat

Qatar, salah satu negara Teluk akan kehilangan satu-satunya perbatasan darat jika kanal itu dibangun. 

Rabu, 20/06/2018 19:14 0

Afghanistan

Presiden Afghanistan Dituntut Akhiri Perang dan Usir Pasukan Asing

Ratusan warga Afghanistan mengajukan daftar tuntutan kepada Presiden Ashraf Ghani di ibu kota Kabul setelah melakukan long march berbulan-bulan di seluruh negeri.

Rabu, 20/06/2018 14:10 0

Close