... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Antara Ridha, Maaf dan Ampunan Allah, Apa Bedanya?

Foto: Ayat tentang maaf Allah

ثُمَّ عَفَوْنَا عَنْكُمْ مِنْ بَعْدِ ذَٰلِكَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Kemudian sesudah itu Kami maafkan kesalahanmu, agar kamu bersyukur.” (QS. Al-Baqarah: 52)

KIBLAT.NET – Di dalam al-Quran, banyak sekali ayat-ayat yang bersinggungan dengan maaf, ridha dan ampunan Allah. Sebenarnya apa perbedaan ketiganya?

Ridha Allah adalah tingkatan yang paling tinggi. Dalam setiap beribadah dab berdo’a, kita selalu memohon kepada Allah agar Dia ridha kepada kita semua.

Ketika Allah Ta’ala ridha kepada kita berarti Allah memaafkan dosa kita, tidak mencela dan menghukum dengan sesuatu apapun. Dan ini berlaku selamanya. Seperti ketika kita mempunyai kesalahan kepada seseorang, lalu kita mendatanginya dan ria ridha kepada kita dengan sepenuhnya. Lalu ia berkata, “Saya ridha kepadamu karena saya mencintaimu.” Maka setelah itu, kesalahan yang pernah kita lakukan sudah tidak menjadi masalah lagi buat dia.

Sedangkan ampunan Allah maknanya adalah seperti seseorang berkata, “Saya telah mengampunimu, tetapi hati saya  hanyalah Allah saja yang mengetahuinya, dan saya tidak akan balas dendam serta berlaku jahat kepadamu. Pergilah!” artinya, ampunan berada di bawah satu tingkatan dari makna ridha.

Adapun makna dari kata maaf Allah adalah dia memaafkan namun terkadang masih disertai dengan celaan. Tingkatannya berada di bawah kata ampunan. Misalnya, seseorang memaafkan kita, lalu ia berkata, “Saya telah memaafkanmu, tapi mengapa anda melakukan perbuatan ini?!” Dia masih mencela dan mengkritik kita.

Lalu apa hubungannya dengan ayat di atas?

Allah berfirman, “Kemudian kami memaafkan kamu,” ayat ini Allah turunkan mengenai kelakuan bani israil yang hidup pada masa Nabi Musa. Lalu mengapa dalam ayat tersebut Allah tidak berfirman, “kemudian kami meridhai kamu,” kenapa bisa demikian?

Sebagian ulama tafsir menyebutkan bahwa Allah Ta’ala telah ridha dan memaafkan Bani Israil yang hidup bersama Musa, namun tidak demikian dengan Bani Israil lainnya yang tidak mau kembali kepada petunjuk Nabi Musa.

Fakhruddin

Sumber: Buku “Manusia Langit Manusia Bumi”, Karya Aidh Al-Qarni, Penerbit: Aqwam, Solo


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Suriah Tingkatkan Serangan di Suriah Selatan

Serangan di barat daya dapat mengancam pertempuran besar yang telah berlangsung selama lebih dari tujuh tahun. Wilayah ini memiliki kepentingan strategis bagi Israel, yang sangat khawatir dengan pengaruh Iran di Suriah. Washington telah memperingatkan akan mengambil "tindakan tegas dan tepat" sebagai tanggapan atas pelanggaran perjanjian "zona de-eskalasi".

Kamis, 21/06/2018 08:00 0

Rohah

Gaji Petugas Daulah Menurut Hasan Al-Bashri

Seorang petugas daulah bertanya kepada Hasan Basri tentang penerimaan gaji dari negara, sebab menurutnya, dana yang ada di kas negara sebagian besar diperoleh dan dipungut dari hasil kezaliman.

Kamis, 21/06/2018 07:00 0

Afghanistan

Gencatan Berakhir, Taliban Kuasai Pangkalan Militer

Setidaknya 30 pasukan keamanan tewas akibat serangan di pangkalan militer di distrik Balmergab, provinsi Badajis itu. Pertempuran sengit meletus dalam merebutkan markas militer tersebut.

Kamis, 21/06/2018 05:57 0

Arab Saudi

Saudi Bangun Kanal, Qatar Bakal Kehilangan Perbatasan Darat

Qatar, salah satu negara Teluk akan kehilangan satu-satunya perbatasan darat jika kanal itu dibangun. 

Rabu, 20/06/2018 19:14 0

Afghanistan

Presiden Afghanistan Dituntut Akhiri Perang dan Usir Pasukan Asing

Ratusan warga Afghanistan mengajukan daftar tuntutan kepada Presiden Ashraf Ghani di ibu kota Kabul setelah melakukan long march berbulan-bulan di seluruh negeri.

Rabu, 20/06/2018 14:10 0

Afrika

Pemerintah Mali Akui Militernya Terlibat Kejahatan HAM

Menteri Pertahanan Mali telah mengakui keterlibatan militer dalam pembunuhan di wilayah tengah negara yang mengalami konflik.

Rabu, 20/06/2018 13:31 0

Rohah

Solusi Kesedihan Ala Ibrahim bin Adham

Ibrahim Ibnu Adham melihat seorang yang tampak pada wajahnya seperti sedang ditimpa kesusahan dan kesedihan. Lalu Ibrahim bertanya kepada orang itu,"Aku ingin mengajukan tiga pertanyaan kepadamu.

Rabu, 20/06/2018 11:53 0

Fikih

Beda Niat antara Imam dan Makmum, Bolehkah?

Apakah orang yang shalat fardhu boleh mengikuti orang yang shalat nafilah, orang yang shalat nafilah boleh mengikuti orang yang shalat fardhu, dan orang yang shalat fardhu boleh mengikuti orang yang juga shalat fardhu dengan niat berbeda?

Rabu, 20/06/2018 07:15 1

News

Lakukan Hal ini Sebelum Memuji Seseorang

Ada seseorang yang memuji kawannya di depan orang bijaksana. Lalu orang yang bijaksana itu bertanya kepadanya,"Apakah kamu pernah melihat dia menahan diri ketika marah?"

Rabu, 20/06/2018 05:49 0

Rusia

Piala Dunia: Kiper Muslim Ini Tolak Penghargaan Pemain Terbaik Karena Disponsori Perusahaan Bir

kiper timnas Mesir Mohamed El-Shenawy menolak penghargaan man of the macth saat pertandingan melawan Uruguay

Rabu, 20/06/2018 05:41 0

Close