... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Saudi Bangun Kanal, Qatar Bakal Kehilangan Perbatasan Darat

Foto: Qatar

KIBLAT.NET, Riyadh – Arab Saudi melanjutkan rencana untuk membangun kanal yang memisahkan dengan Qatar. Qatar, salah satu negara Teluk akan kehilangan satu-satunya perbatasan darat jika kanal itu dibangun.

Arab Saudi, bersama dengan Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir, telah menempatkan Qatar di bawah blokade selama setahun sebagai protes terhadap kebijakan yang dilakukan oleh Doha.

Riyadh telah menetapkan batas waktu penawaran untuk menggali “Saluran Salwa” sepanjang 60-km pada 25 Juni. Lima perusahaan internasional telah terlibat dalam proyek tawar-menawar tersebut.

Arab Saudi akan mengumumkan pemenang tender 90 hari setelah batas waktu berlalu. Perusahaan yang menang kemudian diharapkan untuk menyelesaikan proyek dalam setahun.

Proyek ini diperkirakan menelan biaya $ 530.000. Kanal akan membentang dari Salwa ke Khor al-Adeed dengan lebar 200 meter dan kedalaman 15-20 meter.

Kapal dengan lebar hingga 33 meter dan panjang 295 meter akan dapat menavigasi kanal.

Tempat Pangkalan Militer dan Limbah Beracun

Selain memotong Qatar -sebuah negara Teluk kecil yang kaya gas- dari satu-satunya perbatasan darat, Riyadh mengharapkan beberapa manfaat dari kanal tersebut.

Menurut Gulf News, resor pantai direncanakan di Salwa, Sakak, Khor al-Adeed dan Ras Abu Qamees.

Pelabuhan akan dibangun di Salwa dan di Aqlat al-Zawayed. Dan di sekitarnya dibangun villa pribadi dan tempat olahraga air.

Kanal agak kurang menarik untuk dikunjungi, karena ada rencana pembangunan pangkalan militer dan tempat pembuangan limbah nuklir.

BACA JUGA  Saudi Cegat Rudal Syiah Hutsi Mengarah ke Makkah

Kanal sepenuhnya berada di dalam perbatasan Saudi, sehingga Qatar tidak akan memiliki hak atas air di dalamnya.

Perusahaan-perusahaan Mesir yang ahli dalam menggali diperkirakan akan didaftar untuk mendapatkan bantuan.

Sumber: Middle East Eye
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Tazkiyah

Pemimpin yang Kuat Lagi Amanah

Utsman kembali seraya berkata kepada semua yang ada di situ, “Barangsiapa ingin melihat seorang al-Qawi al-Amin (yang kuat lagi amanah), lihatlah orang itu!”

Rabu, 20/06/2018 13:12 0

Rohah

Solusi Kesedihan Ala Ibrahim bin Adham

Ibrahim Ibnu Adham melihat seorang yang tampak pada wajahnya seperti sedang ditimpa kesusahan dan kesedihan. Lalu Ibrahim bertanya kepada orang itu,"Aku ingin mengajukan tiga pertanyaan kepadamu.

Rabu, 20/06/2018 11:53 0

Tazkiyah

Bila Azan Berkumandang, Mengapa Kita Harus Segera ke Masjid?

Sesibuk apapun pekerjaannya, rela mereka tinggalkan bila panggilan azan berkumandang. Sebagai umat Islam—terlebih para aktivis—tentu kita harus menjadikan mereka sebagai sosok teladan dalam beragama.

Rabu, 20/06/2018 11:00 0

Fikih

Beda Niat antara Imam dan Makmum, Bolehkah?

Apakah orang yang shalat fardhu boleh mengikuti orang yang shalat nafilah, orang yang shalat nafilah boleh mengikuti orang yang shalat fardhu, dan orang yang shalat fardhu boleh mengikuti orang yang juga shalat fardhu dengan niat berbeda?

Rabu, 20/06/2018 07:15 1

Indonesia

IPW: Pelantikan Iriawan Jadi Pj Gubernur Jawa Barat Munculkan Dwifungsi Polri

Pelantikan Iriawan Jadi Pj Gubernur Jawa Barat Munculkan Dwifungsi Polri

Selasa, 19/06/2018 15:14 2

Rohah

Ketika Cucu Umar bin Khattab Menolak Tawaran Khalifah

Khalifah Hasyim bin Abdul Malik ketika memasuki Ka'bah pada ibadah haji, bertemu dengan Salim bin Abdullah bin Umar ibn Khattab. Lalu ia berkata,"Wahai Salim, mintalah kepada kebutuhan-kebutuhanmu."

Selasa, 19/06/2018 15:00 0

Rohah

Cara Rasulullah Agar Sahabatnya Tidak Meminta-minta

Seorang pria muda datang kepada Rasulullah,meminta sedekah karena tidak punya makanan untuk dirinya dan keluarganya pada hari itu. Rasulullah bertanya,"Barang-barang apa saja yang kamu miliki d rumahmu?"

Selasa, 19/06/2018 12:34 0

Fikih

Keutamaan Shalat Berjamaah di Shaf Pertama

Apalagi ketika mendapati shaf pertama. Dalam banyak riwayat, Rasulullah SAW menjelaskan tentang keutamaan dan pahala yang bakal diperoleh oleh siapa pun yang berdiri di shaf pertama shalat berjamaah.

Selasa, 19/06/2018 10:00 2

Fikih

Dampak Buruk Meninggalkan Shalat Jamaah

Sebagai contoh ucapan Al-Hafidz Ibnul Jauzi, “Di dalam ayat ini terdapat ancaman bagi orang yang meninggalkan shalat jamaah.”

Selasa, 19/06/2018 07:41 0

Fikih

Dibalik Keutamaan Mengucapkan “Amiin” dalam Shalat Jamaah

Shalat lima waktu secara berjamaah memang menyimpan pahala yang cukup berlimpah. Sangat berbeda ketika dilaksanakan sendirian. Selain berbeda sampai dua puluh tujuh derajat, ternyata dalam shalat berjamaah juga menyimpan banyak keutamaan lainnya. salah satunya adalah saat mengucapkan amiin ketika imam selesai membaca al-Fatihah.

Senin, 18/06/2018 17:39 0

Close