... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

IPW: Pelantikan Iriawan Jadi Pj Gubernur Jawa Barat Munculkan Dwifungsi Polri

Foto: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang melantik Komjen Pol. M. Iriawan sebagai pejabat gubernur Jawa Barat

KIBLAT.NET, Jakarta – Indonesia Police Watch (IPW) mengkritisi keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang melantik Komjen Pol. M. Iriawan sebagai pejabat gubernur Jawa Barat menggantikan Ahmad Heryawan. Pelantikan jenderal polisi bintang tiga itu dinilai memunculkan dwifungsi Polri.

“Penunjukan ini lebih banyak mudaratnya bagi Polri ketimbang manfaatnya,” kata Presidium IPW, Neta S Pane, Senin (18/06/2018) seperti dikutip Okezone.

Neta menyebut pelantikan jenderal polisi yang kerap disapa Iwan Bule itu akan menimbulkan empat hal negatif bagi Polri. Pertama, penunjukan perwira aktif Polri sebagai Pj Gubernur Jabar itu akan menimbulkan pertanyaan dan kecemburuan bagi institusi TNI, dimana muncul dwifungsi Polri setelah dwifungsi ABRI dihapuskan.

Hal negatif kedua yang timbul dari penunjukan Iriawan adalah kejengkelan birokrat sipil Depdagri. “Seolah Depdagri tidak punya pejabat yang mumpuni jadi Plt Gubernur Jabar,” imbuhnya

Dugaan aktor politik di balik pengangkatan Iriawan sebagai Pj Gubernur Jabar juga disoroti Neta. Dia menyoroti peran PDI-P yang punya dua menteri dan dekat dengan Polri.

“Jangan mentang-mentang menterinya dari PDIP dan PDIP dekat dengan Polri langsung main tunjuk Jenderal Polisi sebagai Plt Gubernur Jabar,” tandasnya.

Dengan penunjukan Iriawan, Neta menilai independensi Polri diragukan. Alasannya, pada kontestasi Pilkada Jabar terdapat Jenderal Polri yang ikut bertarung. Sehingga, patut dipertanyakan apakah penunjukan ini untuk mengamankan calon Polisi di Pilgub.

BACA JUGA  HUT 73 Bhayangkara, Polri Diminta Tegakkan Hukum Tanpa Diskriminasi

“Keempat, jika terjadi konflik di akar rumput dalam Pilgub Jabar, Polri akan dikecam publik, mengingat Kapolda dan Plt Gubernur dari Polri, tapi tetap tidak mampu melakukan pengamanan,” pungkasnya.

Mendagri Tjahjo Kumolo resmi melantik M. Iriawan sebagai Pj Gubernur Jawa Barata pada Senin (18/06/2018). Jenderal polisi bekas Kapolda Metro Jaya itu menggantikan Ahmad Heryawan.

Sumber: Okezone
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

2 comments on “IPW: Pelantikan Iriawan Jadi Pj Gubernur Jawa Barat Munculkan Dwifungsi Polri”

  1. Pelantikan polisi iriawan sebagai Gubernur Jabar adlah melanggar Undang-undang Kepolisian karena dia dilantik jadi Gubernur kesatu belum resmi pensiun, dan kedua karena seorang anggota polisi atau tni menurut uu itu dapat diangkat menjadi kepala beberapa lembaga di tingkat pusat dan bukannya didaerah. Gubernur itu adalah merupakan jabatan daerah bukan pusat jadi jelas pelantikan atau pengangkatan polisi Iriawan ini telah melanggar UU KEPOLISIAN dan UU ASN. Jadi dengan kata lain tidak ada demokrasi yang dijalankan dengan benar di NKRI selama ini atau demokrasi pancasila, atau perbuatan pelantikan polisi iriawan menjadi Gubernur Bandung ini adalah bentuk kesewenang-wenagan penguasa atau tindakan otoriter. Benarka…n kata saya selama ini bahwa yang berkuasa di NRKI selama ini adalah orang-orang yang munafik atau iblis dajal.

  2. Pembersih Kaca

    Siapa mampu melawan ini? siapa yg bisa mencegah? … jadi mumpung kuasa sedang di tangan dan tak ada mampun bicara protes apaagi mencegah atau menghalangi, maka lantik aja pak!!!

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rohah

Ketika Cucu Umar bin Khattab Menolak Tawaran Khalifah

Khalifah Hasyim bin Abdul Malik ketika memasuki Ka'bah pada ibadah haji, bertemu dengan Salim bin Abdullah bin Umar ibn Khattab. Lalu ia berkata,"Wahai Salim, mintalah kepada kebutuhan-kebutuhanmu."

Selasa, 19/06/2018 15:00 0

Rohah

Cara Rasulullah Agar Sahabatnya Tidak Meminta-minta

Seorang pria muda datang kepada Rasulullah,meminta sedekah karena tidak punya makanan untuk dirinya dan keluarganya pada hari itu. Rasulullah bertanya,"Barang-barang apa saja yang kamu miliki d rumahmu?"

Selasa, 19/06/2018 12:34 0

Fikih

Keutamaan Shalat Berjamaah di Shaf Pertama

Apalagi ketika mendapati shaf pertama. Dalam banyak riwayat, Rasulullah SAW menjelaskan tentang keutamaan dan pahala yang bakal diperoleh oleh siapa pun yang berdiri di shaf pertama shalat berjamaah.

Selasa, 19/06/2018 10:00 2

Fikih

Dampak Buruk Meninggalkan Shalat Jamaah

Sebagai contoh ucapan Al-Hafidz Ibnul Jauzi, “Di dalam ayat ini terdapat ancaman bagi orang yang meninggalkan shalat jamaah.”

Selasa, 19/06/2018 07:41 0

Fikih

Dibalik Keutamaan Mengucapkan “Amiin” dalam Shalat Jamaah

Shalat lima waktu secara berjamaah memang menyimpan pahala yang cukup berlimpah. Sangat berbeda ketika dilaksanakan sendirian. Selain berbeda sampai dua puluh tujuh derajat, ternyata dalam shalat berjamaah juga menyimpan banyak keutamaan lainnya. salah satunya adalah saat mengucapkan amiin ketika imam selesai membaca al-Fatihah.

Senin, 18/06/2018 17:39 0

Afghanistan

Taliban: Tak Ada Niat Perpanjang Gencatan

“Gencatan senjata berakhir Senin besok. Tidak ada niat untuk memperpanjang,” kata juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid.

Senin, 18/06/2018 09:02 0

Suriah

Drone Asing Serang Markas Militer Assad di Suriah Timur

“Pesawat tanpa awak tak dikenal yang kemungkinan besar milik AS menggempur lokasi faksi-faksi Iraq di wilayah antara Bokamal dan Tanaf serta wilayah lainnya milik militer Suriah,” kata sumber komandan koalisi militer pendukung rezim Assad kepada Reuters.

Senin, 18/06/2018 08:40 0

Afghanistan

Kabul Perpanjang Gencatan Idul Fitri, Taliban Belum Merespon

Sebelum Idul Fitri, Ghani mengumumkan gencatan senjata tiga hari di hari raya. Namun gencatan itu hanya berlaku untuk Taliban, tidak untuk Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS).

Senin, 18/06/2018 06:03 0

Video Kajian

Agar Semangat Ramadhan Tetap Membara Setelah Idul Fitri

KIBLAT.NET – Agar Semangat Ramadhan Tetap Membara Setelah Idul Fitri. Ramadhan adalah karunia yang sangat...

Sabtu, 16/06/2018 09:10 0

Yaman

Pertempuran Memanas Antara Koalisi Saudi dan Pemberontak Hutsi di Hodeidah

Serangan terhadap Hodeidah dimulai hari Rabu untuk merebut pelabuhan Laut Merah penting di kota itu, yang dikenal sebagai "mouth of Yaman" karena menjadi titik masuk sebagian besar impor negara itu dan bantuan kemanusiaan PBB.

Sabtu, 16/06/2018 07:41 0

Close