... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Cara Rasulullah Agar Sahabatnya Tidak Meminta-minta

Foto: Kapak dan kayu bakar

KIBLAT.NET – Seorang pria muda datang kepada Rasulullah,meminta sedekah karena tidak punya makanan untuk dirinya dan keluarganya pada hari itu. Rasulullah bertanya,”Barang-barang apa saja yang kamu miliki d rumahmu?”

Orang itu menjawab,”Ada tempayan untuk minum keluarga dan selimut tebal untuk menghangatkan keluarga saat musim dingin.”

Lalu Rasulullah menyuruh lelaki itu untuk membawa kedua barang tersebut. Kemudian Rasulullah mengumumkan kepada khalayak dan akan menjual barang tersebut dengan cara melelang.

Ternyata harga tertinggi mencapai dua dirham.Yang satu dirham disuruh untuk membeli makanan untuk keluarganya, dan yang satu dirham lagi untuk membeli kapak.

Setelah Rasulullah membuat gagang untuk kapak itu (dari kayu). Kemudian lelaki itu disuruhnya pergi ke semak-semak dan tepi hutan untuk mencari kayu. Beliau berpesan agar lelaki itu datang padanya setelah lima belas hari kemudian.

Setelah lewat lima belas hari lelaki itu datang pada Rasulullah. Dia melapor bahwa sesudah diambil untuk makan sehari-hari keluarganya, sisa hasil penjualan kayu yang diperoleh yang diperolehnya sebanyak lima belas dirham.

Dhani_ElAshimi

Diambil dari Hikmah dalam Humor, kisah dan pepatah, Abdul Aziz Salim Basyrahil

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Fikih

Keutamaan Shalat Berjamaah di Shaf Pertama

Apalagi ketika mendapati shaf pertama. Dalam banyak riwayat, Rasulullah SAW menjelaskan tentang keutamaan dan pahala yang bakal diperoleh oleh siapa pun yang berdiri di shaf pertama shalat berjamaah.

Selasa, 19/06/2018 10:00 0

Fikih

Dampak Buruk Meninggalkan Shalat Jamaah

Sebagai contoh ucapan Al-Hafidz Ibnul Jauzi, “Di dalam ayat ini terdapat ancaman bagi orang yang meninggalkan shalat jamaah.”

Selasa, 19/06/2018 07:41 0

Fikih

Dibalik Keutamaan Mengucapkan “Amiin” dalam Shalat Jamaah

Shalat lima waktu secara berjamaah memang menyimpan pahala yang cukup berlimpah. Sangat berbeda ketika dilaksanakan sendirian. Selain berbeda sampai dua puluh tujuh derajat, ternyata dalam shalat berjamaah juga menyimpan banyak keutamaan lainnya. salah satunya adalah saat mengucapkan amiin ketika imam selesai membaca al-Fatihah.

Senin, 18/06/2018 17:39 0

Indonesia

Pemuda Patani Kampanyekan Cinta Baju Melayu di Momen Idul Fitri

Pemuda Patani Kampanyekan Cinta Baju Melayu di Momen Idul Fitri

Senin, 18/06/2018 15:20 0

Afghanistan

Taliban: Tak Ada Niat Perpanjang Gencatan

“Gencatan senjata berakhir Senin besok. Tidak ada niat untuk memperpanjang,” kata juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid.

Senin, 18/06/2018 09:02 0

Suriah

Drone Asing Serang Markas Militer Assad di Suriah Timur

“Pesawat tanpa awak tak dikenal yang kemungkinan besar milik AS menggempur lokasi faksi-faksi Iraq di wilayah antara Bokamal dan Tanaf serta wilayah lainnya milik militer Suriah,” kata sumber komandan koalisi militer pendukung rezim Assad kepada Reuters.

Senin, 18/06/2018 08:40 0

Afghanistan

Kabul Perpanjang Gencatan Idul Fitri, Taliban Belum Merespon

Sebelum Idul Fitri, Ghani mengumumkan gencatan senjata tiga hari di hari raya. Namun gencatan itu hanya berlaku untuk Taliban, tidak untuk Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS).

Senin, 18/06/2018 06:03 0

Video Kajian

Agar Semangat Ramadhan Tetap Membara Setelah Idul Fitri

KIBLAT.NET – Agar Semangat Ramadhan Tetap Membara Setelah Idul Fitri. Ramadhan adalah karunia yang sangat...

Sabtu, 16/06/2018 09:10 0

Yaman

Pertempuran Memanas Antara Koalisi Saudi dan Pemberontak Hutsi di Hodeidah

Serangan terhadap Hodeidah dimulai hari Rabu untuk merebut pelabuhan Laut Merah penting di kota itu, yang dikenal sebagai "mouth of Yaman" karena menjadi titik masuk sebagian besar impor negara itu dan bantuan kemanusiaan PBB.

Sabtu, 16/06/2018 07:41 0

Asia

Riset: India Sedang Hadapi Krisis Air Terburuk Sepanjang Sejarah

India sedang menghadapi krisis air terburuk, dengan sekitar 600 juta orang menghadapi kekurangan air akut. Demikian kata sebuha lembaga think-tank pemerintah.

Sabtu, 16/06/2018 07:07 0

Close