... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pertempuran Memanas Antara Koalisi Saudi dan Pemberontak Hutsi di Hodeidah

Foto: Hodeidah, Yaman.

KIBLAT.NET, Aman – Tentara Yaman yang didukung oleh kekuatan udara koalisi pimpinan Saudi telah mendorong kembali pemberontak Syiah Hutsi yang didukung Iran ke dalam benteng bandara mereka. Komandan Yaman dari front barat dalam sebuah pernyataan sebelumnya menegaskan bahwa pasukannya telah menguasai bundaran bandara Hodeidah.

Kantor berita Reuters yang mengutip saksi mata lokal mengatakan bahwa pasukan Yaman terlihat mengambil posisi di sisi barat laut bandara Hodeidah.

Sebelumnya, komandan lapangan mengatakan bahwa pertempuran meningkat pada Jumat (15/06/2018) di luar bandara kota penting Yaman, Hodeidah. Ribuan milisi Yaman pro-pemerintah yang didukung oleh koalisi Arab Saudi bertempur dengan pemberontak Hutsi yang didukung Iran.

Ahmed Al-Kawkabani, militan Yaman yang memimpin pasukan yang dikenal sebagai Brigade Tohama, mengatakan kepada Associated Press bahwa pasukannya saat ini diposisikan di Dawar Al-Hodeidah. Komandan Yaman lainnya, Abu Zarah Al-Mahrami, mengatakan bahwa pasukan pro-pemerintah berada dalam jarak beberapa meter dari bandara.

Serangan terhadap Hodeidah dimulai hari Rabu untuk merebut pelabuhan Laut Merah penting di kota itu, yang dikenal sebagai “mouth of Yaman” karena menjadi titik masuk sebagian besar impor negara itu dan bantuan kemanusiaan PBB.

Koalisi pimpinan Saudi menyebut Hutsi menggunakan pelabuhan itu untuk menyelundupkan senjata dan rudal dari Iran. Pelabuhan ini juga disebut merupakan sumber pendapatan yang menguntungkan bagi Hutsi, yang menguasai sebagian besar wilayah utara Yaman sejak 2014.

BACA JUGA  Saudi Tembak Jatuh Drone Syiah Hutsi di Najran

Menteri Luar Negeri Emirat untuk Urusan Luar Negeri Anwar Gargash mengatakan bahwa pertempuran Hodeidah sangat penting untuk memecahkan kebuntuan dalam perang, yang jika tidak bisa akan berlarut-larut selama bertahun-tahun.

‘Merebut pelabuhan membuat Hutsi tidak akan lagi dapat memaksakan kehendak mereka untuk mendapatkan senjata,” katanya dalam sebuah posting di Twitter. “Jika mereka menjaga Hodeidah dan pendapatannya dan lokasinya yang strategis, perang akan berlangsung lama dan (menambah) penderitaan rakyat Yaman.”

Hodeidah, rumah bagi hampir 600.000 orang, terletak sekitar 150 kilometer (90 mil) barat daya dari Sanaa, ibu kota Yaman, yang berada di bawah kendali pemberontak Syiah itu sejak September 2015.

Sumber: Arab News
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Tazkiyah

Tangisan Umar bin Khattab Saat Membaca al-Qur’an

Ibnu Mas’ud a berkata, “Islamnya Umar bin Khattab adalah kemenangan, hijrahnya adalah pertolongan, dan kepemimpinannya adalah kasih sayang.”

Jum'at, 15/06/2018 13:00 0

Tazkiyah

Ketika Seorang Ulama Menasehati Harun Ar-Rasyid

Ulama itu kembali menjawab dengan tegas,"Maaf aku tidak suka menerimanya. Apakah anda mengira bahwa Allah memberimu rizki dan melupakan aku?"

Jum'at, 15/06/2018 10:00 0

Tazkiyah

Jawaban Anak Kecil yang Membuat Umar Kagum

Anak kecil itu menjawab,"Wahai amirul mukminin, aku tidak berbuat dosa kenapa aku harus takut kepada engkau?

Jum'at, 15/06/2018 09:00 0

Artikel

5 Hal Penunjang Ketaqwaan

Akan tetapi, untuk meraih derajat taqwa tidak lah semudah membalikkan tangan. Di sana ada perjuangan yang harus di tempuh dan pengorbanan yang harus dipersembahkan. Tidak sebagaimana anggapan kebanyakan, Ramadhan berlalu secara otomatis manusia bersih dari dosa.

Jum'at, 15/06/2018 06:00 0

Indonesia

Meningkat, BAZNAS Kumpulkan Rp59 Miliar Dana Zakat Selama Ramadhan

BAZNAZ Kumpulkan Rp59 Miliar Dana Zakat Selama Ramadhan 2018

Kamis, 14/06/2018 23:48 0

Indonesia

MUI Akan Kaji Fatwa Haram ke Israel

Majelis Ulama Indonesia akan mengkaji fatwa haram ke Israel bagi Warga Negara Indonesia yang diusulkan oleh Wakil DPR RI Fahri Hamzah.

Kamis, 14/06/2018 21:45 0

Indonesia

Persis Persoalkan Pidato Yahya Staquf di Israel

Wakil Ketua Umum Persatuan Islam (Persis), Jeje Zainuddin turut angkat bicara terkait polemik lawatan Yahya Chalil Staquf ke Israel.

Kamis, 14/06/2018 21:17 0

Indonesia

Soal Lawatan ke Israel, KH Ma’ruf dan Yahya Staquf Berseberangan

Rois Aam PBNU, KH Makruf Amin mengungkapkan tidak sependapat dengan Katib Aam PBNU Chalil Yahya Staquf terkait lawatannya ke Israel.

Kamis, 14/06/2018 20:53 0

Indonesia

Besok Lebaran, MUI: Kuburkan Kesalahpahaman, Hindari Kegaduhan

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin mengatakan bahwa Hari Raya Idul Fitri tahun ini hampir tidak ada perbedaan.

Kamis, 14/06/2018 20:38 0

Indonesia

Hasil Rukyat Mahad Aly An-Nur: Jumat 15 Juni Lebaran

KIBLAT.NET, Solo- Mahad Aly An-Nur, Sukoharjo mengumumkan, 1 Syawal 1949H atau Hari Raya Idul Fitri...

Kamis, 14/06/2018 19:51 0

Close