... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Tangisan Umar bin Khattab Saat Membaca al-Qur’an

Foto: Umar bin Khattab

KIBLAT.NET – Umar bin Khattab, pengganti ABu BakarRasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, seorang laki-laki yang dengannya Allah menjadikan Islam gilang-gemilang. Dialah Syahidul Mihrab (yang gugur sebagai syahid di Mihrab). Umar bin Khathab bin Nufail bin Abdul Uzza bin Riyah bin Abdullah bin Qurath bin Razah bin Adi bin Ka’ab bin Ghalib Al-Qurasyi Al-Adawi, Abu Hafsh, Amirul Mukminin dialah orang pertama yang dipanggil dengan Amirul Mukminin.

Ibnu Mas’ud a berkata, “Islamnya Umar bin Khattab adalah kemenangan, hijrahnya adalah pertolongan, dan kepemimpinannya adalah kasih sayang.”

Selain terkenal sebagai sosok yang tegas, gagah dan tak takut dengan siapa pun, ternyata Umar bin Khatab juga tiba-tiba sering sosok yang cengeng dan suka menangis saat membaca al-Quran. Bahkan suara tangisannya terdengar dari jarak yang jauh.

Abdullah bin Syidad berkisah, “Saya pernah mendengar suara sesenggukan Umar bin Khattab saat membaca ayat: ‘Hanyasanya aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku kepada Allah.’ (Yusuf: 86), Padahal aku berada di shaf paling belakang.”

Ibnu Umar juga menuturkan, “Aku pernah mengerjakan shalat di belakang Umar dan kudengar isak tangisnya dari shaf ketiga.”

Cerita yang sama juga diungkapakan oleh Ubaid bin Umair, ia berkata, “Umar pernah mengimami kami shalat Fajar (Shubuh). Umar membaca surah Yusuf dari awal, dan ketika sampai ayat: ‘…Dan kedua matanya menjadi putih karena sedih. Dia diam menahan amarah (kepada anak-anaknya).’ (Yusuf: 84) Umar menangis sampai terputus (bacaannya). Lantas dia rukuk”

BACA JUGA  Ketika Khalifah Umar bin Khattab Tidak Didengarkan Rakyatnya

Masih dari Ubaid bin Umair, katanya, “Ketika sampai ayat, ‘Hanyasanya aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku kepada Allah’ (Yusuf: 86), Umar menangis sehingga suara sesenggukannya terdengar sampai shaf paling belakang.”

Alqamah bin Waqash menyatakan, “Saya pernah mengerjakan shalat di belakang Umar. Dia membaca surah Yusuf. Ketika sampai ayat tentang ayah Nabi Yusuf yang ingat kepadanya (ayat ke-85), suara sesenggukannya terdengar sampai shaf paling belakang.”

Redaktur: Fakhruddin

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Bertemu Yahya Staquf, Netanyahu Senang Adanya Kedekatan

KIBLAT.NET, Tel Aviv- Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengaku senang bertemu dengan Katib Aam PBNU...

Jum'at, 15/06/2018 09:47 0

Palestina

Yahya Staquf dan Benjamin Netanyahu Berjabat Tangan

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bertemu dengan Katib Aam PBNU yang juga anggota Wantimpres Yahya Chalil Staquf melakukan pertemuan

Jum'at, 15/06/2018 09:38 2

Palestina

Hamas Sambut Resolusi Perlindungan Sipil Palestina

Hamas menyambut baik hasil pemungutan suara Majelis Umum PBB terkait resolusi perlindungan warga sipil Palestina.

Jum'at, 15/06/2018 09:17 0

Afghanistan

Taliban: Gencatan Senjata Tak Terkait Tawaran Afghanistan

Imarah Islam Afghanistan membantah informasi bahwa gencatan senjata yang diberlakukan selama 1-3 Syawal atas permintaan Pemerintah Afghanistan.

Jum'at, 15/06/2018 09:02 0

Amerika

Diajukan Turki dan Aljazair, Resolusi Perlindungan Sipil Palestina Didukung Indonesia

Setelah resolusi perlindungan bagi sipil Palestina yang diajukan Kuwait diveto AS, Turki dan Aljazair kembali mengajukan resolusi serupa di PBB.

Jum'at, 15/06/2018 08:39 0

Eropa

Uni Eropa Cabut Larangan Terbang untuk Semua Maskapai Indonesia

Melalui siaran pers tertanggal 14 Juni 2018, secara resmi Uni Eropa telah mengeluarkan Indonesia dari EU Flight Safety List.

Jum'at, 15/06/2018 08:27 0

Amerika

Sempat Diveto AS, Resolusi Perlindungan Sipil Palestina Diajukan Lagi

Delegasi Indonesia menjadi salah satu delegasi yang terdepan dalam mendukung serta menjadi co-sponsor utama dalam resolusi dimaksud.

Jum'at, 15/06/2018 08:20 0

Artikel

5 Hal Penunjang Ketaqwaan

Akan tetapi, untuk meraih derajat taqwa tidak lah semudah membalikkan tangan. Di sana ada perjuangan yang harus di tempuh dan pengorbanan yang harus dipersembahkan. Tidak sebagaimana anggapan kebanyakan, Ramadhan berlalu secara otomatis manusia bersih dari dosa.

Jum'at, 15/06/2018 06:00 0

Indonesia

Meningkat, BAZNAS Kumpulkan Rp59 Miliar Dana Zakat Selama Ramadhan

BAZNAZ Kumpulkan Rp59 Miliar Dana Zakat Selama Ramadhan 2018

Kamis, 14/06/2018 23:48 0

Suriah

Turki-AS Bikin Kesepakatan Resmi Terkait Peta Jalan Manbij

Kesepakatan dibuat setelah dilakukan pertemuan antara petinggi Turki dan Amerika Serikat di Stuttgart

Kamis, 14/06/2018 23:32 0

Close