... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Turki-AS Bikin Kesepakatan Resmi Terkait Peta Jalan Manbij

Foto: Militer Turki di Perbatasan Suriah

KIBLAT.NET, Stuttgart – Turki dan Amerika Serikat beberapa hari terakhir telah melakukan pertemuan di Jerman terkait wilayah Manbij, Suriah. Hasilnya, kedua negara secara resmi telah membuat kesepakatan berupa rencana implementasi Manbij.

Pertemuan pejabat tinggi Turki dan Amerika Serikat digelar di markas Komando Amerika Serikat Eropa (EUCOM) di Stuttgart, Jerman pada 12-13 Juni 2018. “Sesuai dengan Manbij Roadmap dan Prinsip Keamanan Manbij, serangkaian pertemuan dilakukan oleh perwakilan militer Turki dan AS,” ungkap pihak Angkatan Bersenjata Turki dalam pernyataan bersama dengan pihak EUCOM yang dirilis Kamis (14/06/2018).

“Para pejabat militer AS dan Turki yang berpartisipasi dalam sejumlah diskusi menyetujui seabuah usulan rencana implementasi Manbij yang diusulkan yang akan direkomendasikan kepada pemimpin AS dan Turki untuk diskusi lebih lanjut,” imbuh pernyataan itu.

Kantor berita Hurriyet melaporkan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Turki, Jenderal Hulusi Akar melakukan pembicaraan via telepon dengan Komandan EUCOM, Curtis Scaparotti terkait hasil pembicaraan militer di Stuttgart. Pembicaraan militer tersebut sebenarnya merupakan tindak lanjut dari kesepakatan antara menteri luar negeri Turki Mevlut Cavusoglu dengan menteri luar negeri Amerika Serikat Mike Pompeo terkait peta jalan Manbij (Manbij Roadmap) pada 4 Juni.

Peta jalan yang disepakati Turki dan Amerika Serikat meiliki jangka waktu tertentu, dan salah isinya merekomendasikan penarikan milisi Kurdi YPG dari Manbij. Selain itu, peta jalan itu juga menyeapakati pembentukan sebuah dewan lokal baru yang sebagian besar diisi orang Arab lokal di kota strategis yang terletak di Barat Laut Suriah itu.

BACA JUGA  Militer Suriah dan Gerilyawan Kurdi Bentrok dengan Pasukan Oposisi Pro-Turki

Belum ada informasi resmi terkait jangka waktu peta ajalan Manbij yang disepakati kedua negara. Namun, informasi diplomatik yang bocor ke media menyebut peta jalan itu terdiri atas tiga tahap.

Tahap pertama, yaitu mulai 0-10 hari, berfokus pada penyelesaian persiapan awal antara militer dan pejabat intelijen dari kedua belah pihak. Tahap kedua, dari hari ke 11 hingga hari ke 30, untuk keperluan penyelesaian persiapan awal. Tahap akhirnya adalah implementasi penuh dari peta jalan dalam 60 hari.

Sumber: Hurriyet
Redaktur: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

MUI Akan Kaji Fatwa Haram ke Israel

Majelis Ulama Indonesia akan mengkaji fatwa haram ke Israel bagi Warga Negara Indonesia yang diusulkan oleh Wakil DPR RI Fahri Hamzah.

Kamis, 14/06/2018 21:45 0

Indonesia

Persis Persoalkan Pidato Yahya Staquf di Israel

Wakil Ketua Umum Persatuan Islam (Persis), Jeje Zainuddin turut angkat bicara terkait polemik lawatan Yahya Chalil Staquf ke Israel.

Kamis, 14/06/2018 21:17 0

Indonesia

Soal Lawatan ke Israel, KH Ma’ruf dan Yahya Staquf Berseberangan

Rois Aam PBNU, KH Makruf Amin mengungkapkan tidak sependapat dengan Katib Aam PBNU Chalil Yahya Staquf terkait lawatannya ke Israel.

Kamis, 14/06/2018 20:53 0

Indonesia

Besok Lebaran, MUI: Kuburkan Kesalahpahaman, Hindari Kegaduhan

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin mengatakan bahwa Hari Raya Idul Fitri tahun ini hampir tidak ada perbedaan.

Kamis, 14/06/2018 20:38 0

Indonesia

Hasil Rukyat Mahad Aly An-Nur: Jumat 15 Juni Lebaran

KIBLAT.NET, Solo- Mahad Aly An-Nur, Sukoharjo mengumumkan, 1 Syawal 1949H atau Hari Raya Idul Fitri...

Kamis, 14/06/2018 19:51 0

Indonesia

Isbat Kemenag Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada Jumat 15 Juni

Kementerian Agama mengumumkan bahwa 1 Syawal 1439H/2018M jatuh pada hari Jumat ( 15/06/2018).

Kamis, 14/06/2018 19:09 0

Artikel

Tanda-tanda Diterimanya Amal di Bulan Ramadhan

Ramadhan sudah akan meninggalkan kita. Musim dilipatgandakannya amalan sudah selesai. Ramadhan tahun ini sudah menyelesaikan tugasnya dalam mendidik kita. namun, berhasilkah kita dalam madrasah Ramadhan tahun ini? Sudahkah amal Ramadhan kita diterima oleh Allah?

Kamis, 14/06/2018 16:13 0

Fikih

Hukum Membaca Al-Quran di Kuburan

Ziarah ke kuburan sudah menjadi tradisi masyarakat kita setiap kali menjelang lebaran. Biasanya, selain membersihkan makam dan berdoa, mereka juga sering meyertakannya dengan membaca Al-Qur’an Surat Yasin.

Kamis, 14/06/2018 13:00 0

Fikih

Amalan-amalan Sunnah di Hari Idul Fitri

Idul Fitri adalah hari raya bagi umat Islam setelah sebulan penuh berpuasa. Agar nilai pahala di Idul Fitri berlipat ganda, berikut beberapa amalan sunnah yang perlu kita amalkan

Kamis, 14/06/2018 12:36 0

Indonesia

MUI Himbau Khatib Idul Fitri Doakan Palestina hingga Rohingya

MUI juga meminta untuk memanjatkan doa teruntuk umat Islam di Palestina, Rohingya, Kashmir dan Suriah.

Kamis, 14/06/2018 00:32 0

Close