... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Meningkat, BAZNAS Kumpulkan Rp59 Miliar Dana Zakat Selama Ramadhan

Foto: Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)

KIBLAT.NET, Jakarta – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) gencar meningkatkan kampanye kesadaran zakat dan penyediaan layanan kemudahan zakat. Hasilnya, pengumpulan zakat selama Ramadhan 2018 meningkat 47,5% dibanding tahun lalu.

Deputi BAZNAS M. Arifin Purwakananta mengungkapkan pihaknya telah melakukan perbaikan di berbagai sektor, termasuk peningkatan kampanye kesadaran zakat yang gencar dan berbagai penyediaan layanan kemudahan zakat pada Bulan Ramadhan 2018 ini. Menurutnya, hal itu membuat kepercayaan masyarakat naik sebesar 47,5%.

Tercatat, pengumpulan zakat selama bulan Ramadhan 2018 mengalami kenaikan dan menembus angka Rp59 mailiar. Jumlah itu naik 47,5% dari pengumpulan di Ramadhan tahun 2017yang jumlahnya sebesar 40 Milyar Rupiah.

Arifin mengatakan hasil pengumpulan zakat sebesar Rp59 miliar masih bersifat sementara karena animo masyarakat begitu tinggi dan masih banyak yang berzakat di malam takbiran di penghujung Ramadhan ini. “Saya berharap dapat mencapai 61 Milyar Rupiah sampai pukul 24.00 nanti, artinya saya berdoa kenaikannya akan mencapai 52,5% dari pencapaian Ramadhan 2017,” kata Arifin dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (14/06/2018).

Arifin pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat atas kepercayaan kepada BAZNAS dalam berzakat. Penerimaan zakat BAZNAS ini terdiri dari sekirar 20% zakat dari UPZ Baznas yaitu ASN dari kementrian, lembaga negara, Polisi, TNI, dll. Sedangkan sekitar 80 % didapatkan dari masyarakat umum melalui berbagai moda pembayaran.

BACA JUGA  Sehari Pasca Reuni 212, Ada Ledakan Granat Menyasar Prajurit TNI di Monas

Dia menambahkan pada Ramadhan ini BAZNAS memang gencar memfasilitasi layanan kemudahan berzakat dengan bekerjasama dengan banyak provider layanan belanja digital. Arifin berharap perolehan zakat di BAZNAS daerah Lembaga-lembaga Amil Zakat se Indonesia dapat tumbuh bersama secara baik. “Rata-rata kenaikan pengumpulan secara nasional adalah 20% setiap tahunnya,” lanjutnya.

“BAZNAS akan memastikan zakat masyarakat Indonesia akan disalurkan untuk mustahik yang berhak sesuai dengan tuntunan syariah dan perundangan yang berlaku,” pungkasnya.

Reporter: Imam S.
Editor: Wildan Mustofa

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Turki-AS Bikin Kesepakatan Resmi Terkait Peta Jalan Manbij

Kesepakatan dibuat setelah dilakukan pertemuan antara petinggi Turki dan Amerika Serikat di Stuttgart

Kamis, 14/06/2018 23:32 0

Yaman

Komandan Tinggi Pemberontak Syiah Hutsi Tewas dalam Bentrokan di Hudaidah

Brigadir Jenderal Ibrahim Mohammed Al-Moutawkel pernah berlatih militer di Iran selama 10 tahun

Kamis, 14/06/2018 20:50 0

News

Dompet Dhuafa Tebar Zakat Fitrah Hingga Pelosok Negeri

Pada Ramadhan 1439 H Dompet Dhuafa akan menyalurkan zakat fitrah kepada 15.000 mustahik

Kamis, 14/06/2018 19:45 0

Artikel

Tanda-tanda Diterimanya Amal di Bulan Ramadhan

Ramadhan sudah akan meninggalkan kita. Musim dilipatgandakannya amalan sudah selesai. Ramadhan tahun ini sudah menyelesaikan tugasnya dalam mendidik kita. namun, berhasilkah kita dalam madrasah Ramadhan tahun ini? Sudahkah amal Ramadhan kita diterima oleh Allah?

Kamis, 14/06/2018 16:13 0

Fikih

Hukum Membaca Al-Quran di Kuburan

Ziarah ke kuburan sudah menjadi tradisi masyarakat kita setiap kali menjelang lebaran. Biasanya, selain membersihkan makam dan berdoa, mereka juga sering meyertakannya dengan membaca Al-Qur’an Surat Yasin.

Kamis, 14/06/2018 13:00 0

Fikih

Amalan-amalan Sunnah di Hari Idul Fitri

Idul Fitri adalah hari raya bagi umat Islam setelah sebulan penuh berpuasa. Agar nilai pahala di Idul Fitri berlipat ganda, berikut beberapa amalan sunnah yang perlu kita amalkan

Kamis, 14/06/2018 12:36 0

Arab Saudi

OKI Kutuk Partisipan Acara Israel

Sekretariat Jenderal Organisasi Kerjasama Islam (OKI) Dr. Yusuf Al Utsaimin mengutuk pihak-pihak yang berpatisipasi dalam konferensi Israel di Al-Quds

Rabu, 13/06/2018 16:25 0

Asia

Usai Temui Kim Jong-Un, Trump Batalkan Latihan Perang Bersama Korsel

Trump mengatakan latihan militer gabungan itu "provokatif"—meskipun AS telah berulang kali menegaskan pentingnya latihan itu diadakan. Perkataan Trump menimbulkan indikasi bahwa sekutu-sekutu AS tidak diberitahu mengenai pembatalan latihan

Rabu, 13/06/2018 16:00 0

Artikel

Agar Silaturahim Idul Fitri Berbuah Pahala

Ramadan akan segera pergi, datangnya Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi. Salah satu ibadah yang lazim dilakukan di tanah air adalah berkunjung dan bersilaturahim kepada sanak kerabat.

Rabu, 13/06/2018 15:33 0

Rilis Syamina

Laporan Syamina: Pemerintahan Islam dan Negara Modern

Modernitas negara-bangsa, menurut Wael Hallaq, telah merampas dan memangkas dinamika syariat sebagaimana yang tampak pada masa sebelum negara-negara Islam jatuh dalam kontrol dan dominasi Barat pada abad 18 hingga paruh pertama abad 20.

Rabu, 13/06/2018 15:08 0

Close