... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Isbat Kemenag Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada Jumat 15 Juni

Foto: Menag bersama Ketua MUI KH Ma'ruf Amin, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar, Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher, pimpinan ormas Islam dan para Duta Besar Negara sahabat tampak hadir dalam sidang Isbat 1 Syawal 1439 di Jakarta

KIBLAT.NET, Jakarta- Kementerian Agama mengumumkan bahwa 1 Syawal 1439H/2018M jatuh pada hari Jumat (15/06/2018). Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

Sidang isbat diawali dengan pemaparan  dari tim falakiyah Kemenag terkait posisi hilal di seluruh tanah air ini. Hasil rukyat didapatkan setelah melakukan rukyat hilal di 97 titik di seluruh Indonesia. Informasi terkait perhitungan ini dikonfirmasi pelaku rukyat yang telah melakukan penglihatan hilal di 97 titik di seluruh wilayah tanah air.

“Menjelang sidang isbat dibuka, kami telah menerima 12 kesaksian, kenyataan jauh lebih banyak. Ada 12 pelaku hilal yg tersebar di tanah air, Manado, Palu, Gresik, Yogja, Jakarta utara, di mana kedua belas pelaku rukyat di bawah sumpah seluruhnya menyatakan kesaksiannya telah melihat hilal. Maka dengan demikian seluruh peserta sidang isbat bersepakat dan setelah mendengar keterangan dari ketum MUI 1 Syawal jatuh pada hari Jumat ini,” ungkap Menteri Lukman Hakim Saifuddin.

Keputusan itu diambil setelah digelarnya rapat untuk mendengar pandangan dari MUI dan pimpinan ormas Islam yang ikut hadir dalam sidang isbat. Sehingga disimpulkan bahwa Ramadhan berumur 29 hari dan 1 Syawal jatuh pada Jumat (15/06/2018). Menteri Lukman Hakim mengucapkan selamat menunaikan Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh umat Islam.

“Mudah-mudahan kita semua dapat kembali jati diri kemanusiaan kita dan tergolong orang-orang yang menang, menang dalam maksud dapat mengendalikan diri kita dan nafsu kita,” tukasnya.

BACA JUGA  Pembubaran Pengajian; Saat Cinta Tanah Air Melebihi Cinta Sesama Muslim

Menag bersama Ketua MUI KH Ma’ruf Amin, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar, Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher, pimpinan ormas Islam dan para Duta Besar Negara sahabat tampak sudah hadir.

Sementara itu, Ketua MUI KH Ma’ruf Amin berharap seluruh khatib shalat Idul Fitri mampu membawa kesejukan kedamaian. Sehingga dapat mempererat ukhuwah Islamiyyah dan watoniyah.

“Jangan sampai ada khatib yang merusak suasana yang indah ini dengan memprovokasi dalam khutbahnya,” tegasnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Tanda-tanda Diterimanya Amal di Bulan Ramadhan

Ramadhan sudah akan meninggalkan kita. Musim dilipatgandakannya amalan sudah selesai. Ramadhan tahun ini sudah menyelesaikan tugasnya dalam mendidik kita. namun, berhasilkah kita dalam madrasah Ramadhan tahun ini? Sudahkah amal Ramadhan kita diterima oleh Allah?

Kamis, 14/06/2018 16:13 0

Fikih

Hukum Membaca Al-Quran di Kuburan

Ziarah ke kuburan sudah menjadi tradisi masyarakat kita setiap kali menjelang lebaran. Biasanya, selain membersihkan makam dan berdoa, mereka juga sering meyertakannya dengan membaca Al-Qur’an Surat Yasin.

Kamis, 14/06/2018 13:00 0

Fikih

Amalan-amalan Sunnah di Hari Idul Fitri

Idul Fitri adalah hari raya bagi umat Islam setelah sebulan penuh berpuasa. Agar nilai pahala di Idul Fitri berlipat ganda, berikut beberapa amalan sunnah yang perlu kita amalkan

Kamis, 14/06/2018 12:36 0

Arab Saudi

OKI Kutuk Partisipan Acara Israel

Sekretariat Jenderal Organisasi Kerjasama Islam (OKI) Dr. Yusuf Al Utsaimin mengutuk pihak-pihak yang berpatisipasi dalam konferensi Israel di Al-Quds

Rabu, 13/06/2018 16:25 0

Asia

Usai Temui Kim Jong-Un, Trump Batalkan Latihan Perang Bersama Korsel

Trump mengatakan latihan militer gabungan itu "provokatif"—meskipun AS telah berulang kali menegaskan pentingnya latihan itu diadakan. Perkataan Trump menimbulkan indikasi bahwa sekutu-sekutu AS tidak diberitahu mengenai pembatalan latihan

Rabu, 13/06/2018 16:00 0

Artikel

Agar Silaturahim Idul Fitri Berbuah Pahala

Ramadan akan segera pergi, datangnya Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi. Salah satu ibadah yang lazim dilakukan di tanah air adalah berkunjung dan bersilaturahim kepada sanak kerabat.

Rabu, 13/06/2018 15:33 0

Rilis Syamina

Laporan Syamina: Pemerintahan Islam dan Negara Modern

Modernitas negara-bangsa, menurut Wael Hallaq, telah merampas dan memangkas dinamika syariat sebagaimana yang tampak pada masa sebelum negara-negara Islam jatuh dalam kontrol dan dominasi Barat pada abad 18 hingga paruh pertama abad 20.

Rabu, 13/06/2018 15:08 0

Video Kajian

Empat Golongan yang Diberi Nikmat Mutlak

KIBLAT.NET – Empat Golongan yang Diberi Nikmat Mutlak. Allah Maha Pemurah. Dia memberikan karunia dan...

Rabu, 13/06/2018 15:04 0

Palestina

Giliran Otoritas Palestina Mengecam Yahya Staquf ke Israel

Otoritas Palestina melalui pernyataan resmi dari Kementerian Luar Negeri Palestina mengecam kehadiran Yahya Staquf ke Israel.

Rabu, 13/06/2018 15:04 0

Irak

Muqtada Al-Sadr dan Hadi Al-Umari Bentuk Koalisi Politik

Meski keduanya memiliki perbedaan, namun mereka sama-sama berpaham Syiah. Hal itu tak menghentikan mereka berkoalisi

Rabu, 13/06/2018 13:34 0

Close