... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Hukum Membaca Al-Quran di Kuburan

Foto: Membaca Al-Quran di Kuburan

KIBLAT.NET – Ziarah ke kuburan sudah menjadi tradisi masyarakat kita setiap kali menjelang lebaran. Biasanya, selain membersihkan makam dan berdoa, mereka juga sering meyertakannya dengan membaca Al-Qur’an Surat Yasin. Harapannya, pahala bacaan al-Quran yang tersebut sampai kepada manyit. Namun tahukah anda apa hukum membaca al-Quran di kuburan? Berikut pendapat ulama mazhab dalam merinci masalah ini:

Fuqaha berbeda pendapat mengenai hukum membaca Al-Qur’an di kuburan, berikut empat pendapat mereka:

Pertama, membaca Al-Qur’an di kuburan adalah bid’ah. Inilah pendapat Fuqaha mazhab Hambali, Ibnu Taimiyah, dan Ibnu Qayyim. (Al-Mughni 2/424, Al-Furuq: 2/304, dan Mukhtashar fatawa Al-mishriyah: 266)

Alasan mereka, Rasul n melarang kita menjadikan rumah-rumah seperti kuburan karena tidak digunakan untuk shalat dan tidak dibacakan Al-Qur’an. Abu Hurairah a meriwayatkan bahwasanya Rasulullah bersabda,

“Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian seperti kuburan, sungguh setan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al-Baqarah.” (HR Muslim: kitabu shalatil musafirin: 1/39)

Kedua, makruh membaca Al-Qur’an di kuburan. Ini pendapat Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Ahmad—menurut salah satu riwayat. Alasan mereka karena kuburan itu najis sehingga makruh membaca Al-Qur’an di tempat yang najis. (Majma’ul anhar: 2/552, Fatawa Qadhi Khan: 1/162, dan Syarhul Kabir: 1/423)

Ketiga, mubah membaca Al-Qur’an di kuburan. Ini pendapat Muhammad bin Al-Hasan dari fuqaha mazhab Hanafi, sebagian fuqaha mazhab Maliki, dan sebagian fuqaha mazhab Hambali.

Fatawa Qadhi Khan: 1/162, Majma’ul Anhar: 2/552, dan Syarhul Kabir: 1/423

Mereka berdalil dengan hadits dha’if yang diriwayatkan dari Abu Bakar Ash-Shiddiq, “Barang siapa yang berziarah ke makam dua orang tuanya atau salah satunya setiap hari Jumat dan membaca surat Yasin di sisinya maka dosanya akan diampuni Allah k.” (Ibnu Adi, Al-Kamil: 5/1801)

Keempat, sunah membaca Al-Qur’an di kuburan. Ini pendapat Imam Syafi’i, sahabatnya dan Imam Ahmad. (Al-Majmu’: 5/294, Raudhatut Thalibin: 2/139, dan Al-Furu’: 2/304)

Dalil mereka sebagaimana dalil pendapat yang memubahkan.

Mereka juga berpendapat bahwa yang akan mendapat pahala adalah si pembaca Al-Qur’an tersebut dan si mayit diibaratkan orang hidup yang dapat mengambil hikmah dan rahmatnya. (Raudhatut Thalibin: 2/139)

Pendapat yang lebih kuat adalah pendapat pertama, yaitu bid’ah membaca Al-Qur’an di kuburan karena tidak ada dalil yang kuat yang mesyariatkannya.

Ibnu Qasim dalam kitab Hasyiyatu ibni Qasim ‘Alar Raudhatul Muraba:’ 3/138 menyebutkan bahwa semua hadits yang menganjurkan membaca Al-Qur’an di kuburan adalah dha’if sehingga tidak dapat dijadikan hujah. Wallahu ‘alam bisshawab!

Redaktur: Fakhruddin

Disadur dari buku “Ringkasan Hukum-Hukum Fikih Seputar Al-Qur’an” karya Dr. Ahmad Salim, Penerbit Aqwam, Solo

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

MUI Himbau Khatib Idul Fitri Doakan Palestina hingga Rohingya

MUI juga meminta untuk memanjatkan doa teruntuk umat Islam di Palestina, Rohingya, Kashmir dan Suriah.

Kamis, 14/06/2018 00:32 0

Indonesia

MUI Minta Pemerintah Jamin Keamanan Idul Fitri

Majelis Ulama Indonesia meminta pemerintah Indonesia memberi jaminan keamanan selama Hari Raya Idul Fitri.

Rabu, 13/06/2018 23:59 0

Indonesia

Tak Bela Palestina Saat di AJC, Fadli Zon: Kunjungan Yahya Staquf Kontraproduktif

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menegaskan bahwa kunjungan Yahya Cholil Staquf ke Israel mengandung cacat moral. Sebab, kunjungan ini dilakukan di tengah serangan Israel kepada rakyat Palestina saat ini.

Rabu, 13/06/2018 22:09 0

Indonesia

Fadli Zon: Klaim Yahya Staquf ke Israel Atas Nama Pribadi Tak Bisa Diterima

Wakil ketua DPR RI, Fadli Zon menegaskan bahwa pembelaan Yahya Staquf yang mengklaim kedatangannya ke Israel hanya mewakili pribadi tidak dapat diterima. Sebab, jabatan yang diemban Staquf selalu melekat pada dirinya.

Rabu, 13/06/2018 21:24 0

Indonesia

Sinergi Foundation Salurkan Ribuan Paket Ramadhan ke Pelosok Indonesia

Penerima manfaat paket ramadhan Sinergi Foundation turut merasakan kegembiraan melalui program #DesaRamadhan.

Rabu, 13/06/2018 17:04 0

Arab Saudi

OKI Kutuk Partisipan Acara Israel

Sekretariat Jenderal Organisasi Kerjasama Islam (OKI) Dr. Yusuf Al Utsaimin mengutuk pihak-pihak yang berpatisipasi dalam konferensi Israel di Al-Quds

Rabu, 13/06/2018 16:25 0

Singapura

Usai Temui Kim Jong-Un, Trump Batalkan Latihan Perang Bersama Korsel

Trump mengatakan latihan militer gabungan itu "provokatif"—meskipun AS telah berulang kali menegaskan pentingnya latihan itu diadakan. Perkataan Trump menimbulkan indikasi bahwa sekutu-sekutu AS tidak diberitahu mengenai pembatalan latihan

Rabu, 13/06/2018 16:00 0

Artikel

Agar Silaturahim Idul Fitri Berbuah Pahala

Ramadan akan segera pergi, datangnya Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi. Salah satu ibadah yang lazim dilakukan di tanah air adalah berkunjung dan bersilaturahim kepada sanak kerabat.

Rabu, 13/06/2018 15:33 0

Indonesia

PAUD Terpadu Al-Marhamah Poso Ajarkan Peduli dan Berbagi Sesama

PAUD Terpadu Al-Marhamah Poso Ajarkan Peduli dan Berbagi Sesama

Rabu, 13/06/2018 15:25 0

Rilis Syamina

Laporan Syamina: Pemerintahan Islam dan Negara Modern

Modernitas negara-bangsa, menurut Wael Hallaq, telah merampas dan memangkas dinamika syariat sebagaimana yang tampak pada masa sebelum negara-negara Islam jatuh dalam kontrol dan dominasi Barat pada abad 18 hingga paruh pertama abad 20.

Rabu, 13/06/2018 15:08 0

Close