... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dompet Dhuafa Tebar Zakat Fitrah Hingga Pelosok Negeri

Foto: Dompet Dhuafa Tebar Zakat Fitrah Hingga Pelosok Negeri

KIBLAT.NET, Jakarta – Tebar Zakat Fitrah (TZF) merupakan program pengadaan dan penyaluran beras zakat fitrah yang diamanahkan muzakki kepada mustahik ke wilayah pemberdayaan masyarakat yang dikelola Karya Masyarakat Mandiri (KMM). Pada progam Tebar Zakat Fitrah terdapat semangat gerakan membeli beras langsung dari petani.

Pada Ramadhan 1439 H Dompet Dhuafa akan menyalurkan zakat fitrah kepada 15.000 mustahik. Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi, Imam Rulyawan mengatakan dengan program TZF akan lebih memudahkan penyaluran zakat.

“Menunaikan zakat fitrah menjadi lebih mudah dan praktis selain itu juga dapat memberi manfaat secara langsung bagi petani, amil, dan mustahik penerima manfaat program, demi memudahkan pembagian karena sudah dikemas sesuai standar,” kata Imam Rulyawan, Kamis (14/06/20128).

Dia menjelaskan perpaduan antara pelaksanaan kewajiban untuk menunaikan zakat fitrah dan pemberdayaan masyarakat dhuafa menjadi kekhasan dari program ini. Dengan berzakat fitrah melalui TZF berarti memberdayakan masyarakat petani miskin yang selama ini didampingi oleh Karya Masyarakat Mandiri.

Muzakki cukup menyerahkan dana sebesar Rp50.000,- (lima puluh ribu rupiah) kepada Dompet Dhuafa dengan niat menunaikan zakat fitrah. Dompet Dhuafa melalui Karya Masyarakat Mandiri akan menyalurkan zakat fitrah tersebut dalam bentuk beras seberat 3 kg kepada mustahik di wilayah-wilayah program pemberdayaan dilakukan.

Paket Tebar Zakat Fitrah tersebar di 16 propinsi yang terdiri atas 40 kabupaten di Indonesia mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Jogjakarta, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan hingga Papua Barat. Berkoordinasi dengan jaringan Dompet Dhuafa untuk mendata dan melakukan seleksi calon penerima manfaat beras Zakat Fitrah, Pengaturan Distribusi secara efisien dan efektif ke titik sasaran.

BACA JUGA  Cawapres Ma'ruf Amin Soal Ijtima Ulama: Gak Ada Masalah

Program Tebar Zakat Fitrah dapat menjadi sarana untuk memperluas jangkuan program bagi penerima manfaat (mustahik) dengan biaya kecil dan waktu yang lebih pendek. Selain itu program tersebut menjadi pendorong bagi pemasaran produk pertanian dengan nilai tambah lebih serta menyambungkan muzzaki untuk menyalurkan kewajiban zakatnya pada kelompok yang berhak. Pada bulan Ramadhan 1439 H ini Penyaluran zakat fitrah Dompet Dhuafa USA menuju Dusun Motean dan Lempong Pucung di Pulau Nusakambangan. Melakukan perjalanan sekitar dua jam dari Pelabuhan Cilacap dengan membawa beras amanah untuk para muzaki sebanyak 1,5 ton untuk disalurkan kepada kaum dhuafa.

Tebar Zakat Fitrah di Dompet Dhuafa. Beras program tersebut disalurkan melalui Koperasi Musara Pakat Jaluk Kecamatan Ketol ke 300 kepala rumah tangga. Melalui 11 sepeda motor trail dari Komunitas Trail Ketol (KTL Adventure) membantu menyalurkan beras zakat fitrah tersebut.

Sumber: Public Relation Dompet Dhuafa
Redaktur: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Isbat Kemenag Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada Jumat 15 Juni

Kementerian Agama mengumumkan bahwa 1 Syawal 1439H/2018M jatuh pada hari Jumat ( 15/06/2018).

Kamis, 14/06/2018 19:09 0

Artikel

Tanda-tanda Diterimanya Amal di Bulan Ramadhan

Ramadhan sudah akan meninggalkan kita. Musim dilipatgandakannya amalan sudah selesai. Ramadhan tahun ini sudah menyelesaikan tugasnya dalam mendidik kita. namun, berhasilkah kita dalam madrasah Ramadhan tahun ini? Sudahkah amal Ramadhan kita diterima oleh Allah?

Kamis, 14/06/2018 16:13 0

Fikih

Hukum Membaca Al-Quran di Kuburan

Ziarah ke kuburan sudah menjadi tradisi masyarakat kita setiap kali menjelang lebaran. Biasanya, selain membersihkan makam dan berdoa, mereka juga sering meyertakannya dengan membaca Al-Qur’an Surat Yasin.

Kamis, 14/06/2018 13:00 0

Fikih

Amalan-amalan Sunnah di Hari Idul Fitri

Idul Fitri adalah hari raya bagi umat Islam setelah sebulan penuh berpuasa. Agar nilai pahala di Idul Fitri berlipat ganda, berikut beberapa amalan sunnah yang perlu kita amalkan

Kamis, 14/06/2018 12:36 0

Indonesia

MUI Himbau Khatib Idul Fitri Doakan Palestina hingga Rohingya

MUI juga meminta untuk memanjatkan doa teruntuk umat Islam di Palestina, Rohingya, Kashmir dan Suriah.

Kamis, 14/06/2018 00:32 0

Indonesia

MUI Minta Pemerintah Jamin Keamanan Idul Fitri

Majelis Ulama Indonesia meminta pemerintah Indonesia memberi jaminan keamanan selama Hari Raya Idul Fitri.

Rabu, 13/06/2018 23:59 0

Indonesia

Tak Bela Palestina Saat di AJC, Fadli Zon: Kunjungan Yahya Staquf Kontraproduktif

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menegaskan bahwa kunjungan Yahya Cholil Staquf ke Israel mengandung cacat moral. Sebab, kunjungan ini dilakukan di tengah serangan Israel kepada rakyat Palestina saat ini.

Rabu, 13/06/2018 22:09 0

Indonesia

Fadli Zon: Klaim Yahya Staquf ke Israel Atas Nama Pribadi Tak Bisa Diterima

Wakil ketua DPR RI, Fadli Zon menegaskan bahwa pembelaan Yahya Staquf yang mengklaim kedatangannya ke Israel hanya mewakili pribadi tidak dapat diterima. Sebab, jabatan yang diemban Staquf selalu melekat pada dirinya.

Rabu, 13/06/2018 21:24 0

Indonesia

Sinergi Foundation Salurkan Ribuan Paket Ramadhan ke Pelosok Indonesia

Penerima manfaat paket ramadhan Sinergi Foundation turut merasakan kegembiraan melalui program #DesaRamadhan.

Rabu, 13/06/2018 17:04 0

Artikel

Agar Silaturahim Idul Fitri Berbuah Pahala

Ramadan akan segera pergi, datangnya Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi. Salah satu ibadah yang lazim dilakukan di tanah air adalah berkunjung dan bersilaturahim kepada sanak kerabat.

Rabu, 13/06/2018 15:33 0

Close