... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Amalan-amalan Sunnah di Hari Idul Fitri

Foto: Sholat Idul Fitri (Poskotanews)

KIBLAT.NET – Idul Fitri adalah hari raya bagi umat Islam setelah sebulan penuh berpuasa. Agar nilai pahala di Idul Fitri berlipat ganda, berikut beberapa amalan sunnah Idul Fitri yang perlu kita amalkan:

1. Mandi dan berhias diri sebelum berangkat shalat Id.

Terdapat riwayat shahih dalam Kitab AlMuwaththa dan lainnya bahwa Abdullah bin Umar mandi pada hari Id sebelum berangkat ke tempat shalat. (Al-Muwaththa, no. 428). An-Nawawi menyebutkan adanya kesepakatan ulama tentang disunnahkannya mandi untuk shalat Id.

Diriwayatkan dari Nafi’, ia berkata, “Bahwasanya Abdullah bin ‘Umar biasa mandi di hari Idul Fithri sebelum ia berangkat pagi-pagi ke tanah lapang.” (HR. Malik dalam Al-Muwatho’ 426)

Dari Jabir radhialahu anhu, dia berkata, Adalah Nabi shallallahu alaihi wa sallam memiliki gamis yang biasa beliau pakai untuk shalat dua Hari Raya dan hari Jumat. (Shahih Ibnu Khuzaimah, no. 1765)

Al-Baihaqi meriwayatkan dengan sanad yang shahih bahwa Ibnu Umar memakai pakaian yang paling bagus pada Hari Id. Maka bagi laki-laki, hendaknya memakai pakaian yang paling bagus ketika berangkat untuk shalat Id.

Semantara bagi wanita, hendaknya dia menjauhi perhiasan apabila dia keluar, karena dilarang baginya menampakkan perhiasan di hadapan laki-laki non mahram, demikian pula diharamkan bagi wanita yang hendak keluar untuk mengenakan wewangian atau mengundang fitnah bagi laki-laki, karena dia keluar semata-mata untuk beribadah dan ketaatan.

2. Makan sebelum berangkat shalat Idul Fitri

Termasuk adab pada hari Idul Fitri, tIdak berangkat shalat sebelum memakan beberapa butir kurma atau dengan makanan yang lain. Sebagaimana diriwayatkan dari Anas bin Malik, dia berkata,

BACA JUGA  Hukum Merayakan Tahun Baru dalam Islam

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لا يَغْدُو يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَأْكُلَ تَمَرَاتٍ وَيَأْكُلُهُنَّ وِتْرًا

“Adalah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tIdak berangkat pada hari Idul Fitri sebelum memakan beberapa butir korma, dan beliau memakannya dengan jumlah ganjil.” (HR. Bukhari, no. 953)

Disunnahkannya makan sebelum berangkat shalat sebagai penegasan dalam hal larangan puasa pada hari itu dan sebagai pengumumannya dibolehkannya berbuka dan selesainya masa puasa.

Ibnu Hajar memberikan latar belakang masalah ini, yaitu untuk menutup celah adanya tambahan dalam puasa, dan padanya terdapat sikap segera menunaikan perintah Allah. (Fathul Bari, 2/446)

3. Memperbanyak takbir hingga shalat Id tiba

Allah Ta’ala berfirman:

 وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (QS. Al-Baqarah: 185)

Dari Walid bin Muslim dia berkata, “Aku bertanya kepada Al-Auzai dan Malik bin Anas tentang mengeraskan takbir pada dua Hari Raya.’ Mereka berdua menjawab, ‘Ya, dahulu Ibnu Umar mengeraskan takbir pada hari Idul Fitri hingga imam datang.”

Terdapat riwayat shahih dari Abu Abdurrahman As-Silmi, dia berkata, ‘Mereka para hari Idul Fitri lebih keras dibanding Idul Adha) Waki’ berkata, ‘Yang dimaksud (keras) adalah bertakbir.’ (Lihat Irwa’ul Ghalil 3/122)

Ibnu Syihab Az-Zuhri rahimahullah berkata, “Dahulu orang-orang bertakbir sejak mereka keluar dari rumah-rumah mereka hingga datangnya imam (ke tempat shalat untuk memulai shalat).

Waktu takbir dalam shalat Idul Fitri dimulai sejak malam Id hingga imam masuk (ke tempat shalat) untuk melakukan shalat Id.

BACA JUGA  Hukum Merayakan Tahun Baru dalam Islam

4. Saling memberi ucapan selamat (tahni’ah) terhadap sesama muslim

Termasuk adab pada hari Id adalah saling memberikan ucapan selamat yang baik satu sama lain, apapun redaksinya. Seperti ungkapan, taqabbalallahu minna wa minkum, Idul Mubarak, atau yang semisalnya dalam berbagai bentuk redaksi yang dibolehkan.

Dari Jubair bin Nafir, dia berkata,

كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك

Para shahabat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, apabila berjumpa pada hari Id, mereka satu sama lain saling mengucapkan, taqabbalallahu minna wa minka. (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).” AlHafidz Ibnu Hajar berkata, “Sanad hadis ini hasan,” (Fathul Bari, 2/446)

5. Mengambil jalan yang berbeda saat berangkat dan pulang dari sholat ‘Id

Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu anhuma, dia berkata,

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا كَانَ يَوْمُ عِيدٍ خَالَفَ الطَّرِيقَ

“Bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam pada Hari Id menempuh jalan yang berbeda.” (HR. Bukhari)

Ada yang mengatakan bahwa hikmah dari perbuatan tersebut adalah agar kedua jalan itu menjadi saksi di hadapan Allah pada hari kiamat, sebab bumi akan berbicara pada hari kiamat terhadap kebaikan atau keburukan yang dilakukan di atasnya.

Ada pula yang berpendapat, untuk menampakan syiar Islam pada kedua jalan tersebut. atau untuk menampakkan zikir kepada Allah, atau untuk menimbulkan rasa gentar terhadap kaum munafik atau orang Yahudi dengan banyaknya orang bersamanya. Wallahua’lam bis shawab!

Editor: Fakhruddin

Sumber: Islamqa.info

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

MUI Himbau Khatib Idul Fitri Doakan Palestina hingga Rohingya

MUI juga meminta untuk memanjatkan doa teruntuk umat Islam di Palestina, Rohingya, Kashmir dan Suriah.

Kamis, 14/06/2018 00:32 0

Indonesia

MUI Minta Pemerintah Jamin Keamanan Idul Fitri

Majelis Ulama Indonesia meminta pemerintah Indonesia memberi jaminan keamanan selama Hari Raya Idul Fitri.

Rabu, 13/06/2018 23:59 0

Indonesia

Tak Bela Palestina Saat di AJC, Fadli Zon: Kunjungan Yahya Staquf Kontraproduktif

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menegaskan bahwa kunjungan Yahya Cholil Staquf ke Israel mengandung cacat moral. Sebab, kunjungan ini dilakukan di tengah serangan Israel kepada rakyat Palestina saat ini.

Rabu, 13/06/2018 22:09 0

Indonesia

Fadli Zon: Klaim Yahya Staquf ke Israel Atas Nama Pribadi Tak Bisa Diterima

Wakil ketua DPR RI, Fadli Zon menegaskan bahwa pembelaan Yahya Staquf yang mengklaim kedatangannya ke Israel hanya mewakili pribadi tidak dapat diterima. Sebab, jabatan yang diemban Staquf selalu melekat pada dirinya.

Rabu, 13/06/2018 21:24 0

Indonesia

Sinergi Foundation Salurkan Ribuan Paket Ramadhan ke Pelosok Indonesia

Penerima manfaat paket ramadhan Sinergi Foundation turut merasakan kegembiraan melalui program #DesaRamadhan.

Rabu, 13/06/2018 17:04 0

Arab Saudi

OKI Kutuk Partisipan Acara Israel

Sekretariat Jenderal Organisasi Kerjasama Islam (OKI) Dr. Yusuf Al Utsaimin mengutuk pihak-pihak yang berpatisipasi dalam konferensi Israel di Al-Quds

Rabu, 13/06/2018 16:25 0

Singapura

Usai Temui Kim Jong-Un, Trump Batalkan Latihan Perang Bersama Korsel

Trump mengatakan latihan militer gabungan itu "provokatif"—meskipun AS telah berulang kali menegaskan pentingnya latihan itu diadakan. Perkataan Trump menimbulkan indikasi bahwa sekutu-sekutu AS tidak diberitahu mengenai pembatalan latihan

Rabu, 13/06/2018 16:00 0

Artikel

Agar Silaturahim Idul Fitri Berbuah Pahala

Ramadan akan segera pergi, datangnya Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi. Salah satu ibadah yang lazim dilakukan di tanah air adalah berkunjung dan bersilaturahim kepada sanak kerabat.

Rabu, 13/06/2018 15:33 0

Indonesia

PAUD Terpadu Al-Marhamah Poso Ajarkan Peduli dan Berbagi Sesama

PAUD Terpadu Al-Marhamah Poso Ajarkan Peduli dan Berbagi Sesama

Rabu, 13/06/2018 15:25 0

Rilis Syamina

Laporan Syamina: Pemerintahan Islam dan Negara Modern

Modernitas negara-bangsa, menurut Wael Hallaq, telah merampas dan memangkas dinamika syariat sebagaimana yang tampak pada masa sebelum negara-negara Islam jatuh dalam kontrol dan dominasi Barat pada abad 18 hingga paruh pertama abad 20.

Rabu, 13/06/2018 15:08 0

Close