... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Muqtada Al-Sadr dan Hadi Al-Umari Bentuk Koalisi Politik

Foto: Syiah Irak

KIBLAT.NET, Baghdad – Tokoh rujukan Syiah Iraq, Muqtada Al-Sadr dan Hadi Al-Umari, Selasa (12/05), mengumumkan membentuk koalisi politik setelah pemilu parlemen. Keduanya merupakan pemimpin politik yang meraih suara tertinggi dalam pemilu yang digelar pada Mei lalu itu.

Koalisi itu diumumkan di kota yang disucikan oleh pengikut Syiah, Najef. Ini merupakan langkah serius untuk membentuk pemerintahan baru setelah partai-partai politik Iraq menggelar serangkaian negosiasi.

Sadr dan Umari mengatakan bahwa koalisi ini masih terbuka bagi kekuatan politik lain dalam rangka membentuk pemerintahan baru.

“Pertemuan dengan Umari sangat penting dengan tujuan mengakhiri krisis. Ini merupakan kekuatan baru dan koalisi nasional,” kata Sadr.

Di tengah pembentukan koalisi ini, terdapat perbedaan tajam antara dua tokoh Syiah itu.

Muqtada Al-Sadr, tokoh spiritual Syiah memimpin operasi militer anti AS yang berakhir pada 2011, dikenal anti dengan partai-partai Syiah yang berafiliasi dengan Iran.

Pada pemilu Mei, Sadr sendiri telah membentuk koalisi dengan nama “Sairun”. Koalisi itu menggabungkan, partai Sadr, komunis dan sekular.

Di sisi lain, Umari dikenal sekutu Iran terkuat di Iraq. Dia memimpin koalisi Al-Fath, yang menggabungkan kelompok-kelompok politik yang terkait dengan milisi Syiah dukungan Iran dalam perang menghadapi ISIS.

Juru bicara koalisi Al-Fath mengatakan, Al-Fath dan Sairun mengumumkan koalisi besar dan menyeru seluruh kekuatan yang meraih suara banyak pada pemilu bergabung. Koalisi ini, klaimnya, merupakan proyek pemerintah yang pas untuk menghadapi segala permasalahan yang dihadapi negara.

BACA JUGA  Asisten Pribadi Abu Bakar Al-Baghdadi Divonis Hukuman Gantung

Dengan demikian, koalisi baru ini memiliki 101 kursi di parlemen dan masih membutuhkan 64 kursi untuk menjadi mayoritas. Jika terpenuhi, koalisi ini berhak membentuk pemerintahan Iraq ke depan.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

FPI: Yahya Chalil Staquf Khianati UUD 1945

Front Pembela Islam (FPI) menegaskan bahwa kunjungan Yahya Chalil Staquf ke Israel mengkhianati Undang-Undang Dasar 1945.

Rabu, 13/06/2018 11:51 0

Indonesia

Ditengah Krisis, LazisMu Taiwan Berhasil Salurkan Bantuan ke Gaza

komando Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Taiwan menyalurkan paket bantuan berbuka puasa bagi masyarakat di wilayah Bait Lahiya, Gaza Utara.

Rabu, 13/06/2018 11:28 0

Indonesia

KORSA: Penangkapan Kader IMM Tindakan Arogan

Komunitas Relawan Sadar (KORSA) Menyeruhan seluruh Mahasiswa di Indonesia untuk turun ke jalan melawan kriminalisasi terhadap Kader Ikatan mahasiswa Muhammadiya ini.

Rabu, 13/06/2018 11:23 0

Indonesia

PKS Sayangkan Kunjungan Yahya Staquf ke Israel

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Yahya Cholil Staquf yang memenuhi undangan Israel menjadi pembicara dalam Acara AJC (American Jewish Comittee) Global Forum di Yerusalem, Israel, Minggu (10/6/2018).

Selasa, 12/06/2018 21:04 0

Indonesia

Kadernya Dituding Sebar Hoaks, Muhammadiyah: Itu Tuduhan Serius

Majelis Hukum dan HAM akan memberikan bantuan hukum dan non-hukum kepada kader IMM tersebut. Maneger menyebutkan, Muhammadiyah memberikan perhatian khusus terhadap kasus tersebut dengan memberikan bantuan hukum dan non-hukum.

Selasa, 12/06/2018 19:24 0

Manhaj

Meneladani Karakter Generasi Terbaik (Bagian 2)

Sangat tepat jika seorang Imam Malik pernah bertutur, ”Tidak akan jaya generasi akhir umat ini kecuali dengan menempuh (jalan hidup) yang telah menjadikan jaya generasi pendahulunya.”

Selasa, 12/06/2018 18:36 0

Manhaj

Meneladani Karakter Generasi Terbaik (Bagian 1)

Semua sepakat bahwa generasi sahabat merupakan generasi yang terbaik dalam sejarah perjalanan umat Islam. Tidak ada generasi sebaik dan sehebat generasi sahabat. Baik dari sisi ketaatan maupun perjuangan mereka dalam menegakkan agama Allah Ta’ala.

Selasa, 12/06/2018 18:12 0

Indonesia

Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada 15 Juni 2018

Tanggal tersebut didapatkan berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Selasa, 12/06/2018 16:51 0

Indonesia

Pengamat: Yahya Staquf Rusak Diplomasi Jokowi

Menurut Muta'ali, Yahya Staquf secara langsung atau tidak langsung telah merusak jalan diplomasi erat yang telah digagas Presiden Jokowi.

Selasa, 12/06/2018 16:46 0

Fikih

Ini Waktu yang Disunnahkan untuk Mengkhatamkan Al-Qur’an

kita juga mesti melihat waktu-waktu yang tepat untuk mengkhatamkan al-Qur’an. Lalu kapan waktu yang tepat untuk menghatamkan al-Qur’an?

Selasa, 12/06/2018 16:03 0

Close