... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Yahya Staquf Takluk di Kandang Israel

Foto: Yahya Staquf saat dilantik jadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

KIBLAT.NET, Pasuruan – Peneliti Institut Pemikiran dan Peradaban Islam (INPAS), Kholili Hasib menilai kedatangan Yahya Cholil Staquf (YCS) ke Israel guna menghadiri undangan The Israel Council on Foreign Relations sangat mengecewakan publik, khususnya kaum muslimin di Indonesia.

Tampilan YCS di forum itu berkostum rapi. Jas, celana, dasi, songkok nasional dan sepatu mengkilap. Kholili menyebut tampilan YCS identik dengan atribut pejabat negara.

“Kalau kiai NU biasanya pakai baju taqwa dan sarung. Itu mungkin tanda dia tidak mewakili NU, dan ide serta gagasannya tidak NU banget,” kata Kholili dalam status Facebooknya pada Selasa, (12/06).

Namun, apa yang disampaikan YCS, yang sangat ditunggu-tunggu kaum muslimin. Ternyata, hasilnya sangat mengecewakan.

“Sama sekali tidak menyampaikan amanah UUD ’45, sebagaimana tertera dalam pembukaan UUD ’45 bahwa penjajahan di muka bumi harus dihapuskan,” kata alumnus pascasarjana ISID Gontor Ponorogo ini.

Meski ada kesan dari para pendukungnya bahwa YCS sedangmenyampaikan pesan damai di ‘kandang macan’, menurut Kholili, justru di ‘kandang zionis’ itu YCS ‘takluk’ atau menaklukkan dirinya sendiri dan membiarkan pembantaian saudaranya sendiri.

“Apa susahnya, apa beratnya dia sampaikan: Mari hentikan penjajahan. Kemanusiaan tidak menghendaki pembunuhan terhadap rakyat terjajah. Saya datang dari Indonesia untuk meminta kemerdekaan Palestina,” tambahnya.

Menurut Kholili, narasi yang disampaikan Katib Aam PBNU itu merupakan karakter orang yang telah ditaklukkan penjajah. Seperti karakter para penakut. Ia mengkritik materi pidato yang disampaikan YCS terkait konsep rahmah (kasih sayang).

BACA JUGA  Yahya Staquf dan Benjamin Netanyahu Berjabat Tangan

“Yang menyakitkan itu dia bilang bahwa ‘hari ini agama digunakan justifikasi dan senjata untuk berkonflik’. Statemen ini sebetulnya menyindir pejuang Palestina dan para pendukung kemerdekaan Palestina di seluruh dunia,” jelas pengajar di Institut Darul Lughoh wad Dakwah ini.

Ia mempertanyakan konsep rahmah yang dibawa oleh Yahya Staquf di forum Israel. “Seandainya ada warga Indonesia dibunuh penjajah Belanda, pantaskah lalu misalnya tokoh negara tetangga mendatangi undangan Belanda, menawarkan konsep rekonsiliasi dan konsep Rahmah? Sedang warga Indonesia yang paling perih saja tak mau, bahkan lebih memilih melawan,” tanyanya retoris.

 

 

Reporter: Bunyanun Marsus
Editor: Fajar Shadiq

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Yahya Staquf Takluk di Kandang Israel”

  1. Laode Aminudin

    Wajah muslim pengkhianat amanat uud 1945

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Dihadiri Gus Yahya, Forum Yahudi Peringati 70 Tahun Berdirinya Israel

Acara yang turut dihadiri oleh Katib Aam PBNU dan juga Wantimpres KH Yahya Chalil Staquf itu bertujuan untuk menghormati 70 tahun berdirinya Israel.

Selasa, 12/06/2018 15:39 0

Rohah

Ayah dan Anak Perempuan yang Kikir

Kisah orang-orang bakhil selalu aneh dan terkadang membuat kita terkaget-kaget. Bahkan Salah seorang sastrawan terkenal pada masa Abbasiyah, Jahidz mengarang sebuah buku kompilasi kisah orang-orang pelit yang diberi nama "Al-Bukhola'".

Selasa, 12/06/2018 14:30 0

Artikel

Antara Mudik dan Berbakti kepada Orang Tua

Salah satu cara untuk meluaskan dan melapangkan rizki adalah dengan menyambung silaturami. Dalam silaturahmi yang harus didahulukan adalah silaturahmi kepada orang tua sebelum kepada yang lain.

Selasa, 12/06/2018 13:58 0

Palestina

Hamas: Kunjungan Gus Yahya ke Israel Menghina Indonesia dan Palestina

Hamas, gerakan perlawanan Palestina yang berbasis di Jalur Gaza menyayangkan kunjungan Katib Aam PBNU KH Chalil Staquf ke Israel.

Selasa, 12/06/2018 11:04 0

Palestina

Ratusan Ribu Muslim Palestina Buru Lailatul Qadr di Masjid Al-Aqsha

Ratusan ribu jamaah yang memenuhi halaman Masjid Al-Aqsha berdatangan dari berbagai provinsi di Tepi Barat. Berbondong-bondongnya jamaah ini terjadi setelah penjajah Israel mengurangi pembatasan masuknya umat Islam ke kota suci Al-Quds.

Selasa, 12/06/2018 09:21 0

Rohah

Ketika Lidah Menjadi Cerminan Akal

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa lidah adalah cerminan akal seseorang. Kualitas akal seseorang dapat diukur dari ucapan dan perkataannya. Kisah berikut membuktikan kebenaran ungkapan tersebut.

Senin, 11/06/2018 16:29 0

Eropa

Austria Tutup Tujuh Masjid yang Didanai Turki

Partai oposisi Austria mendukung keputusan tersebut. Mereka mengatakan bahwa langkah pemerintah ini sarat makna.

Senin, 11/06/2018 15:05 0

Artikel

Keajaiban Doa di Malam 27 Ramadhan

Beberapa tahun yang lalu, pada suatu malam ke 27 Ramadhan. Saya keluar bersama Bapak dan Kakek ingin pergi ke Masjidil Haram untuk shalat tarawih. Ketika itu terjadi hal yang menakjubkan.

Senin, 11/06/2018 14:34 0

Suriah

Jet Suriah Tewaskan 17 Sipil dan Robohkan RS Anak di Idlib

Petugas White Helmets di Idlib melaporkan bahwa rumah sakit anak An-Nur di Tiftaz menjadi sasaran serangan udara. Sejumlah korban tewas dan luka-luka jatuh, namun belum diketahui jumlahnya.

Senin, 11/06/2018 14:06 0

Artikel

5 Kerugian Melalaikan Sepuluh Hari Terakhir Ramadhan

Pernahkah kita mendengar kerugian orang-orang yang tidak maksimal memanfaatkan momen sepuluh hari terakhir Ramadhan itu?

Senin, 11/06/2018 13:55 0

Close