... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kadernya Dituding Sebar Hoaks, Muhammadiyah: Itu Tuduhan Serius

Foto: Wakil Ketua Majelis Hukum dan HAM Muhamadiyah, Maneger Nasution

KIBLAT.NET, Jakarta- Wakil Ketua Majelis Hukum dan HAM Muhammadiyah, Maneger Nasution mengaku prihatin dengan penangkapan anggota Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Purworejo, Andi Mahfuri. Ia menilai bahwa tuduhan yang ditujukan ke Andi termasuk tuduhan serius, yaitu melanggar UU ITE dan terkait dengan HTI.

“Muhammadiyah menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas penangkapan kader IMM, Andi Mahfuri dengan tuduhan serius, yaitu melanggar UU ITE dan terkait dengan HTI. Muhammadiyah masih berusaha menghadirkan keyakinan dan berharap kasus pangkapan kader IMM, Andi Mahfuri, murni hukum. Tidak ada kaitan dengan politik,” katanya kepada Kiblat.net melalui rilisnya pada Selasa (12/06/2018).

Mantan Komisioner Komnas HAM ini menjelaskan, jika kasus tersebut murni kasus hukum, sebagai warga negara yang taat asas, Muhammadiyah menghargai proses hukum terhadap warga negara, termasuk terhadap kader Muhammadiyah sendiri.

Namun, ia menekankan bahwa Polisi harus memprosesnya secara profesional dan independen. Menurutnya, Polisi harus bisa menjelaskan apakah proses penangkapan yang bersangkutan sesuai prosedur.

“Polisi pun harus bisa membuktikan tuduhan serius terhadap yang bersangkutan, yaitu melanggar UU ITE pasal berapa? Terkait tuduhan terkait HTI, suatu tuduhan yang berlebihan, bukankah HTI sudah dibubarkan? Polisi dalam penanganan kasus tersebut tidak boleh tunduk pada intervensi dari pihak mana pun,” jelasnya.

Muhammadiyah, kata dia, melalui Majelis Hukum dan HAM akan memberikan bantuan hukum dan non-hukum kepada kader IMM tersebut. Maneger menyebutkan, Muhammadiyah memberikan perhatian khusus terhadap kasus tersebut dengan memberikan bantuan hukum dan non-hukum.

BACA JUGA  Fadli Zon: Klaim Yahya Staquf ke Israel Atas Nama Pribadi Tak Bisa Diterima

“Untuk itu Polisi sejatinya lebih hati-hati dan harus menyampaikan penanganan kasus ini secara terbuka. Keluarga yang bersangkutan dan publik berhak untuk tahu,” tukasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Yaman

Jurnalis Yaman Tewas Setelah Disiksa Pemberontak Hutsi

Karena identitas jurnalisnya, dia ditawan pemberontak Syiah Hutsi selama lebih dari setahun tanpa ada kabar apapun.

Selasa, 12/06/2018 17:40 0

Palestina

Hamas-Fatah Kompak Kecam Yahya Chalil Staquf

Gerakan Fatah dan Hamas kompak mengecam kehadiran KH Yahya Chalil Staquf dalam forum Komite Yahudi Amerika di Yerusalem.

Selasa, 12/06/2018 17:38 0

Mesir

Grand Syaikh Al-Azhar: Seruan Menghapus Ayat Al-Quran Memicu Terorisme

Grand Syaikh Al-Azhar Ahmad Al-Tayeb mengatakan bahwa tuntutan untuk mengubah atau menghilangkan beberapa ayat dalam Al-Quran menjadi penyebab terorisme.

Selasa, 12/06/2018 17:07 1

Asia

Demo Anti-China Merebak di Vietnam, 100 Orang Lebih Ditahan

Polisi Vietnam menahan 102 orang di tengah aksi protes terhadap rencana pembentukan zona ekonomi khusus (SEZ) yang dikhawatirkan akan didominasi oleh investor China.

Selasa, 12/06/2018 16:28 0

Fikih

Ini Waktu yang Disunnahkan untuk Mengkhatamkan Al-Qur’an

kita juga mesti melihat waktu-waktu yang tepat untuk mengkhatamkan al-Qur’an. Lalu kapan waktu yang tepat untuk menghatamkan al-Qur’an?

Selasa, 12/06/2018 16:03 0

Palestina

Dihadiri Gus Yahya, Forum Yahudi Peringati 70 Tahun Berdirinya Israel

Acara yang turut dihadiri oleh Katib Aam PBNU dan juga Wantimpres KH Yahya Chalil Staquf itu bertujuan untuk menghormati 70 tahun berdirinya Israel.

Selasa, 12/06/2018 15:39 0

Rohah

Ayah dan Anak Perempuan yang Kikir

Kisah orang-orang bakhil selalu aneh dan terkadang membuat kita terkaget-kaget. Bahkan Salah seorang sastrawan terkenal pada masa Abbasiyah, Jahidz mengarang sebuah buku kompilasi kisah orang-orang pelit yang diberi nama "Al-Bukhola'".

Selasa, 12/06/2018 14:30 0

Artikel

Antara Mudik dan Berbakti kepada Orang Tua

Salah satu cara untuk meluaskan dan melapangkan rizki adalah dengan menyambung silaturami. Dalam silaturahmi yang harus didahulukan adalah silaturahmi kepada orang tua sebelum kepada yang lain.

Selasa, 12/06/2018 13:58 0

Palestina

Hamas: Kunjungan Gus Yahya ke Israel Menghina Indonesia dan Palestina

Hamas, gerakan perlawanan Palestina yang berbasis di Jalur Gaza menyayangkan kunjungan Katib Aam PBNU KH Chalil Staquf ke Israel.

Selasa, 12/06/2018 11:04 0

Palestina

Ratusan Ribu Muslim Palestina Buru Lailatul Qadr di Masjid Al-Aqsha

Ratusan ribu jamaah yang memenuhi halaman Masjid Al-Aqsha berdatangan dari berbagai provinsi di Tepi Barat. Berbondong-bondongnya jamaah ini terjadi setelah penjajah Israel mengurangi pembatasan masuknya umat Islam ke kota suci Al-Quds.

Selasa, 12/06/2018 09:21 0

Close