... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Ini Waktu yang Disunnahkan untuk Mengkhatamkan Al-Qur’an

Foto: Al-Quran

KIBLAT.NET – Salah satu amalan yang dianjurkan di bulan Ramadhan adalah membaca al-Qur’an dan mengkhatamkannya. Tidak hanya sekali dua kali, para ulama terdahulu biasa mengkhatamkan al-Quran berpuluh-puluh kali selama bulan Ramadhan. Bahkan seorang Imam Syafi’I dalam banyak diriwayat disebutkan beliau mengkhatamkan al-Qur’an sebanyak dua kali dalam sehari. Artinya, selama bulan Ramadhan beliau biasa mengkhatamkan al-Qur’an sampai enam puluh kali.

Hari ini, tradisi mengkhatamkan al-Quran di bulan Ramadhan sudah banyak dilakukan oleh kaum muslimin di beberapa tempat. Walaupun hanya mampu mengkhatamkan satu kali dalam bulan yang penuh berkah tersebut. Biar lebih bertambah nilai kebaikannya, kita juga mesti melihat waktu-waktu yang tepat untuk mengkhatamkan al-Qur’an. Lalu kapan waktu yang tepat untuk menghatamkan al-Qur’an?

Dalam menjawab pertanyaan ini, para ulama dari fuqaha empat mazhab berbeda pendapat menjadi dua, yaitu:
Pertama, sunah mengkhatamkan Al-Qur’an di awal malam atau awal siang. Ini pendapat fuqaha mazhab Syafi’i. (66 Al-Itqan: I/145)

Pendapat ini berdasarkan hadits Rasulullah, “Barangsiapa mengkhatamkan Al-Qur’an di awal siang maka malaikat bershalawat hingga sore hari, dan barangsiapa. mengkhatamkan Al-Qur’an di akhir siang, malaikat beshalawat kepadanya hingga pagi,” (Abu Nu’aim dalam Hilyatul Auliya: V/26)

Kedua, sunah mengkhatamkan Al-Qur’an di awal malam ketika musim dingin dan di awal siang ketika musim panas. Ini disebabkan malam hari ketika musim dingin lebih panjang dan
siang hari di musim panas lebih panjang juga. Ini pendapat fuqaha mazhab Hanafi, sebagian fuqaha mazhab Syafi’i dan pendapat Imam Ahmad. (Al-Fatawa Al-Hindiyah: V/317, Al-Burhan: I/472, Al-Mughni: I/803)

Menurut Syaikh Ahmad Farid, pendapat yang kuat adalah pendapat pertama, yaitu disunahkan mengkhatamkan Al-Qur’an di awal malam dan awal siang karena dalil yang dipakai jelas. Wallahu ‘alam bis shawab!

Editor: Fakhruddin

Disadur dari buku “Hukum Fikih Seputar Al-Qur’an” karya Dr. Ahmad Salim, Penerbit Aqwam Solo

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Dituding Sebar Hoaks, Kader Muhammadiyah Purworejo Ditangkap Polisi

Anggota Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Purworejo, Andi Mahfuri ditangkap pihak kepolisian pada Senin (11/06/2018) lalu.

Selasa, 12/06/2018 15:56 0

Indonesia

Yahya Staquf Takluk di Kandang Israel

Menurut Kholili, narasi yang disampaikan Katib Aam PBNU itu merupakan karakter orang yang telah ditaklukkan penjajah. Seperti karakter para penakut. Ia mengkritik materi pidato yang disampaikan YCS terkait konsep rahmah (kasih sayang).

Selasa, 12/06/2018 15:46 1

Palestina

Dihadiri Gus Yahya, Forum Yahudi Peringati 70 Tahun Berdirinya Israel

Acara yang turut dihadiri oleh Katib Aam PBNU dan juga Wantimpres KH Yahya Chalil Staquf itu bertujuan untuk menghormati 70 tahun berdirinya Israel.

Selasa, 12/06/2018 15:39 0

Indonesia

MUI: Kunjungan Yahya Staquf Rusak Citra Indonesia di Dunia Internasional

Kontroversi kali ini dipicu oleh kesediaan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Yahya Cholil Staquf datang ke Israel untuk menghadiri konferensi tahunan Forum Global AJC (Komite Yahudi Amerika) yang digelar di Yerusalem selama 10-13 Juni 2018.

Selasa, 12/06/2018 15:22 0

Rohah

Ayah dan Anak Perempuan yang Kikir

Kisah orang-orang bakhil selalu aneh dan terkadang membuat kita terkaget-kaget. Bahkan Salah seorang sastrawan terkenal pada masa Abbasiyah, Jahidz mengarang sebuah buku kompilasi kisah orang-orang pelit yang diberi nama "Al-Bukhola'".

Selasa, 12/06/2018 14:30 0

Artikel

Antara Mudik dan Berbakti kepada Orang Tua

Salah satu cara untuk meluaskan dan melapangkan rizki adalah dengan menyambung silaturami. Dalam silaturahmi yang harus didahulukan adalah silaturahmi kepada orang tua sebelum kepada yang lain.

Selasa, 12/06/2018 13:58 0

Palestina

Hamas: Kunjungan Gus Yahya ke Israel Menghina Indonesia dan Palestina

Hamas, gerakan perlawanan Palestina yang berbasis di Jalur Gaza menyayangkan kunjungan Katib Aam PBNU KH Chalil Staquf ke Israel.

Selasa, 12/06/2018 11:04 0

Palestina

Ratusan Ribu Muslim Palestina Buru Lailatul Qadr di Masjid Al-Aqsha

Ratusan ribu jamaah yang memenuhi halaman Masjid Al-Aqsha berdatangan dari berbagai provinsi di Tepi Barat. Berbondong-bondongnya jamaah ini terjadi setelah penjajah Israel mengurangi pembatasan masuknya umat Islam ke kota suci Al-Quds.

Selasa, 12/06/2018 09:21 0

Rohah

Ketika Lidah Menjadi Cerminan Akal

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa lidah adalah cerminan akal seseorang. Kualitas akal seseorang dapat diukur dari ucapan dan perkataannya. Kisah berikut membuktikan kebenaran ungkapan tersebut.

Senin, 11/06/2018 16:29 0

Eropa

Austria Tutup Tujuh Masjid yang Didanai Turki

Partai oposisi Austria mendukung keputusan tersebut. Mereka mengatakan bahwa langkah pemerintah ini sarat makna.

Senin, 11/06/2018 15:05 0

Close