... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Di Forum Yahudi, Yahya Staquf: Alquran dan Hadis adalah Dokumen Sejarah

KIBLAT.NET, Tel Aviv- Katib Aam PBNU yang juga Wantimpres Yahya Chalil Staquf hadir dalam forum global yang diselenggarakan oleh Komite Yahudi Amerika di Israel.

Ia hadir di Yerusalem sebagai pembicara dalam AJC Global Forum 2018 pada Ahad (10/06/2018), dengan tema “Dialog antaragama dan hubungan Muslim-Yahudi.” Moderatornya ialah Rabbi David Rosen, Direktur Hubungan Antaragama Internasional AJC

Dalam forum tersebut publik dihebohkan dengan pernyataan Gus Yahya yang menyebutkan bahwa Alquran dan Hadis adalah dokumen sejarah. Bila menyaksikan video dokumentasi  dari akun Youtube AJC Global berdurasi 14.35 menit, pernyataan itu muncul ketika Gus Yahya berusaha menjawab pertanyaan dari Rabbi David Rosen.

Pada mulanya di menit ke 03.41, David Rosen memancing argumen dari Gus Yahya tentang hubungan Yahudi dan Islam. Ia melempar pandangan Gusdur saat menghadiri forum AJC di Washington bahwa Islam dan Yahudi memiliki hubungan Istimewa selama ratusan tahun.

“Bagaimana Anda memandang hubungan ini?” tanya David Rosen kepada Gus Yahya.

Gus Yahya lantas menjawab bahwa hubungan antara Islam dan Yahudi adalah hubungan yang fluktuatif. Terkadang baik, terkadang konflik. Hal ini tergantung pada dinamika sejarah yang terjadi.

“Tapi secara umum kita harus mengakui bahwa ada masalah dalam hubungan dua agama ini. Dan salah satu sumber masalahnya terletak pada ajaran agama itu sendiri. Dalam konteks realitas saat ini, kaum beragama baik Islam maupun Yahudi perlu menemukan cara baru untuk pertama-tama memfungsikan agama dalam kehidupan nyata. Dan kedua menemukan interpretasi moral baru yang mampu menciptakan hubungan yang harmonis dengan agama-agama lain,” sambungnya.

BACA JUGA  Ratusan Yahudi Israel Serbu Al-Aqsha di Hari Yom Kippur

David Rosen lalu menyimpulkan bahwa maksud dari penjabaran Gus Yahya adalah untuk menciptakan hubungan baik antara Islam dan Yahudi perlu melakukan intrepretasi ulang terhadap Alquran dan Hadis. Akan tetapi David tak begitu yakin hal itu bisa dilakukan.

“Apakah sesuatu yang mungkin dilakukan?” David Rosen bertanya lagi. Gus Yahya langsung membalas,”Bukan hanya mungkin, tapi ini sesuatu yang harus dilakukan.”

Gus Yahya beralasan bahwa setiap ayat dari Alquran diturunkan dalam konteks realitas tertentu, dalam masa tertentu. Nabi Muhammad SAW dalam mengatakan sesuatu juga selalu disesuaikan dengan situasi yang ada pada saat itu.

“Sehingga Alquran dan hadis adalah pada dasarnya dokumen sejarah yang berisi panduan moral dalam menghadapi situasi tertentu. Ketika situasi dan realitasnya berubah, maka manifestasi dari moralitas tersebut sudah seharusnya berubah pula,” ungkapnya.

Reporter: Syafi’i Iskandar
Editor: Jon Muhammad

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Kadernya Dituding Sebar Hoaks, Muhammadiyah: Itu Tuduhan Serius

Majelis Hukum dan HAM akan memberikan bantuan hukum dan non-hukum kepada kader IMM tersebut. Maneger menyebutkan, Muhammadiyah memberikan perhatian khusus terhadap kasus tersebut dengan memberikan bantuan hukum dan non-hukum.

Selasa, 12/06/2018 19:24 0

Manhaj

Meneladani Karakter Generasi Terbaik (Bagian 2)

Sangat tepat jika seorang Imam Malik pernah bertutur, ”Tidak akan jaya generasi akhir umat ini kecuali dengan menempuh (jalan hidup) yang telah menjadikan jaya generasi pendahulunya.”

Selasa, 12/06/2018 18:36 0

Manhaj

Meneladani Karakter Generasi Terbaik (Bagian 1)

Semua sepakat bahwa generasi sahabat merupakan generasi yang terbaik dalam sejarah perjalanan umat Islam. Tidak ada generasi sebaik dan sehebat generasi sahabat. Baik dari sisi ketaatan maupun perjuangan mereka dalam menegakkan agama Allah Ta’ala.

Selasa, 12/06/2018 18:12 0

Indonesia

Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada 15 Juni 2018

Tanggal tersebut didapatkan berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Selasa, 12/06/2018 16:51 0

Indonesia

Pengamat: Yahya Staquf Rusak Diplomasi Jokowi

Menurut Muta'ali, Yahya Staquf secara langsung atau tidak langsung telah merusak jalan diplomasi erat yang telah digagas Presiden Jokowi.

Selasa, 12/06/2018 16:46 0

Fikih

Ini Waktu yang Disunnahkan untuk Mengkhatamkan Al-Qur’an

kita juga mesti melihat waktu-waktu yang tepat untuk mengkhatamkan al-Qur’an. Lalu kapan waktu yang tepat untuk menghatamkan al-Qur’an?

Selasa, 12/06/2018 16:03 0

Indonesia

Dituding Sebar Hoaks, Kader Muhammadiyah Purworejo Ditangkap Polisi

Anggota Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Purworejo, Andi Mahfuri ditangkap pihak kepolisian pada Senin (11/06/2018) lalu.

Selasa, 12/06/2018 15:56 0

Indonesia

Yahya Staquf Takluk di Kandang Israel

Menurut Kholili, narasi yang disampaikan Katib Aam PBNU itu merupakan karakter orang yang telah ditaklukkan penjajah. Seperti karakter para penakut. Ia mengkritik materi pidato yang disampaikan YCS terkait konsep rahmah (kasih sayang).

Selasa, 12/06/2018 15:46 1

Indonesia

MUI: Kunjungan Yahya Staquf Rusak Citra Indonesia di Dunia Internasional

Kontroversi kali ini dipicu oleh kesediaan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Yahya Cholil Staquf datang ke Israel untuk menghadiri konferensi tahunan Forum Global AJC (Komite Yahudi Amerika) yang digelar di Yerusalem selama 10-13 Juni 2018.

Selasa, 12/06/2018 15:22 0

Rohah

Ayah dan Anak Perempuan yang Kikir

Kisah orang-orang bakhil selalu aneh dan terkadang membuat kita terkaget-kaget. Bahkan Salah seorang sastrawan terkenal pada masa Abbasiyah, Jahidz mengarang sebuah buku kompilasi kisah orang-orang pelit yang diberi nama "Al-Bukhola'".

Selasa, 12/06/2018 14:30 0

Close