... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Menyalurkan Zakat Kepada Non Muslim, Bolehkah?

Foto: Zakat (Ilustasi)

KIBLAT.NET – Sudah maklum diketahui bahwa kaum muslimin menunaikan zakat fitrah di penghujung bulan Ramadhan. Banyak juga kaum muslimin yang menunaikan zakat mal di Bulan Ramadhan. Lazimnya, zakat didistribusikan kepada kaum muslimin. Namun bagaimana jika zakat didistribusikan kepada orang kafir? Berikut kutipan jawaban dari Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid terkait kasus ini.

Pertanyaan : Bolehkah seseorang menyalurkan zakatnya kepada non Muslim?

Menjawab pertanyaan di atas, Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid menjelaskan bahwa seseorang tidak boleh memberikan zakat maal dan zakat fitrah-nya kepada orang kafir. Meskipun mereka termasuk orang fakir, ibnu sabil dan terlilit hutang (pailit). Dan tidak sah jika ada seorang muslim memberikan zakatnya kepada mereka.

Namun dibolehkan memberikan kepada non muslim yang fakir dari harta shadaqah umum yang hukumnya tidak wajib. Saling bertukar hadiah dan kebaikan dengan harapan mereka mendapatkan hidayah dengan syarat mereka tidak memusuhi kita, sebagaimana firman Allah –ta’ala-:

لا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ أَنْ تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ

“Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil,” (QS. Al-Mumtahanah: 08)

Meskipun demikian, sebagian ulama berpendapat bahwa zakat boleh disalurkan kepada orang non muslim dengan syarat dia punya keinginan masuk Islam. Ada bagian zakat untuk para muallaf yang boleh diberikan kepada tokoh kafir yang sudah tertarik kepada Islam, dengan harapan zakat tersebut menguatkan hatinya dan hati para pengikutnya untuk masuk Islam.

Syeikh Ibnu Utsaimin rahimahullah mengatakan, “Adapun zakat, tidak dihalalkan diberikan kepada orang kafir, kecuali bila sudah ada keinginan untuk masuk Islam. Hal ini berdasarkan firman Allah subhanahu wa ta’ala dalam menjelaskan delapan golongan penerima zakat: Para mu’allaf yang dibujuk hatinya (QS. At-Taubah: 60).”

Sumber: Islamqa.info

Editor: Fakhruddin

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Dini Hari, Alfian Tanjung Dipindah dari Rutan Mako Brimob ke Surabaya

Pengamat Partai Komunis Indonesia, Alfian Tanjung Senin (11/06/2018) dinihari dipindahkan ke Lapas Surabaya dari Rutan Mako Brimob.

Senin, 11/06/2018 12:19 0

Syam

LazizMU Taiwan Kirim Paket Bantuan untuk Masyarakat Gaza

Di tengah krisis bahan makanan yang melanda wilayah Jalur Gaza, LazisMu Taiwan yang merupakan badan filantropi dan amal dibawah komando Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Taiwan berhasil menyalurkan paket bantuan berbuka puasa bagi masyarakat di wilayah Bait Lahiya, Gaza Utara.

Senin, 11/06/2018 12:15 0

Syam

FPI Gelar Buka Puasa Massal dan Bagi-bagi Sembako untuk Warga Palestina

Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI), KH Shobri Lubis menceritakan tentang kegiatan sosial FPI di Gaza, Palestina. Ia menegaskan, saat bulan Ramadhan kegiatan kemanusiaan masih berlanjut.

Senin, 11/06/2018 11:36 0

Singapura

Donald Trump dan Kim Jong-un Telah Berada di Singapura

Presiden Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan menggelar dialog sekaligus pertemuan bersejarah di Singapura pada Selasa (12/06/2018).

Senin, 11/06/2018 07:39 0

Indonesia

Kampus Radikalisme Versi BNPT Dinilai untuk Matikan Daya Kritis Mahasiswa Islam

Front Mahasiswa Islam menyebut rilis BNPT yang menyebut tujuh kampus sebagai pusat penyebaran radikalisme digunakan untuk mematikan daya kritis mahasiswa Islam

Senin, 11/06/2018 06:48 0

Indonesia

RFC Belanja Baju Lebaran Bareng 100 Anak Yatim dan Dhuafa

relawan Ramadan for Charity bekerjasama dengan One Care Palu berusaha mengukir senyum di wajah anak yatim dan dhuafa.

Senin, 11/06/2018 06:32 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Idul Fitri 1439 H: Mempersiapkan Generasi Pejuang Akhir Zaman

Pada Hari Raya Idul Fitri 1439 H, redaksi Kiblatnet menyusun naskah khutbah Idul Fitri dengan teman "Mempersiapkan Generasi  Pejuang Akhir Zaman". Tema ini diangkat karena melihat kondisi umat kali ini yang terus menerus ditempai badai fitnah dan cobaan. Dan kita yakin bahwa ujian dan cobaan yang menimpa umat Islam hari ini adalah cara Allah mempersiapkan generasi pejuang yang sanggup memanggul beratnya beban perjuangan. Semoga naskah khutbah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Senin, 11/06/2018 04:03 0

Wilayah Lain

Krisis Laut Cina Selatan, Data Sensitif Angkatan Laut AS Dibobol Hacker

Sebanyak 614 GB data proyek rahasia Angkatan Laut AS dilaporkan telah dicuri dari sebuah perusahaan kontraktor yang mengelola data tersebut.

Ahad, 10/06/2018 14:12 0

Myanmar

Buddha Garis Keras Myanmar Masuk Daftar Hitam Facebook

Facebook telah memasukkan kelompok Buddha garis keras Myanmar ke daftar hitam.

Ahad, 10/06/2018 12:06 0

Palestina

Sejak 30 Maret, Israel Bunuh 135 Warga Palestina

Sejak dimulainya aksi Great March of Return pada 30 Maret 2018 lalu, total warga Palestina yang dibunuh Israel mencapai 135 jiwa.

Ahad, 10/06/2018 11:28 0

Close