... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Front Mahasiswa Islam: Setop Upaya Pelembagaan Islamofobia

Foto: Ketua Front Mahasiswa Islam (FMI) Ali Alatas saat ditemui Kiblat.net di area Monas pada Sabtu (02/12/2017).

KIBLAT.NET, Jakarta – Menanggapi hasil penelitian Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang menuding tujuh kampus sebagai tempat penyebaran radikalisme, Front Mahasiswa Islam mendesak penghentian pelembagaan Islamofobia di Indonesia.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Front Mahasiswa Islam, Ali Alatas mengkhawatirkan klaim BNPT justru sesuatu yang disebutnya seabgai pelembagaan Islamofobia kepada kampus-kampus. “Setop upaya pelembagaan islamofobia di NKRI,” katanya dalam pernyataan tertulis, Sabtu (09/06/2018).

Dia meminta agar kampus difungsikan sebagai tempat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Bukan sebaliknya, yaitu menjadi tempat mematikan daya kritis mahasiswa

“Apalagi melakukan pembodohan sistematis lewat tuduhan-tuduhan radikal dan sejenisnya,” ujar Ali.

Pernyataan BNPT yang diklaim sebgai hasil penelitian itu berpotensi memicu ketidakadilan terhadap mahasiswa-mahasiswa yang kritis. Karenanya, Ali menekankan agar tak terjadi persekusi kepada para mahasiswa itu.

“Karena ketidakadilan yang dilakukan negara justru dapat menjadi sumber terorisme itu sendiri,” tandasnya.

BNPT baru-baru ini menyebut sejumlah kampus sebagai pusat berkembangnya radikalisme, yang diklaim muncul dari hasil penelitian lembaga itu. Hasilnya, tujuh kampus masuk ke dalam daftar tersebut, yaitu Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Airlangga, dan Universitas Brawijaya

Namun, sejumlah pihak mempertanyakan metodologi serta teknik sampling yang digunakan oleh BNPT dalam klaimnya tersebut. Tak hanya itu, ukuran dan definisi yang digunakan BNPT dalam menentukan paham radikalisme juga dipertanyakan.

BACA JUGA  Wasekjen MUI Minta GP Ansor Berhenti Buat Kegaduhan ke Pihak Berseberangan

Reporter: Imam S.
Editor: Wildan Mustofa

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Keajaiban Doa di Malam 27 Ramadhan

Beberapa tahun yang lalu, pada suatu malam ke 27 Ramadhan. Saya keluar bersama Bapak dan Kakek ingin pergi ke Masjidil Haram untuk shalat tarawih. Ketika itu terjadi hal yang menakjubkan.

Senin, 11/06/2018 14:34 0

Suriah

Jet Suriah Tewaskan 17 Sipil dan Robohkan RS Anak di Idlib

Petugas White Helmets di Idlib melaporkan bahwa rumah sakit anak An-Nur di Tiftaz menjadi sasaran serangan udara. Sejumlah korban tewas dan luka-luka jatuh, namun belum diketahui jumlahnya.

Senin, 11/06/2018 14:06 0

Artikel

5 Kerugian Melalaikan Sepuluh Hari Terakhir Ramadhan

Pernahkah kita mendengar kerugian orang-orang yang tidak maksimal memanfaatkan momen sepuluh hari terakhir Ramadhan itu?

Senin, 11/06/2018 13:55 0

Fikih

Menyalurkan Zakat Kepada Non Muslim, Bolehkah?

Pertanyaan : Bolehkah seseorang menyalurkan zakatnya kepada non Muslim?

Senin, 11/06/2018 13:25 0

Syam

LazizMU Taiwan Kirim Paket Bantuan untuk Masyarakat Gaza

Di tengah krisis bahan makanan yang melanda wilayah Jalur Gaza, LazisMu Taiwan yang merupakan badan filantropi dan amal dibawah komando Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Taiwan berhasil menyalurkan paket bantuan berbuka puasa bagi masyarakat di wilayah Bait Lahiya, Gaza Utara.

Senin, 11/06/2018 12:15 0

Syam

FPI Gelar Buka Puasa Massal dan Bagi-bagi Sembako untuk Warga Palestina

Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI), KH Shobri Lubis menceritakan tentang kegiatan sosial FPI di Gaza, Palestina. Ia menegaskan, saat bulan Ramadhan kegiatan kemanusiaan masih berlanjut.

Senin, 11/06/2018 11:36 0

Singapura

Donald Trump dan Kim Jong-un Telah Berada di Singapura

Presiden Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan menggelar dialog sekaligus pertemuan bersejarah di Singapura pada Selasa (12/06/2018).

Senin, 11/06/2018 07:39 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Idul Fitri 1439 H: Mempersiapkan Generasi Pejuang Akhir Zaman

Pada Hari Raya Idul Fitri 1439 H, redaksi Kiblatnet menyusun naskah khutbah Idul Fitri dengan teman "Mempersiapkan Generasi  Pejuang Akhir Zaman". Tema ini diangkat karena melihat kondisi umat kali ini yang terus menerus ditempai badai fitnah dan cobaan. Dan kita yakin bahwa ujian dan cobaan yang menimpa umat Islam hari ini adalah cara Allah mempersiapkan generasi pejuang yang sanggup memanggul beratnya beban perjuangan. Semoga naskah khutbah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Senin, 11/06/2018 04:03 0

Wilayah Lain

Krisis Laut Cina Selatan, Data Sensitif Angkatan Laut AS Dibobol Hacker

Sebanyak 614 GB data proyek rahasia Angkatan Laut AS dilaporkan telah dicuri dari sebuah perusahaan kontraktor yang mengelola data tersebut.

Ahad, 10/06/2018 14:12 0

Myanmar

Buddha Garis Keras Myanmar Masuk Daftar Hitam Facebook

Facebook telah memasukkan kelompok Buddha garis keras Myanmar ke daftar hitam.

Ahad, 10/06/2018 12:06 0

Close