... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

5 Kerugian Melalaikan Sepuluh Hari Terakhir Ramadhan

Foto: Malam Ramadhan (Ilustrasi)

KIBLAT.NET – Sering kali kita mendapatkan motivasi untuk meningkatkan ibadah di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Karena memang Allah memberikan banyak sekali keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan yang puncaknya di sepuluh hari yang terakhir. Sehingga umat Islam berlomba-lomba meraihnya dengan menyibukkan diri dalam berbagai amal shalih.

Namun, pernahkah kita mendengar kerugian orang-orang yang tidak maksimal memanfaatkan momen sepuluh hari terakhir Ramadhan itu? Mereka yang tergiur dengan urusan duniawi, meninggalkan masjid yang kian sepi. Dengan sengaja mereka lupakan amal shalih, karena motivasi akhirat mereka telah beralih.

Bagi mereka yang menyia-nyiakan sepuluh hari terakhir bulan ramadhan akan mendapatkan kerugian yang banyak, diantaranya :

1.Kehilangan banyak kebaikan

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam telah mengabarkan bahwa pada sepuluh hari terakhir bulan ramadhan ada malam lailatul qadr. Malam itu kebaikannya lebih baik dari seribu bulan. Beliau bersabda : 

فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ

“Di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan; barang siapa yang tidak mendapatkan kebaikannya, sungguh ia tidak mendapatkan kebaikan.” (HR. Ahmad no. 9213 dan An-Nasa’i no. 2106. Dishahihkan oleh al-Albani dalam Shahih an-Nasa’i no. 1992)

2. Menyia-nyiakan rahmat dan barokah dari Allah

Pada bulan Ramadhan, Allah membuka pintu rahmat untuk para hamba-Nya. Selain itu, Allah juga menjadikan Ramadhan sebagai bulan yang penuh berkah. Sebagaimana Rasulullah bersabda :

BACA JUGA  5 Hal Penunjang Ketaqwaan

أَتَاكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَكٌ فَرَضَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ , تُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ السَّمَاءِ

“Bulan Ramadhan telah tiba menemui kalian, bulan (penuh) barokah, Allah wajibkan kepada kalian berpuasa. Pada bulan itu pintu-pintu langit dibuka.”  (HR. Ahmad no. 9213 dan An-Nasa’i no. 2106. Dishahihkan oleh al-Albani dalam Shahih an-Nasa’i no. 1992)

3. Kehilangan peluang diampuni dosanya

Selain pahala yang banyak, Allah juga menjanjikan ampunan atas dosa-dosa yang lalu bagi siapa saja yang menghidupkan malam lailatul qadr. Rasulullah bersabda :

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa melaksanakan salat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni”. (HR. Bukhari no. 1901).

4. Terlewatnya kesempatan dibebaskan dari api neraka

Selain pahala yang banyak dan dosa yang diampuni, Allah juga menjanjikan pembebasan bagi dari api nerakan di bulan Ramadhan. Rasulullah bersabda :

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

“Sesungguhnya bulan Ramadhan  ada pembebasan dari api neraka dari Allah di setiap hari dan malamnya. Dan bagi setiap Muslim ada doa yang jika ia berdoa dengannya maka akan dikabulkan.” (HR. Ahmad 2/254, Al Bazzar 3142, Al Haitsami berkata: “semua perawinya tsiqah”).

BACA JUGA  Keajaiban Doa di Malam 27 Ramadhan

5. Kehilangan waktu mustajab

Satu hal yang menjadi ciri khas Ramadhan adalah waktu doa yang mustajab. Hari-hari Ramadhan akan menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa bagi siapa saja yang melaksanakan puasa. Hal ini dikabarkan oleh Rasulullah dalam sabdanya :

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Ada tiga do’a yang tidak tertolak, doa orang yang berpuasa sampai ia berbuka, doa pemimpin yang adil, dan doa orang yang terzhalimi.” (HR. At-Tirmidzi no. 3598)

Lima hal ini lah diantara kerugian yang didapatkan bagi siapa yang kurang maksimal dalam memanfaatkan momen sepuluh terakhir bulan Ramadhan. Allah telah membuka pintu beramal selebar-lebarnya dan menjanjikan pahala sebesar-besarnya bagi siapa saja yang totalitas memanfaatkan Ramadhan. Kerugian itu akan semakin besar ketika kita mengetahui betapa sedikitnya bekal amal kita. Wallahu’alam bish shawab.

Penulis: Zamroni
Editor: Arju

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Fikih

Menyalurkan Zakat Kepada Non Muslim, Bolehkah?

Pertanyaan : Bolehkah seseorang menyalurkan zakatnya kepada non Muslim?

Senin, 11/06/2018 13:25 0

Indonesia

Dini Hari, Alfian Tanjung Dipindah dari Rutan Mako Brimob ke Surabaya

Pengamat Partai Komunis Indonesia, Alfian Tanjung Senin (11/06/2018) dinihari dipindahkan ke Lapas Surabaya dari Rutan Mako Brimob.

Senin, 11/06/2018 12:19 0

Syam

LazizMU Taiwan Kirim Paket Bantuan untuk Masyarakat Gaza

Di tengah krisis bahan makanan yang melanda wilayah Jalur Gaza, LazisMu Taiwan yang merupakan badan filantropi dan amal dibawah komando Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Taiwan berhasil menyalurkan paket bantuan berbuka puasa bagi masyarakat di wilayah Bait Lahiya, Gaza Utara.

Senin, 11/06/2018 12:15 0

Syam

FPI Gelar Buka Puasa Massal dan Bagi-bagi Sembako untuk Warga Palestina

Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI), KH Shobri Lubis menceritakan tentang kegiatan sosial FPI di Gaza, Palestina. Ia menegaskan, saat bulan Ramadhan kegiatan kemanusiaan masih berlanjut.

Senin, 11/06/2018 11:36 0

Singapura

Donald Trump dan Kim Jong-un Telah Berada di Singapura

Presiden Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan menggelar dialog sekaligus pertemuan bersejarah di Singapura pada Selasa (12/06/2018).

Senin, 11/06/2018 07:39 0

Indonesia

Kampus Radikalisme Versi BNPT Dinilai untuk Matikan Daya Kritis Mahasiswa Islam

Front Mahasiswa Islam menyebut rilis BNPT yang menyebut tujuh kampus sebagai pusat penyebaran radikalisme digunakan untuk mematikan daya kritis mahasiswa Islam

Senin, 11/06/2018 06:48 0

Indonesia

RFC Belanja Baju Lebaran Bareng 100 Anak Yatim dan Dhuafa

relawan Ramadan for Charity bekerjasama dengan One Care Palu berusaha mengukir senyum di wajah anak yatim dan dhuafa.

Senin, 11/06/2018 06:32 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Idul Fitri 1439 H: Mempersiapkan Generasi Pejuang Akhir Zaman

Pada Hari Raya Idul Fitri 1439 H, redaksi Kiblatnet menyusun naskah khutbah Idul Fitri dengan teman "Mempersiapkan Generasi  Pejuang Akhir Zaman". Tema ini diangkat karena melihat kondisi umat kali ini yang terus menerus ditempai badai fitnah dan cobaan. Dan kita yakin bahwa ujian dan cobaan yang menimpa umat Islam hari ini adalah cara Allah mempersiapkan generasi pejuang yang sanggup memanggul beratnya beban perjuangan. Semoga naskah khutbah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Senin, 11/06/2018 04:03 0

Wilayah Lain

Krisis Laut Cina Selatan, Data Sensitif Angkatan Laut AS Dibobol Hacker

Sebanyak 614 GB data proyek rahasia Angkatan Laut AS dilaporkan telah dicuri dari sebuah perusahaan kontraktor yang mengelola data tersebut.

Ahad, 10/06/2018 14:12 0

Myanmar

Buddha Garis Keras Myanmar Masuk Daftar Hitam Facebook

Facebook telah memasukkan kelompok Buddha garis keras Myanmar ke daftar hitam.

Ahad, 10/06/2018 12:06 0

Close