... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Proyek Melayu Raya Gagas Bantuan Pakaian Baju Melayu untuk Kaum Dhuafa di Patani

Foto: Untuk itu, digagaslah sebuah proyek bernama Proyek Melayu Raya yang diselenggarakan oleh tim Persatuan Pengukir Malaysia. Proyek tersebut membawa amanah rakyat Malaysia berupa pakaian baju Melayu telah memberikan langsung bantuan untuk anak yatim dan fakir miskin di Patani dengan bekerjasama dengan In-South Patani, yang telah berlangsung pada Sabtu (26/5) lalu di Rumah Nusantara.

KIBLAT.NET, Patani – Sebagai negara jiran, Muslim Malaysia kerap memberikan perhatiannya kepada kaum Muslim Melayu di Patani, Thailand selatan. Mereka sudah menganggap Muslim Patani seperti saudara kandung yang terluka.

Pasalnya, konflik etnis dan agama yang terjadi beberapa abad antara Patani dan Thailand makin hari semakin menguat. Selain jumlah korban jiwa yang tidak surut angkanya, juga karena akibat pelanggaran hak terhadap kanak-kanak dan wanita, banyak di kalangan mereka hidup seharian dalam trauma yang tidak keruan.

Untuk itu, digagaslah sebuah proyek bernama Proyek Melayu Raya yang diselenggarakan oleh tim Persatuan Pengukir Malaysia. Proyek tersebut membawa amanah rakyat Malaysia berupa pakaian baju Melayu telah memberikan langsung bantuan untuk anak yatim dan fakir miskin di Patani dengan bekerjasama dengan In-South Patani, yang telah berlangsung pada Sabtu (26/5) lalu di Rumah Nusantara, baloi daerah Yaring Provinsi Pattani.

Direktur Pengukir Malaysia, Hamdi Hamzah, mengatakan bahwa warga Malaysia sangat komitmen untuk mendukung proyek bantuan pakaian baju melayu kepada orang-orang miskin di Patani dan juga anak yatim,

“Kita mengadakan kampanye untuk mengumpulkan pakaian baju tradisional (Baju Melayu) untuk menyumbang kepada masyarakat melayu Patani (selatan Thailand). Kita hanya kampanye di dalam grup whatsapp (WA) namun sambutan oleh warga Malaysia sangat luar biasa melebihi jangkauan telah distribusi kepada kami,” kata Hamdi.

Sementara itu, menurut  Wakil In-South, Abdullah Dolah, mengatakan ternyata proyek Melayu Raya ini disambut dengan baik oleh saudara muslim Malaysia khususnya di Kuala Lumpur. “Hasil dari kerja keras abang Hamdi sebagai Direktor Pengukir Malaysia untuk tahap pertama sudah sangat banyak  telah didistribusikan langsung kepada warga Patani,” tambah dia.

Organisasi In-South sebagai mewakili masyarakat Patani, Abdulloh mengucap terima kasih kepada warga Malaysia telah komitmen peduli dan membantu kaum dhu’afa di Patani, “Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat Malaysia yang telah membantu begitu baik, semoga segala amal baik dibalas oleh Allah SWT,” tutup Abdullah.

Pakaian baju melayu kualitas terbaik yang disumbang oleh warga Malaysia ini lantas diangkut menuju rumah Yayasan Nusantara  sebanyak dari 5 mobil pikup dan 1 truk kontainer yang mengangkut ribuan pasangan pakaian tersebut.

Hamdi menambahkan bahwa pada jangka depan Pengukir Malaysia bersama In-South akan mengembangkan proyek Melayu Raya di Patani. Saat ini, menurutnya, Pengukir Malaysia sudah berjaya satu tahap dan tidak akan berhenti disini bahkan pasti ada tindak lanjut yang akan berterusan.

“Dari proyek pertama yang kami buat Insya Allah akan ada proyek susulan dengan menambah lebih baik lagi, semoga dapat berterusan dengan lancar” ujarnya.

Usia acara tersebut,  ditutup dengan buka puasa bersama anak yatim Yayasan Nusantara dan shalat tarawih bersama di komplek  anak yatim tersebut.

 

Reporter: Hamsyari/Bunyanun Marsus
Editor: Fajar Shadiq

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Kekerasan terhadap Radar Bogor, Pakar Hukum: Langgar Tindak Pidana

Pakar Hukum Unversitas Juanda Bogor Muhammad Taufik menilai kekerasan massa terhadap kantor berita Radar Bogor sebagai bentuk persekusi. Lebih jauh, ia menyatakannya sebagai tindakan premanisme.

Jum'at, 08/06/2018 14:01 0

Indonesia

BNPT Sebut Solidaritas Palestina Sebabkan Terorisme, Fauzi Baadila: Tak Masuk Akal

Fauzi menyatakan bahwa teroris sesungguhnya adalah Israel dan Amerika, karena merekalah yang telah menjajah dan merebut tanah Palestina. Ia meminta BNPT untuk meninjau kembali pernyataan itu, karena sangat tidak logis.

Jum'at, 08/06/2018 13:01 2

Video Kajian

Musibah Terbesar yang Tak Disadari

Musibah Terbesar yang Tak Disadari. Misalnya, musibah padinya diserang hama, anggota keluarganya meninggal, ia bisa melihat dan tahu, sehingga ada respon yang mengikutinya. Namun, ada musibah yang kadang-kadang tidak disadari oleh seseorang. Simak penjelasannya!

Jum'at, 08/06/2018 11:00 0

Indonesia

Dimasukkan Daftar Teroris, Pria Tasikmalaya Ini Ajukan Protes

Rido Ramdan Sumantri keberatan namanya dimasukkan dalam daftar teroris oleh sebuah lembaga pengamat. Namanya disebut ketika muncul kabar teroris dari berbagai daerah akan melakukan aksi pasca bentrok di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Jum'at, 08/06/2018 10:16 0

Indonesia

Fahri Hamzah: THR Jadi Manuver Politik Pusat, Kasihan Rakyat Jadi Korbannya

Menurut Fahri, perubahan alokasi anggaran ditingkat pusat itu tidak mengikat APBD, yang memiliki mekanisme tersendiri yang independen dari pemerintah pusat.

Kamis, 07/06/2018 17:30 0

Indonesia

Tahan Api, Gelang Jemaah Haji Indonesia Tahun Ini Ada Kode QR

Gelang jemaah haji Indonesia tahun ini dilengkapi dengan QR Code.

Kamis, 07/06/2018 17:13 0

Indonesia

Respon Fahri Hamzah Saat Solidaritas Palestina Disebut Sebabkan Terorisme

Menurut Fahri Hamzah statemen tersebut sama dengan mengkhianati mandat presiden pertama RI Ir. Soekarno.

Kamis, 07/06/2018 16:16 0

Indonesia

PUSHAMI: Penangkapan Imam Bahri oleh Densus 88 Salah Prosedur

Pengacara Sri Hartati dari PUSHAMI, Aziz Yanuar menegaskan bahwa penangkapan suami kliennya telah cacat prosedur. Sebab, penangkapan Imam Bahri tidak disertai dengan surat penangkapan.

Kamis, 07/06/2018 15:40 0

Suara Pembaca

Semarak Senyum Lebaran Solidaritas Muslim 2018

KIBLAT.NET, Sukoharjo – Alhamdulillah, atas izin Allah santunan Senyum Lebaran 2018 sementara terlaksana di dua...

Kamis, 07/06/2018 15:15 0

Indonesia

Gandeng ACT, Pemprov DKI Gelar Bukber dengan Warga Membutuhkan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengadakan program Kegiatan Berbuka Bersama Jakarta Bahagia Semua Kebagian Berkahnya (BBJB SKB).

Kamis, 07/06/2018 14:55 0

Close