Proyek Melayu Raya Gagas Bantuan Pakaian Baju Melayu untuk Kaum Dhuafa di Patani

KIBLAT.NET, Patani – Sebagai negara jiran, Muslim Malaysia kerap memberikan perhatiannya kepada kaum Muslim Melayu di Patani, Thailand selatan. Mereka sudah menganggap Muslim Patani seperti saudara kandung yang terluka.

Pasalnya, konflik etnis dan agama yang terjadi beberapa abad antara Patani dan Thailand makin hari semakin menguat. Selain jumlah korban jiwa yang tidak surut angkanya, juga karena akibat pelanggaran hak terhadap kanak-kanak dan wanita, banyak di kalangan mereka hidup seharian dalam trauma yang tidak keruan.

Untuk itu, digagaslah sebuah proyek bernama Proyek Melayu Raya yang diselenggarakan oleh tim Persatuan Pengukir Malaysia. Proyek tersebut membawa amanah rakyat Malaysia berupa pakaian baju Melayu telah memberikan langsung bantuan untuk anak yatim dan fakir miskin di Patani dengan bekerjasama dengan In-South Patani, yang telah berlangsung pada Sabtu (26/5) lalu di Rumah Nusantara, baloi daerah Yaring Provinsi Pattani.

Direktur Pengukir Malaysia, Hamdi Hamzah, mengatakan bahwa warga Malaysia sangat komitmen untuk mendukung proyek bantuan pakaian baju melayu kepada orang-orang miskin di Patani dan juga anak yatim,

“Kita mengadakan kampanye untuk mengumpulkan pakaian baju tradisional (Baju Melayu) untuk menyumbang kepada masyarakat melayu Patani (selatan Thailand). Kita hanya kampanye di dalam grup whatsapp (WA) namun sambutan oleh warga Malaysia sangat luar biasa melebihi jangkauan telah distribusi kepada kami,” kata Hamdi.

Sementara itu, menurut  Wakil In-South, Abdullah Dolah, mengatakan ternyata proyek Melayu Raya ini disambut dengan baik oleh saudara muslim Malaysia khususnya di Kuala Lumpur. “Hasil dari kerja keras abang Hamdi sebagai Direktor Pengukir Malaysia untuk tahap pertama sudah sangat banyak  telah didistribusikan langsung kepada warga Patani,” tambah dia.

Organisasi In-South sebagai mewakili masyarakat Patani, Abdulloh mengucap terima kasih kepada warga Malaysia telah komitmen peduli dan membantu kaum dhu’afa di Patani, “Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat Malaysia yang telah membantu begitu baik, semoga segala amal baik dibalas oleh Allah SWT,” tutup Abdullah.

Pakaian baju melayu kualitas terbaik yang disumbang oleh warga Malaysia ini lantas diangkut menuju rumah Yayasan Nusantara  sebanyak dari 5 mobil pikup dan 1 truk kontainer yang mengangkut ribuan pasangan pakaian tersebut.

Hamdi menambahkan bahwa pada jangka depan Pengukir Malaysia bersama In-South akan mengembangkan proyek Melayu Raya di Patani. Saat ini, menurutnya, Pengukir Malaysia sudah berjaya satu tahap dan tidak akan berhenti disini bahkan pasti ada tindak lanjut yang akan berterusan.

“Dari proyek pertama yang kami buat Insya Allah akan ada proyek susulan dengan menambah lebih baik lagi, semoga dapat berterusan dengan lancar” ujarnya.

Usia acara tersebut,  ditutup dengan buka puasa bersama anak yatim Yayasan Nusantara dan shalat tarawih bersama di komplek  anak yatim tersebut.

 

Reporter: Hamsyari/Bunyanun Marsus
Editor: Fajar Shadiq

 

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat